Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana yang Lezat dan Enak

cara membuat nasi goreng sederhana yang sedapCaraPedi.com| Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana yang Lezat dan Enak – Ingat dengan presiden United State Barrack Obama? ya, dia adalah salah satu penggemar masakan khas Indonesia yaitu Nasi Goreng. Dan saya yakin pembaca semua sudah pernah merasakan nasi goreng. Nasi goreng juga biasa dijadikan menu andalan terakhir di rumah jika sudah tidak sempat memasak sayur karena waktu sudah mepet atau keburu lapar. Tapi bagaimana cara membuat nasi goreng sederhana yang lezat dan enak? Berikut cara membuat nasi goreng yang enak dan sedap:

A. Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

  • Mentega;
  • 1 porsi nasi putih;
  • 1 butir telur ayam;
  • 2 siung bawang merah yang sudah diiris tipis;
  • 1 siung bawang putih yang sudah diiris tipis;
  • 5 buah cabe rawit;
  • 1/2 sendok teh merica;
  • 1/2 penyedap rasa;
  • kecap manis secukupnya;
  • garam secukupnya.

B. Cara Membuat Nasi Goreng Enak

  1. Pertama panaskan mentega.
    Tips: Bagi yang pertama kali bikin nasi goreng, biasanya akan kebanyakan minyak karena merasa bahwa untuk satu piring butuh minyak yang banyak, padahal sebenarnya kita tidak butuh minyak terlalu banyak. Karena banyaknya 1 piring setiap orang itu berbeda, jadi sebaiknya untuk 1 piring ambil 2 sendok makan mentega, jika nasi sudah dimasukkan dan lengket dengan wajan, baru Anda tambahkan mentega secukupnya dan langsung Aduk.
  2. Kemudian tumis bawang merah, bawang putih dan cabe rawit sampai tercium aroma harum.
    Tips: Ketika menumis, usahakan kecilkan nyala api karena kalau terlalu besar, bawang merah dan putih yang tipis akan mudah gosong. Baru setelah Anda masukkan nasinya, Anda bisa memperbesar nyala api.
  3. Masukkan nasi, aduk sampai merata.
    Tips: Jangan tinggalkan nasi dalam waktu yang lama. Artinya, dari sejak dimasukkan hingga diangkat, usahakan aduk nasi terus menerus secara perlahan untuk menghindari gosong dan lengket di wajan.
  4. Terakhir tambahkan merica, penyedap rasa, garam dan kecap manis atau saos secukupnya.
    Tips: Terutama untuk menambahkan garam, sebaiknya taburkan sedikit demi sedikit, kemudian cicipi sembari terus mengaduk nasi. Kalau kurang tinggal Anda tambahkan lagi. Karena kalau sudah kadung kebanyakan tidak bisa dikurangi lagi. Jadinya keasinan deh.
  5. Sebagai lauk, goreng satu butir telur mata sapi dan taburkan garam bubuk sedikit sekali, lalu hidangkan. Selesai, nasi goreng siap di hidangkan.
    Tips: Agar lebih praktis, terutama bagi anak kost yang hanya memiliki 1 wajan, sebaiknya goreng telur terlebih dahulu karena wajan akan sulit dibersihkan setelah digunakan untuk memasak nasi.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara membuat nasi goreng sederhana yang lezat dan enak. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.