Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi

Carapedi.com| Modus Penipuan melalui SMS atau internet (online) seperti yang dilakukan oleh Penipu yang memasang dagangannya di OLX.co.id dan Berniaga.com dsb sekarang marak terjadi. Namun banyak juga yang tidak tahu caranya bagaimana melaporkan penipuan tersebut ke polisi. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri penipuan online dan agar tidak tertipu di kemudian hari, silahkan baca: Cara Mengetahui Penipuan Online.

A. Melapor Melalui Situs Resmi.

Cara termudah dan mungkin langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda baru saja menjadi korban penipuan adalah langsung melaporkan ke polisi ke situsl resmi Kepolisian Indonesia dengan alamat: http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan.

B. Langsung Melapor ke Kantor Polisi.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk melaporkan para penipu ke kantor polisi terdekat:

  1. Datanglah ke kantor polisi terdekat. Kemudian laporkan kejadian penipuan yang Anda alami dengan menceritakan kronologi penipuan yang Anda alami. Tentu Anda harus menunjukkan alat bukti sebagai dasar penyelidikan seperti bukti transfer ke rekening penipu, nomor handphone dan nomor kontak yang digunakan penipu. Dengan laporan yang Anda sampaikan, Polisi akan membuat laporan yang berisi identitas pelapor dan terlapor, uraian singkat kejadian dan pasal yang dikenakan.
  2. Kemudian Anda akan menerima sebuah Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti anda telah melaporkan tindak pidana yang Anda alami.
  3. Anda tinggal menunggu perkembangan kasus yang ditangani dan anda akan mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Note:
Jika uang yang digondol penipu terbilang besar. Ada baiknya segera datang ke bank terkait untuk mengajukan permohonan pemblokiran nomor rekening penipu tersebut. Hal inilah yang sering dijadikan motivasi penipu untuk bertransaksi pada hari sabtu dan minggu (bank tutup), karena kita tidak bisa memblokirnya.

Besar kemungkinan pihak bank tidak mengabulkan permohonan pemblokiran tersebut karena pihak bank tentu akan melindungi nasabahnya. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Artinya upaya pemblokiran bisa saja dikabulkan jika kita bisa pintar melobi pihak bank. Cobalah untuk meyakinkan pihak bank bahwa nomor rekening tersebut benar-benar penipu dengan menunjukkan bukti transfer, nomor kontak penipu serta STPL dan Anda akan bertanggungjawab atas permohonan pemblokiran tersebut jika tuduhan Anda salah. Sampaikan juga bahwa agar pihak bank walaupun tidak bisa dikatakan melindungi pelaku tindak pidana tetapi setidaknya pihak bank punya tanggunjawab moral untuk ikut berpartisipasi dalam memerangi tindak pidana.

Nah, untuk sekedar mengobati rasa kesal Anda, saya rekam video ketika saya sedang mengerjain penipu. Dia marah-marah karena dia sudah tertipu telak. Penasaran? silahkan lihat videonya di Youtube dengan kata kunci: Penipu Tertipu Telak oleh Calon Korbannya di ATM.

Demikianlah informasi tentang bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi. Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat mohon sharenya dengan mengklik tombol like di bawah ini. Terima Kasih.

Dari berbagai sumber.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

277 Komentar di "Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi"

Kabari saya jika
avatar
susun berdasar:   terbaru | terlama
Abdul karim

penipuan,modus pengamanan telegram,ternyata mengambil saldo,dengan nomor,082110015146/081333331236/085360112111.klau tertangkap bukti ada di tangan sy pak

Robby

085360112111 << kejadian sama seperti yang pak Abdul Karim laporkan. Terima kasih. Mohon diusut.
2x terjadi di wilayah Lampung Utara. Bukti Rekamanan Telepon ada disaya.

nst
saya ketipu di http://instagram.com/jual_hp_blackmarket_ori. emang sih saya baru separuh bayar. tapi tiba di pengiriman paket saya harus melunaskan pembelian.yang lucunya, saya suruh foto mana paket saya,dikirim lah fto paketan TIKI. padalan si penipu lagi di JNE hahaha dari situ udah pasrah ajalah,sial,apes,dan padahal barang sudah disepakati begitu sampai rumah saya… Read more »
Dita Priskasari
Pada tanggal 10 September 2017, saya berniat membeli jam apple watch seharga 2.500.000.. namun, ketika saya transfer, chat saya lama dibales dan ada telp yang mengaku dari pihak beacukai.. bahwa barang disita beacukai, setelah itu saya minta bukti tertulis bahwa barang disita , namun instagram beserta line saya di block..… Read more »
Yesi
Tgl 25 september 2017 Sya jg brusan ketipu blnj hp di olx 1,3 melayanh uang sya Trnsaksi via w a Dia seolah2 menjamin smpe2 brngnya di foto, di viideoin, pura2 ke jne mau kirim Tp nyata gak Sedih rasanya nya mau ngurus ke polisi mlh gk ada tanggapan sama skli,… Read more »
Handayani

Saya baru kena tipu hati2 beli OL via WA an.Abdul Rahim Ramadhan no wa nya 0815-2602- 4519 bank BCA no rek 7920522771 dia modus nya tulis reviews di OL resmi , seolah Reseller bagus….. OL shop nya ada di mana2……hati2 aja…..

Handayani

Penipuan an.abdul Rachim Ramadhan no hp 081526024519