Cara Mengawasi HP Anak dan Melacak Lokasinya dari Jauh

By | Agustus 26, 2019

cara memantau dan mengawasi hp anak

CaraPedi.com| Cara Memantau atau Mengontrol HP anak dari jauh – Gadget saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Boleh dibilang kita tidak akan tenang jika tidak pegang HP barang satu hari saja. Wajar karena selain sebagai alat komunikasi dan sosialisasi melalui sosial media, HP juga dijadikan sebagai media untuk mencari hiburan dengan bermain game baik offline maupun online seperti free fire dan PUBG.

Namun, selain memiliki banyak fungsi, HP juga dapat memberikan dampak negatif jika penggunaannya tidak terkontrol dan bijaksana terutama jika penggunanya adalah anak-anak di bawah umur. Hal ini menjadi dilema bagi orang tua jika buah hatinya memaksa ingin menggunakan atau memiliki HP, antara kasihan dan juga khawatir terhadap dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Nah, agar tidak tidak lagi menjadi dilema ketika ingin membelikan anak HP terutama yang masih di bawah umur, sebaiknya sebagai orang tua harus rutin memantau untuk memonitoring HP anak langsung dari HP orang tua dengan menggunakan aplikasi Family Link.

Saya sendiri menggunakan aplikasi ini karena saya terpaksa harus mempercayakan anak saya untuk menggunakan handphone agar saya bisa berkomunikasi dari jauh. Pada handphone anak, pada jam-jam tertentu saya setting akan mati dengan sendirinya, untuk mengajarkan disiplin dan menghargai waktu. Di samping itu, setiap anak saya akan menginstal aplikasi, saya mendapatkan notifikasi pada handphone saya, dan baru akan terinstal secara otomatis jika saya menekan tombol izinkan. Saya juga bisa mengecek lokasi anak saya kapanpun selama handphone tersebut aktif dan terhubung dengan internet.

Fitur Family Link Selengkapnya:

  1. Melihat aktivitas HP anak beserta durasi penggunaannya
  2. Memproteksi anak dari aplikasi Dewasa
  3. Memproteksi anak dari konten dewasa pada Youtube
  4. Menjaga anak dari konten dewasa pada mesin pencarian (browser)
  5. Mengontrol waktu penggunaan HP
  6. Mengunci HandPhone anak
  7. Melacak Posisi HP Anak secara akurat
  8. Dan masih banyak fitur lainnya.

Cara Mengontrol HP Anak dari Jauh

  1. Pertama-tama siapkan handphone yang akan digunakan untuk mengontrol (HP orang tua) dan hp yang akan dikontrol (HP anak) dan pastikan kedua handphone tersebut terhubung dengan jaringan internet.
  2. Instal aplikasi Family Link for parents atau Familiy Link untuk orang tua dari playstore pada HP orang tua.
  3. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan klik tombol plus (+) yang terletak pada kanan atas layar > Lalu pilih Yes jika HP anak Anda sudah memiliki akun GMail (jika HP anak Anda sudah bisa digunakan untuk download aplikasi dari playstore, berarti sudah ada emailnya) > kemudian tekan NEXT > sehingga muncul halaman seperti terlihat di bawah ini:
    cara memantau hp anak dari jauh
  4. Berikutnya, buka playstore dari HP anak, kemudian cari dan instal Family Link for Children atau Family Link untuk anak. Jika sudah terinstal, kemudian buka atau jalankan aplikasi tersebut > klik tombol Perangkat ini > sehingga muncul halaman seperti terlihat di bawah ini. Masukkan 9 kode yang muncul pada handphone orang tua seperti terlihat pada gambar langkah nomor 4 di atas, maka secara otomatis akan terhubung dengan sendirinya.
    cara mengawasi hp anak dari jauh
  5. Ikuti terus langkah demi langkah yang muncul. Jika sudah selesai, maka Anda bisa mulai melakukan pengaturan secara lebih lanjut dengan menekan tombol View atau Lihat yang terletak di dasar layar lalu silahkan setting pengawasan pada handphone anak Anda dengan menekan menu Manage Setting atau Kelola Setelan.
    cara mengawasi hp anak
  6. Pada menu pengaturan tersebut Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia seperti yang sudah saya jabarkan pada awal tulisan ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengontrol atau memantau hp anak dari jauh menggunakan handphone kita. Semoga bermanfaat. Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, share kepada teman atau kerabat lain yang membutuhkan demi untuk menjaga generasi muda kita dari pengaruh negatif dunia maya. Terima kasih.

Share via:

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika