Cara Gugat Cerai Secara Online dengan E-Court

By | November 13, 2019

cara gugat cerai secara online

CaraPedi.com| Sejak diterbitkannya Perma nomor 1 tahun 2019, kini para masyarakat pencari keadilan dapat mengajukan gugat cerai secara online melalui E-Court. Peraturan tersebut ditetapkan untuk mengakomodir hak warga negara yang akan mencari keadilan melalui lembaga Peradilan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi.

E-Court sendiri merupakan instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal:

  1. Pendaftaran perkara secara online.
    Masyarakat dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi E-Court Mahkamah Agung.
  2. Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online.
    Pendaftar dapat langsung mengetahui panjar biaya perkara yang harus dibayar setelah ditaksir oleh sistem E-Court secara otomatis.
  3. Pembayaran Panjar Biaya secara online.
    Setelah melakukan pembayaran melalui nomor rekening yang ditunjuk, pendaftar dapat langsung mengupload bukti pembayaran untuk selanjutnya diverifikasi oleh petugas.
  4. Pemanggilan secara online (via E-mail).
    Surat panggilan untuk sidang tidak perlu lagi melalui petugas pengadilan (Jurusita), melainkan dikirimkan melalui alamat Email yang didaftarkan, kecuali bagi pihak Tergugat tetap akan dipanggil langsung menggunakan surat (relaas) oleh petugas pengadilan. Pada tahapan ini, para pihak dapat menghemat biaya perkara karena memang salah satu komponen biaya perkara yang paling besar adalah dari biaya pemanggilan para pihak.
  5. Persidangan secara online
    Beberapa tahapan persidangan seperti Jawab Jinawab (jawaban atas surat gugatan, replik, duplik) Kesimpulan dan Pembacaan Putusan, masyarakat tidak perlu lagi datang menghadap ke persidangan, melainkan cukup mengurusnya via email. Akan tetapi tahapan ini baru dapat dilakukan jika pihak lawan (Tergugat/Termohon) pada sidang pertama datang dan juga menyatakan kesediaannya untuk melakuan persidangan secara elektronik. Mengenai tahapan persidangan selengkapnya, silahkan baca: Tahapan persidangan Gugat Cerai.

Dari fitur dan fungsi tersebut di atas, ada beberapa tahapan persidangan yang tidak bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi E-Court dan para pihak tetap harus datang menghadap di persidangan, seperti:

  1. Sidang pertama
  2. Pembuktian
  3. Pemeriksaan setempat (jika ada)

Beberapa hal tersebut saat ini memang tidak bisa dilakukan secara online karena berbagai macam pertimbangan terutama terkait dengan ketentuan hukum acara perdata. Namun dengan adanya E-Court ini, masyarakat sudah cukup banyak terbantu karena disamping lebih murah dari segi biaya panjar perkara dan opersional untuk datang ke persidangan, masyarakat juga mendapatkan pemangkasan proses birokrasi yang cukup signifikan.

Cara Gugat Cerai Secara Online

  1. Sebelum melakukan pendaftaran online, siapkan beberapa berkas yang akan dibutuhkan untuk mengisi kolom pendaftaran:
    • KTP
    • Buku tabungan
    • Surat Gugatan Cerai
    • Alamat Email (sangat direkomendasikan menggunakan Gmail)
  2. Saat ini, memang sudah ada aplikasi E-Court yang diluncurkan oleh Mahkamah Agung, namun untuk bisa mendaftar baik yang menggunakan kuasa hukum maupun yang tanpa kuasa hukum, pendaftaran masih harus dibantu oleh petugas pengadilan karena aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan. Jadi untuk saat ini, jika Anda ingin berperkara secara online, untuk mendaftar tetap harus datang ke Pengadilan.
  3. Setelah didaftarkan oleh petugas pengadilan, maka Anda akan diberi akun virtual (nomor rekening virtual) untuk melakukan pembayaran biaya panjar perkara secara online di ATM maupun dengan SMS atau Internet Banking. Jika Anda sudah memiliki internet atau SMS banking, maka Anda tidak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan pembayaran.
  4. Jika sudah melakukan pembayaran, maka Anda akan diberi surat gugatan dan berkas lain seperti Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) oleh petugas. Sampai di sini Anda sudah bisa pulang dan menunggu surat panggilan sidang (relaas) melalui Email. Anda juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.
  5. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berperkara secara online adalah pengiriman Jawaban, Replik, Duplik dan Kesimpulan tidak boleh melewati jam 09.00 waktu setempat pada tanggal sidang yang telah ditetapkan. Jadi sejak sidang dinyatakan ditunda, maka sejak saat itu sampai dengan tanggal sidang yang sudah ditentukan pada pukul 09.00 Anda sudah bisa mengirimkan dokumen via akun yang Anda dapatkan pada saat pendaftaran.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Gugat Cerai Secara Online dengan E-Court. Semoga bermanfaat. Jika ada hal lain yang masih belum Anda pahami, silahkan tulisakan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Subscribe
Kabari saya jika
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments