Istri Gugat Cerai Apakah Dapat Harta Gono-Gini ?

By | November 7, 2019

istri gugat cerai berhak atas harta gono-gini

CaraPedi.com| Tidak jarang seorang wanita ragu untuk mengajukan gugat cerai terhadap suaminya meskipun ia telah menahan berbagai macam penderitaan sebagai akibat perlakuan buruk suaminya karena khawatir ia akan kehilangan haknya untuk mendapatkan bagian harta gono-gini terlebih jika secara perhitungan justru harta gono-gini yang ada lebih banyak didapatkan dari uang hasil kerja istri bahkan tidak sedikit juga semua harta gono-gini yang dimiliki adalah merupakan jerih payah sang istri.

Sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, maka kita harus menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan harta gono-gini atau yang juga dikenal dengan istilah harta bersama sehingga Anda bisa menganalisa dan mengambil kesimpulan sendiri apakah harta yang ada sekarang dapat dikategorikan sebagai harta bersama sehingga Anda berhak untuk mendapatkan bagian atau tidak.

Definisi Harta Bersama

Dalam Pasal 35 Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dijelaskan:

  1. Harta benda yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama.
  2. Harta bawaan dari masing-masing suami dan isteri dan harta benda yang diperoleh masing-masing sebagai hadiah atau warisan, adalah dibawah penguasaan masing-masing sepanjang para pihak tidak menentukan lain.

Dari pasal tersebut, maka kita dapat mengambil kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan harta bersama, yaitu: Harta kekayaan yang diperoleh selama masa perkawinan tanpa mempersoalkan siapa yang mendapatkannya dan terdaftar atas nama siapa dan bukan merupakan harta bawaan (diperoleh sebelum menikah) harta warisan atau hadiah serta selama tidak adanya perjanjian perkawinan yang dibuat oleh kedua belah pihak bahwa harta yang diperoleh selama masa perkawinan adalah tetap milik masing-masing (biasanya diperjanjikan setelah akad nikah).

Istri Gugat Cerai Apakah Dapat Harta Gono-Gini?

Menjawab pertanyaan inti pada artikel ini, tentang apakah ketika seorang istri menggugat cerai suaminya tetap berhak mendapatkan harta gono-gini atau harta bersama, maka jawabanya: Ya, istri tetap berhak atas harta gono-gini. Jadi tidak akan menjadi masalah hukum siapa yang menggugat cerai, apakah dari pihak istri ataukah dari pihak suami, kedua belah pihak tetap berhak atas harta bersama sesuai dengan bagiannya masing-masing yang bagi yang beragama Islam menurut Pasal 97 Kompilasi Hukum Islam:

Janda atau duda cerai masing-masing berhak seperdua (1/2) dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan.

Pertanyaan selanjutnya yang pernah juga saya dapat dari netizen adalah apakah pembagian harta bersama sebagaimana ketentuan pasal di atas sudah memenuhi rasa keadilan jika selama masa perkawinan suami tidak pernah memberi nafkah yang sudah menjadi kewajibannya karena tidak bekerja bahkan cenderung merugikan keuangan keluarga dan semua harta bersama yang dimiliki dibeli dari jerih payah usaha istri?

Jawabannya memang tidak memenuhi rasa keadilan. Lalu bagaimana cara menuntut keadilan dari persoalan tersebut? Tentu adalah dengan mengajukan tuntutan pembagian harta bersama dengan memohon kepada pengadilan melalui majelis hakim untuk tidak membaginya secara rata akan tetapi memberikan porsi yang lebih besar kepada istri dengan semisal 3/4 untuk istri dan 1/4 suami sebagaimana putusan Pengadilan Tinggi Agama Jakarta dengan nomor: 42/Pdt.G/2015/PTA.Jk. Mengenai dikabulkan atau tidak, maka hal itu tergantung pada pembuktian yang Anda ajukan di persidangan, apakah memang suami tidak pernah menafkahi, apakah harta bersama tersebut tidak ada satupun atau hanya sebagian kecil saja yang dibeli oleh suami.

Wajib baca: Cara, Syarat dan Biaya Gugat Cerai

Demikianlah penjelasan singkat tentang Apakah jika Istri gugat cerai ia tetap bisa mendapatkan harta Gono-gini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, saya akan sangat berterima kasih jika Anda mau membelikan segelas kopi dengan memberikan Like atau share. Terima kasih.

Share via:

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika