Cara Kirim File dari HP Android ke PC Laptop Lewat Wifi – Shareit

CaraPedi.com| Cara Kirim File Antar HP Android dan PC Laptop Lewat Wifi – Mau kirim file dari hp ke hp? atau dari hp ke laptop atau komputer dan sebaliknya dengan kecepatan 10x lebih cepat? Semua itu bisa kita lakukan bahkan tanpa kabel data dan juga paket data karena menggunakan jaringan wifi atau hotspot. Yap, semua itu bisa kita lakukan dengan satu aplikasi atau software ringan bernama Shareit. Pengiriman file berupa dokumen, foto, mp3 atau bahkan video seperti film dengan ukuran besar sekalipun bisa kita lakukan dengan super cepat. Saya sendiri telah membuktikannya dan hingga saat ini masih setia menggunakan Shareit.

Umumnya, ketika mengirim file antar komputer di kantor misalnya, kita biasanya menggunakan flash disk atau network via Lan atau Wifi. Jika menggunakan flash disk, tentu kita akan kerja dua kali karena harus memindahkan ke flash disk terlebih dahulu, baru dipindah ke komputer atau laptop kita. Sedangkan jika menggunakan network LAN atau wifi, biasanya sangat lelet sekali. Begitu juga jika memindahkan data dari komputer ke HP atau antar HP. Kita biasa menggunakan kabel data. Cara ini, selain beresiko cepat rusaknya soket charger HP, tentu kita akan kesulitan jika pada saat dibutuhkan kita tidak membawa kabel data.

Oleh karena itu, untuk urusan transfer file baik antar PC komputer atau antar HP atau dari HP ke komputer dan sebaliknya, sudah saatnya kita menggunakan cara yang praktis dan sederhana agar pekerjaan kita dapat dengan cepat terselesaikan. Baiklah, berikut ini adalah cara kirim file antar HP Android dan PC laptop dengan menggunakan hostpot.

A. Cara Kirim File Dari HP Android ke HP Android

  1. Pertama-tama silahkan download dan instal aplikasi Shareit baik di laptop atau handphone Anda dengan mengunjungi link berikut:
    Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lenovo.anyshare.gps&hl=in
    Laptop: http://shareit.id.softonic.com/download
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut di kedua device yang akan saling bertukar file. Sebagai simulasi, saya akan gambarkan bagaimana kirim file dari HP ke HP.
  3. Pertama-tama pastikan handphone yang akan menerima kiriman Shareitnya sudah berada dalam posisi aktif. Cara mengaktifkannya cukup dengan tekan tombol terima pada layar utama Shareit.cara kirim file dari android ke pc
  4. Selanjutnya cari pilih file yang akan dikirimkan dari HP Android pengirim lalu klik pada tombol pilihan (biasanya titik tiga atau gambar gir) seperti yang terlihat di bawah ini, lalu pilih opsi Kirim:
    cara kirim file dari android ke pc
  5. Selanjutnya akan terbuka beberapa pilihan media yang bisa Anda gunakan untuk mengirim file. Jumlah medianya menyesuaikan dengan aplikasi yang terinstal di handphone Anda. Yang jelas, Anda harus cari dan pilih Shareit.
  6. Kemudian tunggu beberapa saat sampai Shareit melakukan screening dan muncul gambar avatar dalam jangkauan radar (lihat gambar pada langkah 1 point B di bawah). Jika sudah muncul langsung klik gambar avatar profil penerima file, maka file akan otomatis terkirim dengan sendirinya.
    cara kirim file dari android ke laptop

B. Cara Kirim File Dari HP Android ke PC atau Laptop

  1. Pertama-tama lakukan langkah 1 hingga 6 seperti pada penjelasan di atas. Pada saat tampilan melakukan screening (mencari device yang aktif) pilih Sambungkan ke PC seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara kirim file dari android ke laptop
  2. Kemudian klik tombol Cari Hotspot Seluler pada Shareit PC atau laptop Anda seperti terlihat di bawah ini, sehingga kedua device (Android dan Laptop) sama-sama melakukan screening.
    cara transfer file dari android ke laptop
  3. Setelah muncul avatar dengan nama PC atau laptop Anda seperti pada gambar di bawah ini muncul, klik gambar avatar tersebut, maka file akan terkirim ke PC komputer atau laptop Anda secara otomatis. Jika sudah tersambung seperti ini, maka Anda juga bisa kirim file dari laptop atau komputer ke Android Anda.
    cara kirim file dari android ke pc

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara kirim file antar HP Android dan PC laptop dengan menggunakan wifi atau hotspot. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai postingan ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar bisa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.