Cara Menambahkan Lokasi File pada Dokumen Word

cara menambahkan lokasi file pada word

CaraPedi.com| Artikel cara menambahkan lokasi file pada dokumen word ini berawal dari pengalaman pribadi saya ketika saya menanyakan kepada rekan kerja di kantor dimana ia menyimpan soft copy dari sebuah print out formulir Akreditasi Penjaminan Mutu untuk saya edit karena masih terdapat kesalahan. Tapi karena mungkin terlalu banyak dokumen dan folder yang sudah dia buat, meskipun sudah berusaha mencari kesana kemari, dokumen tersebut tidak kunjung didapatkan juga dan akhirnya dengan terpaksa saya harus membuatnya lagi dari awal. Jika hal ini sering terjadi, maka tentu berpotensi memperlambat kinerja kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu solusi untuk mengatasi kendala semacam itu adalah dengan cara menambahkan alamat atau lokasi file tersebut disimpan pada setiap dokumen yang kita buat. Sehingga kita bisa mengetahui dengan mudah di komputer mana dan di folder mana dokumen tersebut disimpan dengan melihatnya pada print out dokumen tersebut. Selengkapnya, silahkan ikuti cara di bawah ini.

Cara Menambahkan Lokasi File pada Dokumen Word

  1. Silahkan buka dokumen word yang akan diprint out > Kemudian letakkan kursor pada lokasi dimana Anda akan menambahkan informasi alamat atau lokasi folder tempat file dokumen tersebut disimpan. Info alamat atau lokasi file tersebut bisa kita letakkan di footnote atau bisa juga di halaman terakhir dokumen dengan font size kecil (biasanya 6 atau 7) atau bisa juga seperti yang saya lakukan yaitu di halaman sebaliknya. Jika menggunakan cara seperti yang saya lakukan, maka Anda harus menambahkan halaman baru di file tersebut dengan cara menekan enter sampai terbuka halaman baru yang masih kosong > lalu masukkan info alamat atau lokasi file > kemudian print di balik atau punggung dokumen yang dimaksud.
  2. Setelah terbuka kemudian pilih menu Insert yang terdapat di atas tampilan Microsoft Word Anda > pilih Quick Part > klik Field.
  3. Lalu pilih FileName pada kolom Field Names > Centang add path to filename > dan klik Ok seperti terlihat pada langkah-langkah yang terdapat pada gambar di bawah ini.
  4. Maka lokasi File dari dokumen Anda akan muncul. Kata yang muncul di awal merupakan nama PC atau komputer (lihat gambar di bawah). Jadi Anda akan langsung mengetahui di komputer mana dokumen tersebut disimpan. Lalu kata-kata yang terdapat di belakangnya adalah rentetan nama folder dan terakhir adalah nama file.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menambahkan atau memasukkan alamat atau lokasi file pada word yang tersimpan dalam sebuah komputer. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon share kepada teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.

Share via:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika