Cara Print Lewat HP Android Via Wifi, Bluetooth dan USB

CaraPedi.com| Cara Print Lewat HP Android Via Wifi, Bluetooth dan USB – Dulu kita biasa dan hanya bisa print lewat komputer atau laptop, namun dengan semakin berkembangnya teknologi sekarang kita bisa juga print jenis file apapun langsung dari handphone Android kita tanpa harus memindahkan file ke komputer terlebih dahulu. Cara ini sering saya gunakan ketika mendapatkan file dari internet setelah browsing menggunakan hp android atau mendapatkan kiriman dokumen melalui media chatting seperti whatsapp.

Cara kerjanya bisa langsung terhubung ke printer melalui wifi tanpa perlu connect ke komputer terlebih dahulu jika printernya sudah dilengkapi dengan fitur wifi. Bisa juga dengan terlebih dahulu menghubungkan hp Android kita dengan komputer yang terhubung langsung dengan printer dan bisa juga dengan menggunakan kabel usb. Namun cara terakhir tersebut tentu membutuhkan usb connector karena usb dari printer dan usb dari android sama-sama berupa plus (+). Lalu bagaimana cara menghubungkan android ke printer ini?

Baca Juga:

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama PrintShare. Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk print dokumen pada berbagai macam jenis printer seperti HP, Canon, Epson, Brother, Samsung, Kodak, Dell, dan Lexmark. Jadi Anda tidak perlu mencari drivernya untuk diinstal di hanpdhone Android Anda.

Cara Print Lewat HP Android Via Wifi, Bluetooth dan USB

  1. Langkah pertama adalah dengan mendownload dan instal aplikasi Printshare dari Google Play (klik saja jika Anda membuka halaman ini dari Android Anda).
  2. Kemudian pastikan HP Android Anda sudah terhubung dengan wifi yang memiliki akses ke komputer yang terhubung dengan printer yang akan Anda gunakan. Setelah terinstal, buka aplikasi Printshare sehingga muncul tampilan pertama seperti di bawah ini > kemudian klik tombol Continue:
    cara print langsung dari hp android
  3. Karena masih baru, maka tentu belum ada satu pun driver printer yang kita simpan (No Printer Selected) sehingga kita belum bisa langsung print. Oleh karena itu, kita harus terlebih dahulu melakukan setting awal dengan mencari printer yang akan kita gunakan dengan klik tombol Select seperti pada gambar di bawah ini:
    cara print dari hp android dengan wifi
  4. Ada beberapa jenis koneksi yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan hp Android Anda dengan printer yang Anda miliki, yaitu bisa melalui Wifi, Bluetooth, kabel USB, atau dengan Cara Meremote Komputer. Sebenarnya, kita juga bisa langsung terhubung dengan printer tanpa perantara komputer atau laptop jika printernya sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi. Namun jika printernya belum dilengkapi dengan wifi, maka kita harus konek dengan komputer terlebih dahulu dengan klik pilihan: Nearby Wifi.
    cara ngeprint lewat hp
  5. Maka setelah itu akan muncul daftar nama komputer yang sedang online dalam jaringan wifi Anda. Klik salah satu nama komputer yang printernya akan Anda gunakan untuk ngeprint semua dokumen melalui hp Android Anda. Jadi jangan pilih yang tidak sedang terhubung dengan printer langsung. Dalam contoh saya akan menghubungkan dengan komputer bernama: PALEWOLEBA karena itu komputer saya yang sudah terhubung langsung dengan printer.
    cara print lewat hp Android via wifi
  6. Setelah terbuka, maka Anda akan melihat daftar printer yang sudah terinstal di komputer yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih printer yang masih aktif. Karena bisa jadi driver printernya masih terinstal tapi printernya sudah tidak ada.
    cara print langsung dari hp android lewat wifi
  7. Setelah Anda memilih printer yang ingin Anda gunakan, lalu akan muncul halaman baru dalam bahasa Inggris yang intinya Anda harus instal terlebih dahulu drivernya. Ukurannya tidak terlalu besar hanya 4 MB saja. Untuk melanjutkan klik tombol Yes.
    cara print langsung dari hp Android via wifi
  8. Selesai. Sekarang Anda bisa print langsung dari hp Android Anda via Wifi kapan saja. Jika Anda ingin mengganti printer, maka Anda tinggal membuka halaman utama SharePrint lalu klik tombol Select yang berada di dasar tampilan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara print lewat HP Android via Wifi, Bluetooth dan USB. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

4 Komentar di "Cara Print Lewat HP Android Via Wifi, Bluetooth dan USB"

Kabari saya jika
avatar
susun berdasar:   terbaru | terlama
aditiya

min kenapa selalu ada tampilan login/pasword ketika select hardware yang sedang konek.. mohon pencerahaannya

Subkhan

Thanks infonya om mimin, jadi lebih praktis mau print tidak perlu pindah file ke laptop dulu.

wpDiscuz