7 Tips Liburan yang Hemat dan Menyenangkan

tips liburan yang hemat dan menyenangkan

all pic source: pixabay.com

Sudah berencana untuk ‘sweet escape’? Jangan biarkan rencana hanya menjadi wacana belaka! Namun sebelum Anda melangkahkan kaki, simak tips liburan berikut ini untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Tentukan destinasi yang akan dikunjungi
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentu menentukan ke mana harus pergi. Setelah memutuskan negara, kota, atau daerah tujuan, spesifikasikan objek wisata atau tempat-tempat yang akan dikunjungi. Setiap orang tentu memiliki preferensi yang berbeda satu dan lainnya termasuk tema liburan. Ada yang bepergian hanya untuk sekadar berbelanja, berjemur, berwisata kuliner, menjelajah lokasi baru, mengunjungi objek bersejarah, dan lain-lain. Seperti contoh, Anda ingin berwisata ke Bandung. Perjalanan akan lebih mudah jika Anda sudah mengorganisasi objek wisata apa yang akan dikunjungi dan kegiatan apa yang akan dilakukan: mengunjungi Saung Angklung Udjo, berkemah di Maribaya, menikmati suasana Tangkuban Perahu, berfoto di Farmhouse Lembang, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda tentu akan lebih mudah dalam menentukan akomodasi yang digunakan, perencanaan bujet, dan estimasi waktu.
  2. Perbanyak informasi terkait destinasi
    Anda tentu tidak ingin membuang terlalu banyak waktu dan uang untuk hal- hal yang di luar perkiraan selama perjalanan, bukan? Maka dari itu, Anda perlu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya mengenai destinasi. Informasi seperti transportasi apa yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi tersebut (apakah bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, dan pesawat atau kendaraan pribadi), jam operasional tempat tujuan, harga tiket yang ditawarkan, dan lain-lain.
  3. Pilih penginapan yang strategis
    tips liburan yang menyenangkan
    Masih berkaitan dengan tips liburan sebelumnya, setelah menentukan tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, pilih penginapan yang memiliki lokasi strategis. Jika waktu berlibur tidak hanya satu hari dan lokasi yang ingin dikunjungi berjauhan, Anda bisa berpindah penginapan. Sebelum memulai bertualang, petakan destinasi sehingga Anda juga dapat lebih mudah merencanakan dan mengatur aktivitas dan akomodasi.
  4. Pilih tanggal yang pas
    Secara umum, tujuan seseorang berlibur adalah untuk kembali menyegarkan pikiran setelah menjalani rutinitas yang mulai dirasa menjemukan. Karena itulah, destinasi wisata yang dipilih biasanya tempat yang tidak terlalu ramai seperti dalam kesibukan sehari-hari. Tidak jarang, kawasan yang dituju berada jauh dari domisili. Jika Anda juga belibur dengan alasan yang serupa, maka cermatlah dalam memilih tanggal. Utamanya ketika destinasi Anda merupakan destinasi wisata favorit, hindari musim libur atau high season. Selain tiket kereta api atau transportasi lainnya yang menjadi rebutan, Anda akan susah menemukan ketenangan yang dicari.
  5. Pesan tiket jauh-jauh hari
    tips liburan hemat
    Tips selanjutnya tentu hal yang sudah lumrah Anda ketahui. Jika toh Anda berlibur pada musim liburan, lakukan reservasi jauh-jauh hari. Dengan demikian, selain jatah kursi yang masih banyak tersedia, harga yang ditawarkan pun relatif tidak akan melonjak terlalu tinggi. Untuk melakukan reservasi, kini Anda tidak harus datang langsung ke loket pembelian. Kemudahan teknologi seperti aplikasi Traveloka.com memfasilitasi keperluan Anda hanya melalui sentuhan jari pada gawai. Melalui perusahaan yang juga merupakan official partner PT. KAI ini Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api atau pesawat tanpa harus meninggalkan lokasi saat ini. Hanya dengan beberapa klik, tiket sudah berhasil dipesan. Mudah, bukan?
  6. Hindari persiapan dadakan dan buat catatan
    Sebagian orang bisa jadi lebih menyukai persiapan di detik-detik terakhir, akan tetapi sebagian lainnya justru bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Sebisa mungkin, hindari untuk melakukan persiapan liburan di detik-detik terakhir. Pada waktu-waktu seperti ini biasanya Anda akan lebih mudah mendapat  distraksi dan beberapa barang menjadi tertinggal. Namun hal ini bisa diatasi jika Anda juga memiliki catatan lengkap apa saja yang harus dibawa. Dengan demikian, kemungkinan barang tertinggal dapat diminimalisasi.
  7. Manfaatkan layanan pemesanan online

    Kini Anda tidak lagi harus repot-repot mencari nomor telepon penginapan atau datang ke stasiun untuk melakukan reservasi. Pemesanan hotel, kereta api, dan pesawat kini sudah terfasilitasi melalui situs dan aplikasi reservasi online. Selain itu, situs dan aplikasi semacam ini kerap memberikan promo kepada penggunanya. Diskon tiket pesawat. kereta api, dan menginap di hotel berbintang pun sering diberikan pada pengguna loyal.

Itulah beberapa tips liburan yang hemat dan menyenangkan yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai perjalanan. Buatlah persiapan yang matang agar rencana tak hanya menjadi wacana. Selamat bersenang-senang!

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

avatar
  Subscribe  
Kabari saya jika