Tes CPNS Dibuka Lagi Maret 2019, Ini Jadwal dan Formasinya

cpns 2019

CaraPedi.com| Setelah pengumuman seleksi P3K untuk para Guru Honorer, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian yang rencana akan dibuka di bulan Februari 2019, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan kembali merekrut pegawai pemerintah dengan membuka melalui jalur Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Maret 2019 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin memastikan adanya seleksi CPNS 2019 sesaat sebelum melakukan rapat evaluasi penerimaan CPNS tahun 2018 bersama Komisi II DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Tidak seperti pelaksanaan rekruitmen CPNS pada tahun 2018 dengan jumlah penerimaan sebanyak 238.015, pada rekruitmen CPNS yang akan digelar Maret 2019 ini, Pemerintah berencana hanya akan merekrut sebanyak 100.000 untuk berbagai formasi yang sama dengan CPNS tahun 2018. Sedangkan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja belum diketahui jumlah formasi yang disediakan.

Pemerintah memang belum mengumumkan Syarat dan Ketentuan mengikuti tes CPNS 2019 secara resmi, namun jika merujuk pada persyaratan tes CPNS tahun 2018, maka berikut ini persyaratannya:

Sesuai Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017, setiap warga Negara Indonesia (WNI) berhak untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi 10 (sepuluh) persyaratan sebagai berikut:

  1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.

Terlepas dari persoalan politik jelang Pilpres 2019, yang jelas pembukaan tes CPNS ini memberi angin segar bagi para pencari kerja terlebih bagi peserta tes CPNS tahun 2018 yang merasa kurang beruntung karena hanya kurang beberapa poin lagi untuk bisa lulus passing grade.

Masih ada satu bulan lebih tersisa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS Maret 2019, oleh karena itu perbanyaklah Latihan Tes CPNS terutama soal Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Terima kasih bagi yang share informasi ini, saya berdoa semoga Anda ataupun saudara yang Anda share dapat lulus untuk menjadi PNS. Amiin 🙂

Share via:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika