5 Cara Mengatasi Download Tertunda di Google PlayStore Termudah

download tertunda di google playstore

CaraPedi.com| Bagi yang hobi download aplikasi di google playstore tentu pernah mendapati pesan download tertunda. Hal ini tentu menjengkelkan terutama jika nyata-nyata smartphone kita tidak sedang mendownload aplikasi lain dan kapasitas memori yang kita miliki juga masih banyak. Saya sendiri pernah mengalami hal ini terutama ketika sedang update aplikasi terbaru dan beberapa cara yang saya dapatkan dari internet tidak juga dapat menyelesaikan masalah ini. Yang jelas, eror ini terjadi bukan karena merk smartphonenya karena kejadian ini juga sempat terjadi pada hp xiaomi, samsung dan Asus saya. Bahkan hp teman saya merk Advan dan Vivo pun pernah mengalaminya. Sampai akhirnya, saya menemukan sendiri salah satu cara mengatasi download tertunda di Google Playstore. Berikut ini saya paparkan beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba satu persatu hingga menemukan cara yang relevan termasuk cara termudah yang saya temukan sendiri:

Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore

  1. Scroll Down Halaman.
    Sebelum melakukan setting atau pengaturan lainnya untuk mengatasi masalah download tertunda di Google Playstore, sebaiknya Anda coba cara yang saya temukan sendiri yaitu dengan scroll down atau menggulir atau menggeser tampilan halaman deskripsi aplikasi sampai mentok ke bawah. Pada kasus hp Xiaomi saya, cara ini berhasil dan cara ini sudah saya sering lakukan ketika instal atau update aplikasi lainnya jika terdapat masalah download tertunda. Saya tidak tahu apa alasan pastinya, tapi bisa jadi pengembang ingin kita membaca deskripsi dan syarat ketentuan dalam menggunakan aplikasi.
  2. Restrart Jaringan.
    Cara termudah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan restrart jaringan handphone Anda. Caranya cukup mudah, buka menu settingan handphone Anda, lalu matikan jaringan dengan menekan tombol flight mode > kemudian hidupkan lagi dengan menekan tombol flight mode sekali lagi.
  3. Bersihkan Cache.
    Jika kedua cara tersebut di atas tidak mempan juga, bersihkan atau hapus cache pada aplikasi Google Playstore Anda. Apakah cara ini berbahaya? tidak, karena ketika kita bersihkan cache sama halnya kita membuang sampah pada memori sehingga tidak akan merusak sistem kerja handphone Android kita. Caranya pun cukup mudah, pertama masuk ke menu Setelan/Pengaturan/Setting > kemudian pilih Aplikasi > Google Play > Bersihkan Cache.
  4. Lihat Daftar Antrian Update.
    Defaultnya (setting bawaan), sistem akan melakukan update secara otomatis terhadap aplikasi-aplikasi yang terinstal ke versi terbaru jika handphone terhubung jaringan wifi. Ada juga yang sudah disetting tidak menggunakan wifi ketika melakukan update secara otomatis. Oleh karena itu, jika muncul masalah ini, segera apakah ada aplikasi yang sedang mendownload pembaharuan atau tidak. Caranya buka Google Play Store > tap/sentuh tiga baris di sudut kiri atas > pilih Aplikasi & Game saya > pilih tab Pembaharuan, jika ada yang sedang dalam proses download, maka silahkan klik tanda silang pada semua aplikasi untuk menghentikannya agar aplikasi yang Anda ingin download tidak menunggu antrian.
  5. Restart Handphone.
    Upaya berikutnya jika masih gagal juga adalah dengan menghidupkan ulang atau restrart Handphone Anda. Cara ini

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi download tertunda di Google PlayStore. Semoga membantu dan jika Anda menyukai tips ini mohon share dengan menekan tombol like, twit atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share via:
Tagged , , , . Bookmark the permalink.