Cara Bayar Tagihan BPJS Online via Tokopedia

CaraPedi.com| Cara Bayar Tagihan BPJS Online – Saat ini tersedia banyak model pembayaran tagihan BPJS dari Pembayaran BPJS lewat ATM, pembayaran langsung seperti di kantor pos dan beberapa mini market serta yang paling simple menurut saya adalah pembayaran tagihan secara online karena cukup menghemat biaya, tenaga dan yang terpenting waktu. Kita cukup duduk manis di depan laptop atau bisa juga dengan menggunakan smartphone, maka pembayaran terbayar dalam waktu yang singkat dan mudah.

Cara bayar tagihan bpjs online yang akan saya share ini menggunakan jasa salah satu online market terbesar saat ini, yaitu tokopedia. Saya lebih merekomendasikan untuk membeli secara online di toko online ini karena terbilang aman dan mudah prosesnya. Tulisan ini saya share setelah ada seorang teman yang minta tolong untuk membayarkan tagihan bpjs orang tuanya secara online. Dan berikut ini alur pembayaran tagihan bpjs online di tokopedia yang saya dapatkan.

Cara Bayar Tagihan BPJS Online

  1. Pertama silahkan buka halaman utama situs toko online: tokopedia.com atau langsung buka dari aplikasi tokopedia di smartphone Anda.
  2. Pada halaman utama tokopedia silahkan pilih menu BPJS, jika Anda membuka dari handphone, silahkan klik tombol panah seperti yang saya beri lingkaran pada gambar di bawah ini untuk memunculkan menu pembayaran BPJS.
    cara membayar tagihan bpjs secara online
  3. Jika Anda sudah memilih BPJS, maka isian formnya akan berubah menjadi seperti di bawah ini. Kemudian tentukan jenis keanggotaan Anda, lalu masukkan 16 digit kartu anggota BPJS Anda, dan tentukan sampai dengan bulan apa Anda akan membayar. Untuk melanjutkan klik tombol Beli.
    cara bayar bpjs online
  4. Berikutnya akan muncul informasi tentang detail keikutsertaan peserta seperti terlihat pada gambar di bawah ini untuk memastikan bahwa Anda tidak salah membayar. Untuk melihat informasi yang lebih detail seperti pada gambar di bawah ini, jangan lupa klik tulisan Lihat Detail.

    cara bayar tagihan bpjs online
    Note: aturan dari pemerintah, bahwa pembayaran iuran harus mencakup semua orang yang ada dalam KK yang sama dengan peserta yang akan membayar. Jadi tidak bisa Anda hanya membayar salah satu anggota keluarga Anda yang masuk dalam KK yang sama.
  5. Selanjutnya silahkan pilih metode pembayaran. Memang disayangkan karena hingga saat ini belum tersedia metode transfer antar rekening. Jadi yang beberapa metode yang tersedia saat ini yaitu:
    – Virtual Account (BRI dan BNI);
    – Pembayaran Instan (Mandiri eCash, Klik BCA, Mandiri Clikpay, e-pay BRI, dan BCA Klikpay);
    – Kartu Kredit;
    – Merchant yang dapat menerima pembayaran tagihan tokopedia seperti kantor pos.
  6. Jika menggunakan kartu kredit, maka pastikan nomor handphone Anda dalam keadaan aktif untuk menerima kode otorisasi yang harus Anda masukkan. Jika sudah, maka pembayaran akan secara otomatis berhasil. Anda akan menerima bukti pembayarannya via sms dan email yang Anda daftarkan pada akun tokopedia Anda.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Bayar Tagihan BPJS Online via Tokopedia. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz