Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi

cara melaporkan penipuan online ke polisi

Carapedi.com| Modus Penipuan melalui SMS atau internet (online) seperti yang dilakukan oleh Penipu yang memasang dagangannya di OLX.co.id dan Berniaga.com dsb sekarang marak terjadi. Namun banyak juga yang tidak tahu caranya bagaimana melaporkan penipuan tersebut ke polisi. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri penipuan online dan agar tidak tertipu di kemudian hari, silahkan baca:

Cara Mengetahui Penipuan Online.

A. Melapor Melalui IG Official Humas Polri.

Cara termudah dan mungkin langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda baru saja menjadi korban penipuan adalah langsung melaporkan ke pihak kepolisian melalui akun resmi (official) Instagram POLRI di @divisihumaspolri. Cara melaporkannya, Anda bisa upload barang bukti berupa bukti transfer atau yang lainnya, lalu tag @divisihumaspolri di status Anda dan memasukkan seluruh informasi terkait kasus penipuan yang menimpa Anda.

B. Langsung Melapor ke Kantor Polisi.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk melaporkan para penipu ke kantor polisi terdekat:

  1. Datanglah ke kantor polisi terdekat. Kemudian laporkan kejadian penipuan yang Anda alami dengan menceritakan kronologi penipuan yang Anda alami. Tentu Anda harus menunjukkan alat bukti sebagai dasar penyelidikan seperti bukti transfer ke rekening penipu, nomor handphone dan nomor kontak yang digunakan penipu. Dengan laporan yang Anda sampaikan, Polisi akan membuat laporan yang berisi identitas pelapor dan terlapor, uraian singkat kejadian dan pasal yang dikenakan.
  2. Kemudian Anda akan menerima sebuah Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti anda telah melaporkan tindak pidana yang Anda alami.
  3. Anda tinggal menunggu perkembangan kasus yang ditangani dan anda akan mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Note:
Jika uang yang digondol penipu terbilang besar. Ada baiknya segera datang ke bank terkait untuk mengajukan permohonan pemblokiran nomor rekening penipu tersebut. Hal inilah yang sering dijadikan motivasi penipu untuk bertransaksi pada hari sabtu dan minggu (bank tutup), karena kita tidak bisa memblokirnya.

Besar kemungkinan pihak bank tidak mengabulkan permohonan pemblokiran tersebut karena pihak bank tentu akan melindungi nasabahnya. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Artinya upaya pemblokiran bisa saja dikabulkan jika kita bisa pintar melobi pihak bank. Cobalah untuk meyakinkan pihak bank bahwa nomor rekening tersebut benar-benar penipu dengan menunjukkan bukti transfer, nomor kontak penipu serta STPL dan Anda akan bertanggungjawab atas permohonan pemblokiran tersebut jika tuduhan Anda salah. Sampaikan juga bahwa agar pihak bank walaupun tidak bisa dikatakan melindungi pelaku tindak pidana tetapi setidaknya pihak bank punya tanggunjawab moral untuk ikut berpartisipasi dalam memerangi tindak pidana.

Nah, untuk sekedar mengobati rasa kesal Anda, saya rekam video ketika saya sedang mengerjain penipu. Dia marah-marah karena dia sudah tertipu telak. Penasaran? silahkan lihat videonya di Youtube: Penipu Tertipu Telak.

Demikianlah informasi tentang bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi. Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat mohon sharenya dengan mengklik tombol like di bawah ini. Terima Kasih.

Dari berbagai sumber.

Share via:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

201
Komentar

283 Comment threads
9 Thread replies
9 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
46 Comment authors
  Subscribe  
terbaru terlama
Kabari saya jika
ReyFebriyan

PenipuanOrngAkunGameFreeFire
YangBernama ,RenggaPutra
PenipuanTerjadiDiFacebok

noeraeni

Tolong bantuannya supaya bisa tertangkap pelaku dan bisa block no rekening nya, jangan sampe ada korban lagi ,, waluapun tidak seberapa besar amount namun saya harap bisa pelaku tertangkap supaya dia kapok pelajaran dan tidak ada korban lagi, saya ulang lagi namanya , NAMA:WARSINI NO REK:1340011403531 BANK MANDIRI NO HP, 085333729273 NAMA INSTAGRAM AKUN @nadia_ponsel SAYA harap bpk bisa membantu saya sangat berharap dan berharap pelaku bisa di chek dari mana asal ny < saya chek beliau dari mataram ntb<< DAN dia Mengaku dari semarang pengiriman < dan SAYA chek di IG NYA dia nerasa tidak bersalah hp nya active… Read more »

noeraeni

Saya kena tipu barang online sebuah hp oppo A37 dgn hrga 550.000 , begitu sya tranfer barang gk ada biasnya kalu keirim barang saya pinta no resi dia tidak ngasih yg di kasih selembar kertas JNE tapi kosong tak ada no resi cunman tercantun alamat rumah ku doang dan alamat pengiriman semarang , saya paksa pinta no resi alasannya pengiriman di pending dulu karena memerlukan uang tambahan ,, kurang ajar udh jelas kena tipu aku apes, ni atas nama
WARSINI:
NO REK:1340011403531
NO HP:085333729273

ali artam

saya kena tipu grosir jaket kulit garut 1,7 juta namanya pirman permana rekening bca 1480765423 garut pesen jaket sudah lima bulan gak ada kabar telp082217991654

Amir

Saya telah tertipu sejumlah uang Rp. 598.000 dan 1.700.000. Saya beli barang di toko online namanya smarthphone_shoop_kita pertama saya beli barang dengan harga 598.000 sudah saya transfet bukti sudah ada trus saya ditelp lagi suruh biaya administrasi sebesar 1.700.000 sudah saya transfer dan ada bukti juga. Saya ditelp lagi suruh nambah lagi 2.400.000 tapi yg ini tidak saya transfer karena menurut saya sudah penipuan.
No telp pelaku 085220652201 dan 082399292774 no rek Pelaku BRI 3447-01-037191-53-8 an Muh Hasbi dan BRI 5183-01-012973-53-7 an Rais ini 1 online punya 2 rekening.