Cara Instal dan Mengetik dengan Font Arab di Android

CaraPedi.com| Cara Instal dan Mengetik dengan Font Arab di Android – Sering ketika chatting di BBM atau Whatsapp dan media sosial chatting lainnya, kita menemukan teman-teman yang menulis nama profilnya atau menyampaikan salam dengan menggunakan huruf arab. Nah mungkin Anda juga ingin melakukan hal yang sama tapi tidak bisa karena di handphone android Anda belum terinstal, berikut ini akan saya share bagaimana cara instal font arab di smartphone android Anda.

Tulisan ini sebenarnya berawal karena ada tuan guru saya yang pandai sekali bahasa Arab, namun dia bisik saya katanya handphone saya ini tidak ada bahasa Arabnya :). Oleh karena itulah, pada kesempatan saya share tutorial sederhana ini dengan harapan dapat membantu teman-teman yang lain yang juga ingin menginstal font Arab di handphone androidnya.

Cara Instal dan Mengetik dengan Font Arab di Android

  1. Silahkan instal aplikasi bernama IQQI dari Google Play store Anda. Caranya cukup ketik kata: IQQI pada kolom pencarian aplikasi Google Play yang terdapat di sisi atas layar.

    Kemudian instal aplikasi yang nama lengkapnya adalah: IQQI Arabic Keyboard – Emoji. Atau cara cepatnya silahkan langsung klik link berikut dari handphone Android Anda: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iqt.iqqijni.arabic&hl=in
  2. Setelah terinstal, Anda akan diminta untuk melakukan setting awal aplikasi dengan tampilan seperti terlihat di bawah ini. Untuk melanjutkan klik pada lingkaran yang berisi angka 1.
    cara instal font arab di android
  3. Selanjutnya akan muncul setting awal untuk mengaktifkan aplikasi IQQI pada keyboard android Anda seperti terlihat pada gambar kedua di bawah ini. Untuk mulai mengaktifkan klik pilihan yang diberi tanda panah di bawah ini ke posisi on.
    cara menulis arab di android
  4. Ketika Anda switch IQQI Arabic menjadi ON, maka akan muncul konfirmasi berisi tulisan: IQQI Arabic dapat merekam semua yang Anda ketik, termasuk sandi, kartu kredit dan sandi lainnya. Lalu apakah ini aman? Pada laman privacy policy, pengembang aplikasi ini menjamin bahwa semua data personal pengguna tidak akan disalah gunakan atau dipublikasikan untuk keperluan apapun. Jadi aman. Untuk melanjutkan klik tombol OK.
  5. Berikutnya akan muncul settingan kedua seperti pada gambar pertama di atas. Klik lingkaran yang tengah-tengahnya berisi angka 2, sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut. Scrol ke bawah hingga Anda menemukan menu Bahasa dan Keyboard lalu klik.
    cara setting font arab di android
  6. Hilangkan centang pada opsi bahasa Prancis karena tentu kita tidak akan menggunakannya agar ketika mengganti font dari Indonesia ke Arab atau sebaliknya kita tidak perlu skip (melewati) bahasa Prancis. Jika sudah, maka proses instalasi font arab pada handphone Android Anda sudah selesai. Anda bisa langsung menutup halaman setting aplikasi IQQI dan bisa langsung mencobanya dengan membuka SMS atau salah satu media chatting seperti Whatsapp. Berikut ini adalah tampilan dari keyboard android Anda setelah Anda instal IQQI:
    Cara Instal dan Mengetik dengan Font Arab di Android
    Ket:
    1). Berisi angka dalam font Arab, dan huruf lain yang tidak tercakup pada keyboard utama.
    2). Untuk mengganti font dari bahasa Indonesia ke Arab atau sebaliknya dengan cukup klik satu kali.
    3). Berisi angka biasa dan karakter lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Instal dan Mengetik dengan Font Arab di Android. Semoga bermanfaat. Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkan. Terima kasih.

 

Share yuk:
Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz