Cara Gugat Cerai Tanpa Surat Nikah atau Buku Nikah

By | November 6, 2019

CaraPedi.com| Pada artikel saya sebelumnya tentang cara, syarat dan biaya gugat cerai, banyak yang bertanya tentang bagaimana cara gugat cerai tanpa surat nikah. Dokumen primer atau utama yang harus dimiliki ketika Anda ingin mengajukan gugatan cerai adalah surat nikah atau buku nikah atau tepatnya disebut Kutipan Akta Nikah. Saya katakan yang paling utama karena surat nikah merupakan dasar hukum sahnya suatu perkawinan.

Penjelasan logisnya, sebelum Anda menuntut atau meminta Pengadilan untuk memutuskan atau menceraikan perkawainan Anda dengan pasangan, maka Anda harus terlebih dahulu mampu membuktikan bahwa Anda dan pasangan memang memiliki hubungan hukum yaitu suami istri yang sah. Karena jika tidak ada ikatan perkawinan, maka tidak ada yang perlu diputuskan. Sampai sini kita dapat pahami bersama bahwa surat nikah memang harus ada.

Namun dalam praktiknya, banyak sekali para calon penggugat cerai yang tidak memiliki surat nikah karena hilang, dibawa oleh pasangan atau oleh sebab yang lainnya. Lalu bagaimana cara gugat cerai tanpa buku nikah? apakah orang yang tidak punya buku nikah lantas tidak bisa bercerai? Jawabnya bisa. Caranya adalah dengan mengajukan permohonan duplikat Akta Nikah di KUA (bagi yang beragama Islam atau Dicapil (bagi yang beragama non Islam) dimana Anda mencatatkan pernikahan Anda tersebut. Syaratnya adalah sebagai berikut:

Syarat Permohonan Duplikat Akta Nikah

  1. Kartu identitas Anda seperti KTP atau pasport yang asli.
  2. Kartu KK (Kartu Keluarga).
  3. Fotocopy buku nikah jika ada.
  4. Surat kehilangan dari kantor polisi setempat.

Cara Gugat Cerai Tanpa Surat Nikah

Lantas bagaiamana jika pada saat dicek data pernikahan Anda tidak tercatat di buku register KUA atau Discapil? hal ini sering terjadi pada perkawinan yang dilakukan pada masa lalu dimana di tempat menikah belum ada KUA dan hanya ada Petugas P3NTCR, maka langkah terakhir adalah dengan mengajukan permohonan pengesahan nikah (isbat nikah) di Pengadilan Agama (Muslim) dan Pengadilan Negeri (Non Muslim).

Anda juga dapat langsung mengajukan gugatan kumulasi (gabungan) antara Permohonan Pengesahan Nikah dengan Gugatan Cerai. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu lagi mengajukan permohonan penerbitan duplikat Akta Nikah di KUA ataupun Catatan Sipil. Tapi sekali lagi hal ini hanya dapat dilakukan jika pernikahan Anda tidak tercatat di KUA maupun Dicapil.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara gugat cerai tanpa surat nikah atau buku nikah. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon berikan like dan atau share. Dan jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share via:

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika