Cara dan Syarat Mengajukan KPR ke Bank BTN

CaraPedi.com| Cara dan Syarat Mengajukan KPR ke Bank BTN – Anda ingin memiliki rumah dengan menggunakan fasilitas KPR yang disediakan oleh bank BTN? Saya akan share pengalaman saya ketika membeli rumah tapi dana yang saya miliki tidak cukup. Waktu itu saya membeli rumah dengan harga 225 juta. Namun saya hanya memiliki cash 70 juta. Akhirnya, saya membeli rumah kepada developer dan saya bayarkan uang yang saya miliki untuk DP lalu saya mengajukan KPR ke Bank BTN dan alhamdulillah disetujui. Lalu bagaimana cara dan apa saja persyaratan untuk mengajukan KPR ke BTN? Berikut ulasannya.

A. Persyaratan.

Identitas Pemohon:

  1. Fotokopi KTP suami dan isteri
  2. Fotokopi akta nikah/ akta cerai / akta kematian.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Foto Ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar.
  5. Fotokopi NPWP.
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

Data Pekerjaan / Penghasilan:

* Berpenghasilan tetap:

  1. Fotokopi NIP / SK terakhir / SK Pengangkatan Pemohon.
  2. Surat keterangan dari perusahaan atau instansi Pemohon.
  3. Daftar penghasilan / Slip Gaji terbaru.

* Berpenghasilan tidak tetap / Wiraswasta:

  1. Surat Keterangan Lurah / Kepala Desa.
  2. Perincian penghasilan.
  3. SIUP, SIUJK, TDP, dan NPWP Perusahaan.
  4. SPT Tahunan.

Dokumen Pelengkap Agunan:

  1. Fotokopi IMB dan SHM (sertifikat tanah).
  2. Fotokopi buku tabungan BATARA.

B. Cara Mengajukan KPR ke Bank BTN.

  1. Persiapkan semua dokumen yang telah ditentukan di atas.
  2. Lalu datanglah ke bank BTN dan menemui Customer Service dan utarakan maksud Anda.
  3. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang disedikan pihak bank.
  4. Setelah diisi maka Anda diminta untuk menunggu beberapa hari untuk memberikan kesempatan pada pihak bank men-survey rumah Anda dan menaksir harga rumahnya.
  5. Jika sudah disurvey, maka Anda akan diberitahu melalui telphon untuk datang ke bank BTN tempat Anda mendaftar untuk mengambil surat pemberitahuan bahwa pengajuan kredit Anda telah disetujui atau untuk mengambil berkas Anda kembali jika pengajuan Anda ditolak.

C. Tips Agar Pengajuan KPR disetujui.

  1. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah membandingkan besaran angsuran dan gaji Anda. Jika jumlah angsuran melebihi 30% dari sisa gaji Anda, maka pihak bank akan keberatan karena dianggap akan menyulitkan keuangan Anda dan tentunya dapat berimbas pada kelangsungan dan kelancaran pembayaran angsuran bulanan.
  2. Jika Anda pemilik dan pengguna Kartu Kredit dan juga pinjaman di bank lain, pastikan Anda membayar tagihan atau angsuran Anda secara rutin dan jangan sampai blacklist. Karena setiap bank bisa melihat track record calon nasabah agar ketika bermasalah di tempat lain tidak menjadi masalah bagi bank BTN. Ada cerita seorang dokter yang ditolak mengajukan KPR padahal dia tidak pernah bermasalah dengan bank, ternyata isterinya – tanpa sepengetahuan dokter tersebut – telah diblacklist oleh sebuah bank karena tidak pernah membayar tagihan kartu kreditnya.

Demikianlah penjelasan tentang Cara dan Syarat Mengajukan KPR ke Bank BTN. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon sumbangan like, twit atau komentarnya di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.