Cara Merekam Layar Android Tanpa Root dan Mengeditnya

CaraPedi.com| Cara Merekam Layar Android Tanpa Root dengan Mudah – Ada banyak aplikasi di google play store seperti AZ Screen Recorder yang bisa digunakan untuk merekam layar Android tanpa perlu root terlebih dahulu. Merekam aktivitas layar di handphone Android kadang kita butuhkan untuk memvisualisasikan penjelasan yang sulit kita sampaikan hanya dengan kata-kata atau foto saja. Saya sendiri kadang menggunakannya untuk merekam gaya menyerang dalam game Clash Of Clan atau merekam kegiatan chat live seperti Bigo dan lainnya.

Namun kali ini saya tidak akan menjelaskan dan merekomendasikan Anda untuk menggunakan AZ Screen Recorder karena setelah saya coba-coba semua aplikasi yang ada, menurut saya DU Recorder jauh lebih mudah digunakan, lebih ringan (hanya 3mb), fiturnya lebih lengkap dan bisa diinstal di Android seri apapun bahkan pada kitkat dan jelly bean sekalipun. Sehingga wajar jika rating dari pengguna (pada saat tulisan ini dipublish sudah ada 51 ribu lebih yang memberi rating) mencapai 4,7.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root dengan Mudah

  1. Silahkan buka google play Anda lalu download aplikasi bernama DU Recorder – Perekam Layar atau bisa juga langsung klik tautannya berikut dari smartphone Android Anda: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.duapps.recorder 
  2. Setelah terdownload dan terinstal, buka aplikasi tersebut sehingga muncul panel di sebelah kanan layar handphone Anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara merekam layar android tanpa root
    Ket:
    1). Untuk mulai merekam layar.
    2). Untuk melihat daftar video yang sudah terekam
    3). Untuk menampilkan kamera depan agar wajah Anda kelihatan
    4). Untuk mengambil foto (screenshot).
  3. Pada saat merekam, tombol-tombol tersebut di atas akan menghilang dan berganti tombol kecil transparan. Untuk menghentikan rekaman, klik tombol transparan tersebut, lalu klik tombol stop. Maka akan tersimpan secara otomatis.
  4. Anda bisa mulai merekam dari sebelum bagian yang ingin Anda rekam dimulai. Lalu bagaimana dengan kelebihannya, kita bisa membuangnya dengan memotong bagian depan dan belakang video. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi DU Recorder atau bisa langsung dari tombol yang saya tandai dengan angka 2) di atas. Lalu klik gambar gunting yang berada di video yang ingin Anda potong seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara merekam layar di hp android tanpa root
  5. Kemudian geser bilah sebelah kanan ke kiri dan bilah kiri ke kanan (lihat gambar di bawah ini yang diberi tanda panah) sampai permulaan dan akhir video seperti yang Anda inginkan lalu klik Simpan.cara merekam layar di android tanpa root gratis
  6. Maka video Anda sudah siap untuk dishare baik ke youtube agar bisa mendapatkan uang atau sekedar share kepada teman-teman Anda melalui jejaring sosial. Anda juga masih bisa melakukan edit lanjutan pada video Anda seperti menyisipkan foto atau gambar, menggabungkan dua atau beberapa video lain, mengaburkan atau blur pada bagian video dengan klik tombol setting (icon kunci dan obeng) pada gambar langkah nomor 4 di atas.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara merekam layar Android tanpa root beserta cara mengedit hasilnya. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai tutorial ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz