Cara Cepat Mengajukan Dispensasi Nikah di Pengadilan

cara mengajukan dispensasi nikah

CaraPedi.com| Cara Mengajukan Dispensasi Nikah di Pengadilan sekarang berbeda dengan sebelum diterbitkannya Peraturan Mahkamah Agung no 5 tahun 2019 tentang Pedoman mengadili permohonan Dispensasi Kawin. Ada banyak perubahan baik dalam hal persyaratan, pihak yang mengajukan dan terlebih dalam proses persidangan yang secara umum lebih kompleks. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya perkawinan dini anak di bawah umur (di bawah usia 19 tahun) yang dinilai berpotensi merugikan masa depan si anak.

Meskipun dipersulit, namun bukan kemudian dilarang, karena dalam hal tertentu memang pernikahan dini kadang harus dilangsungkan walaupun dengan terpaksa seperti karena sudah hamil di luar nikah. Jika Anda adalah orang tua dari calon mempelai anak yang masih di bawah umur, berikut ulasan lengkap mengenai cara mengurus dispensasi nikah beserta persyaratannya:

Syarat Mengajukan Dispensasi Nikah

  1. Surat Permohonan oleh orang tua anak sebanyak 7 copy
  2. Fotokopi identitas anak yang dimintakan Dispensasi Nikah (KTP/Kartu Pelajar)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Akta Kelahiran anak
  5. Fotokopi Ijazah terakhir anak
  6. Fotokopi KTP kedua orang tua anak
  7. Fotokopi identitas calon istri/suami si anak
  8. Asli surat penolakan perkawinan dari KUA

Pihak yang Berwenang Mengajukan

  • Kedua orang tua atau
  • Dalam hal orang tua telah bercerai maka salah satu orang tua yang telah diberi kuasa Asuh berdasar putusan Pengadilan atau
  • Salah satu orang tua jika pihak yang lain tidak diketahui keberadaannya atau telah meninggal dunia, atau
  • Wali anak dalam hal kedua orang tua sudah meninggal atau tidak diketahui keberadaannya, atau
  • Kuasa orang tua atau wali anak yang ditunjuk berdasarkan surat kuasa jika yang bersangkutan berhalangan.

Cara Cepat Mengajukan Dispensasi Nikah

  1. Membawa seluruh persyaratan tersebut di atas ke Pengadilan Agama (bagi anak beragama Islam) atau Pengadilan Negeri (anak beragama selain Islam) yang mewilayahi tempat tinggal Anda (orang tua si anak yang akan dimintakan dispensasi nikah) untuk didaftarkan;
  2. Setelah terdaftar, Anda akan dipanggil untuk bersidang di Pengadilan baik melalui Jurusita secara langsung atau via email jika Anda berperkara secara elektronik. Nah, pada saat sidang pertama tersebut, pastikan Anda membawa serta:
    • Anak Anda yang akan dimintakan Dispensasi Nikah
    • Calon istri/suaminya
    • Calon besan Anda.

    Poin ini penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap seberapa cepat permohonan Anda dapat diselesaikan oleh Pengadilan. Jika Anda tidak membawa salah satunya saja, maka sidang pasti akan ditunda karena mereka harus dimintai keterangan dalam persidangan.

  3. Bawa serta juga alat-alat bukti baik bukti tertulis berupa semua asli surat dari fotokopi yang Anda bawa pada saat pendaftaran dan juga saksi-saksi yang mengetahui dengan jelas dan pasti alasan mengapa anak Anda harus segera dinikahkan.

Jika syarat dan langkah serta tips di atas Anda dapat penuhi, maka kemungkinan besar permohonan dispensasi nikah/kawin yang Anda ajukan dapat langsung dikabulkan hari itu juga dengan catatan dalil-dalil yang dijadikan alasan atau dasar dalam surat permohonan Anda terbukti dan dapat diterima oleh hukum.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengurus dispenasi nikah yang cepat. Semoga bermanfaat dan jika ada hal lain yang ingin Anda tanyakan, silahkan meninggalkan komentar di bawah ini. Namun sebelumnya jangan lupa untuk share artikel ini ya.. Terima kasih.

 

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika