PHP, Ternyata ini Formasi Calon PPPK yang akan Diterima

Jakarta (15/01/2019), Jelas sudah teka-teki formasi yang akan dibuka untuk tes seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ternyata tidak diperuntukkan untuk umum. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan kepada pers di Komplek Kepresidenan Jakarta pada Jum’at yang lalu (11/01) bahwa seleksi CPPPK yang akan segera dibuka ini hanya diperuntukkan untuk Guru Honorer Kategori 2 (K2).

Keputusan mengenai perubahan status tes calon PPPK dari terbuka untuk umum menjadi tertutup dan khusus hanya untuk Guru Honorer K2 merupakan hasil koordinasi dengan instansi terkait dan Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut menyatakan lebih lanjut bahwa Guru Honorer K2 yang tercatat di database BKN sejumlah 159 ribu tersebut akan diundang by name dan by address untuk mengikuti tes seleksi CPPPK. Jadi untuk mengetahui siapa saja yang berhak untuk mengikuti tes, calon peserta tes PPPK harus melihat apakah namanya masuk dalam daftar atau tidak.

Sedangkan nasib guru honorer lainnya yang tidak masuk dalam K2, Muhadjir menegaskan bahwa pihaknya tetap akan memperhatikan nasib mereka. Saat ini, pemerintah tengah menuntaskan persoalan honorer secara bertahap. Proyeksinya, persoalan semua guru honorer akan selesai di tahun 2023. Oleh karenanya ia menghimbau agar sekolah-sekolah tidak lagi menerima guru Honorer karena jika terus-terusan menerima tenaga Honorer yang baru, persoalan ini tidak akan selesai-selesai dan rencana pemerintah untuk melakukan seleksi dengan mekanisme yang lebih sistematis menjadi terkendala.

Dikonfirmasi mengenai pelaksanaan tes Calon PPPK, Muhadjir mengaku saat ini sedang dalam tahap proses persiapan dan kemungkinan sudah dapat dilaksanakan pada awal Februari 2019.

Share via:
Tagged , , . Bookmark the permalink.