9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog/Web dengan Cepat

CaraPedi.com| Artikel Cara meningkatkan atau mendatangkan pengunjung blog/website dengan cepat ini sudah saya buktikan di blog saya tentang contoh surat dan dokumen. Dalam waktu kurang dari 3 bulan, blog dengan modal hanya 22 artikel tersebut mengalami peningktan traffic yang cukup signifikan. Dari hanya di bawah 100 visitors perhari menjadi hingga kadang 2000 lebih visitors/hari.

Berikut adalah cara meningkatkan pengunjung blog atau website dengan cepat:

  1. Buatlah Domain dan Judul Artikel yang SEO Friendly.
    Jika Anda baru mau mulai dan belum punya domain, pilihlah domain yang mengandung tema yang tepat tapi jangan terlalu panjang. Misalnya: blog tentang bahasa Inggris online, maka pilih domain: Inggris-Online.com. Mengenai cara menulis artikel yang seo friendly, silahkan baca DI SINI (Penting!)
  2. Gunakan Hosting yang Handal.
    Ini pengalaman saya waktu masih pake hosting di idhostinger, blog sulit sekali naik karena sebentar-bentar server down, padahal sudah menggunakan paket bisnis dengan harga hampir 700 ribu untuk 6 bulan. Sehingga pengunjung tidak bisa membaca artikel yang dicari apalagi membaca artikel lain untuk meningkatkan page view. Selain itu, ketika server down, maka Google search akan menemukan error Not Found sehingga bisa menghancurkan SEO blog. Setelah saya pindah ke Hawkhost, baru traffik saya melejit karena sejak saat itu server Hawkhost belum pernah sekalipun down dan loadingnya juga lebih cepat. Google sendiri pada tahun 2009 telah mengumumkan bahwa kecepatan loading page blog merupakan salah satu faktor penting untuk menilai SEO suatu blog. Harga di hawkhost juga murah, paket basic kalau sedang promo bisa cuma 150 ribu untuk 1 tahun. Jadi sebelum membeli, cari coupon hawkhost di Google, karena hampir tiap bulan ada promo.
  3. Pasanglah visitor counter Histats.com
    Dengan cara ini, selain kita dapat mengetahui jumlah pengunjung, kita juga dapat:

    • Menulis artikel sesuai dengan permintaan masyarakat. Karena dari Histat.com kita dapat mengetahui top artikel atau artikel yang banyak dicari pengunjung. Sehingga kita dapat memperbanyak artikel dari kategori tersebut. Misal, Ternyata pengunjung terbanyak di blog bahasa Inggris saya adalah tentang soal UN bahasa Inggris SMP. Jika artikel tersebut banyak pengunjung, maka bisa dipastikan bahwa jika kita menulis artikel UN bahasa Inggris SMA pengunjungnya juga akan banyak.
    • Menulis artikel sesuai dengan kota dengan pengunjung terbanyak. Histat juga dapat menampilkan statistik pengunjung dari berbagai kota sesuai dengan urutan terbanyak. Kita bisa memanfaatkannya dengan menulis artikel yang mengaitkan kota tersebut. Misal, karena pengunjung terbanyak adalah Jakarta, Kita bisa menulis artikel tentang Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jakarta.
    • Menebar Tautan di Fan Page seperti facebook, twitter, dan google plus pada waktu tertentu. Caranya lihat pada statistik pengunjung dengan kategori waktu/jam. Jam dengan pengunjung terbanyak menunjukkan bahwa pada jam-jam tersebutlah orang banyak menggunakan internet. Sehingga ketika kita menebar status yang berisi tautan tidak tenggelam oleh status-status FB, twitter dan google + yang lain.
  4. Instal plugin wajib.
    Berikut plugin yang wajib diinstal:

    • All in one seo pack atau Yoast
    • YARPP.
    • Simple Social Buttons.
    • Pingler.
  5. Buatlah Sosial Fan Page
    Seperti FB, twitter dan google plus. Jika belum punya segera buat dan posting tautan di akun sosial tersebut sehingga teman atau peng-like dapat melihat postingan terbaru dari blog kamu. Jika judulnya menarik dan menggelitik, tentu akan mendatangkan pengunjung yang besar. Pernah saya membuat posting tentang: Cara Melacak Posisi seseorang dengan HP, setelah saya share di Fanpage hari itu langsung dibuka oleh 100 lebih pengujung.
  6. Menjawab Pertanyaan di Forum
    Gabunglah di forum tanya jawab seperti Yahoo Answer, Kaskus dsb. Kemudian Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan baik. Tapi jangan dijawab semua, mintalah penanya untuk mengunjungi tautan yang mengarah ke blog Anda pada akhir jawaban untuk keterangan selengkapnya. Cara ini terbukti efektif untuk mendatangkan pengunjung dan juga secara tidak langsung sudah membuat backlink artikel yang kita buat.
  7. Daftarkan/Submit Blog kamu di:
    • search engine terkemuka seperti di google, bing, yahoo dan lain sebagainya. Cara ini dilakukan agar blog kita terdaftar di list mesin pencari.
    • RSS Feed Burner dengan menggunakan akun gmail kamu. Kalau belum punya buatlah akun gmail.
    • google webmaster tool menggunakan akun gmail.
  8. Buatlah Backlinks yang Berkualitas.
    Caranya lakukan kunjungan ke blog dengan trafik tinggi yang sesuai dengan tema blog Anda dan kemudian berkomentarlah dengan baik. Hal ini diperlukan karena google mencari artikel kita dengan menggunakan jaringan. Semakin banyak url kita di blog lain, maka semakin mudah dicari google.
  9. Perbanyak Tulisan
    Usahakan update artikel setiap hari ketika sedang membangun blog. Tapi hindari copy paste secara membabi buta tanpa ada perubahan. Agar lebih aman, buatlah postingan dari pengalaman kamu sendiri atau jika tidak ada ide, baca artikel di blog lainnya kemudian buat artikel dengan redaksi kamu sendiri.

Demikianlah sedikit share tentang Cara Terbaru Meningkatkan Pengunjung Blog/Web dengan Cepat. Semoga bermanfaat dan berhasil. Like, Twit atau komentar Anda adalah semangat kami untuk terus berbagi.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.