Cara Upgrade/Downgrade Versi WordPress secara Otomatis

By | Desember 25, 2018

CaraPedi.com| Cara Upgrade/Downgrade Versi WordPress secara Otomatis Paling Mudah – Bagi seorang blogger dengan platform WordPress kita tentu tidak bisa terlepas dari upgrade dan downgrade versi wordpress. Untuk upgrade versi wordpress tentu kita tidak akan mengalami kesulitan karena kita cukup menuju menu Dashbroad > Pembaharuan > lalu tekan tombol Perbaharui Sekarang > tunggu beberapa saat dan tara.. Anda sudah mendapatkan versi WordPress terbaru.

Masalah yang timbul kemudian biasanya, ada beberapa plugin yang kemudian tidak kompatibel atau tidak cocok sehingga terjadi error karena pengembang plugin belum melakukan update untuk menyesuaikan dengan versi wordpress terbaru. Atau kalaupun tidak bermasalah dengan plugin yang terinstal, kadang kita belum siap dengan tampilan wordpress yang baru. Seperti versi wordpress terbaru 5.0.2 yang menurut saya tampilan dasbhoard menulis artikel membingungkan karena mungkin masih terdapat bug atau mungkin juga karena saya yang belum familier sehingga saya memutuskan untuk down grade ke versi sebelumnya yaitu 4.9.8.

Ada banyak artikel yang mengulas tentang bagaimana cara downgrade wordpress secara manual. Boleh-boleh saja jika Anda ingin melakukan secara manual, akan tetapi jika Anda tidak yakin dan takut malah terjadi error, sebaiknya Anda melakukannya dengan cara yang lebih simpel seperti yang akan saya share berikut ini. Namun tentunya, sebelum melakukan downgrade, pastikan Anda sudah melakukan backup terlebih dahulu agar ketika terjadi error Anda dapat restore ke database sebelum didowngrade. Untuk cara restorenya silahkan baca:

Cara Restore Backup WordPress di Cpanel paling Mudah

Cara Downgrade Versi Wordpess Secara Otomatis

  1. Pertama-tama login ke dashboard blog wordpress Anda. Kemudian pilih menu Plugin > pilih Tambah Baru > ketik: Wp Downgrade.
  2. Kemudian instal dan aktifkan. Lalu pilih menu Pengaturan/Setting > lalu pilih plugin Wp Downgrade sehingga terbuka setting untuk memilih versi wordpress yang Anda inginkan. Pada contoh di bawah ini saya ingin downgrade dari versi 5.0.2 yang terinstal ke versi 4.9.8 > jika sudah diisi dengan versi wordpress yang Anda inginkan > lalu klik tombol Simpan Perubahan. Untuk melihat daftar versi wordpress silahkan kunjungi daftar versi wordpress.
    cara downgrade wordpress otomatis
  3. Proses downgrade masih belum selesai. Jadi setelah langkah kedua di atas, kemudian buka menu Pembaharuan pada dashbroad dan klik tombol Pasang Ulang Sekarang. Maka sistem akan otomatis mendownload dan melakukan pembaharuan dengan versi wordpress yang sudah Anda tentukan. Selesai.
    cara upgrade/downgrade wordpress otomatis

Bagaimana? mudah bukan? Demikianlah cara upgarade/downgrade versi wordpress secara otomatis tanpa ribet. Semoga bermanfaat, jika Anda menyukai artikel ini, mohon berikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Dan pastikan Anda mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru carapedi dengan mengikuti fan page facebook saya. Terima kasih.

Share via:

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika