Cara Cek Sisa Pinjaman BRI tanpa ke Bank

cara cek kredit bri

CaraPedi.com| Terkadang kita memerlukan informasi berapa sisa pokok pinjaman BRI kita seperti untuk membuat laporan harta kekayaan maupun untuk kepentingan lainnya ataupun hanya untuk sekedar mengetahui berapa banyak pokok pinjaman yang telah dicicil selama ini. Yang perlu Anda ketahui jika pinjaman Anda bersifat anuitas adalah bahwa cicilan-cicilan di awal yang Anda bayarkan selama ini sebagian besar adalah untuk membayar bunga.

Pada umumnya, untuk mengetahui sisa pokok pinjaman atau kredit di BRI kita harus datang langsung ke Bank BRI dan menanyakan langsung kepada customer service BRI atau telp langsung ke call center BRI di nomor 14017, namun cara ini tentu tidak efektif dan efisien karena memerlukan tenaga, biaya pulsa dan waktu ekstra. Lalu bagaimana cara cek sisa pinjaman BRI kita tanpa harus melalui dua cara tersebut. Ikuti cara berikut ini:

Cara Cek Sisa Pinjaman BRI

Cara cek sisa pinjaman BRI yang akan saya share ini adalah dengan menggunakan fasilitas internet banking. Jadi bagi Anda yang belum mempunyai internet banking BRI, saya rekomendasikan Anda memilikinya, karena disamping cara daftarnya mudah, banyak fitur yang bisa kita nikmati terutama bagi pebisnis online untuk cek mutasi (keluar masuk uang transaksi) beserta keterangan lengkapnya.

Baca juga: Cara mudah daftar internet banking BRI

  1. Pertama-tama silahkan bua terlebih dahulu internet banking BRI di > ib.bri.co.id
  2. Kemudian masukkan username, password dan juga 4 digit angka validasi yang tertulis di sebelahnya.
    cara cek sisa pinjaman bri
  3. Lalu pilih menu Rekening informasi dan mutasi sehingga terbuka daftar menu di dalamnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara cek sisa pinjaman bri
  4. Lalu klik menu Rincian Pinjaman. Jika Anda memiliki 2 rekening BRI seperti gambar di atas, maka silahkan klik salah satu rekening yang digunakan untuk penarikan oleh BRI. Dan jika sudah, maka Anda akan dapat melihat berapa sisa pinjaman Anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    bank bri
    Outstanding adalah informasi sisa pokok pinjaman di luar bunga. Jadi jika Anda ingin melunasi hutang Anda saat ini, maka Anda harus menyediakan uang sebesar Outstanding ditambah dengan biaya administrasi lainnya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir Anda membayar cicilan.
    Kalau dilihat dari data di atas, setelah 1 tahun atau 12x cicilan dengan besaran cicilan perbulan kurang lebih 7.5 juta atau total kurang lebih 90 juta selama 1 tahun, pokok hutang baru berkurang sekitar 33 juta dan sisanya yaitu 67 juta adalah untuk membayar bunga. Hal itu wajar karena pinjaman dengan bunga anuitas, maka pada awal periode, cicilan lebih banyak untuk membayar bunga dan diakhir periode mendekati pelunasan lebih banyak untuk membayar pokok pinjaman.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara cek sisa pinjaman BRI tanpa harus ke Bank. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika