Cara Kirim File dari Laptop ke HP via Whatsapp – Tanpa Kabel

cara kirim video dari laptop ke hp

CaraPedi.com| Cara Kirim File dari Laptop ke HP via Whatsapp – Bagi seorang pelajar, mahasiswa, pegawai atau karyawan kantor tentu kita tidak bisa lepas dari dua buah gadget ini, yaitu handphone dan notebook atau laptop. Nah, terkadang kita ingin mengirimkan sebuah file baik itu berupa dokumen (pdf, word), foto maupun video dari laptop ke hp agar bisa dikirimkan ke teman atau grup whatsapp ataupun untuk dijadikan foto profil whatsapp. Apapun itu tujuannya, yang jelas pada kita pasti pernah – atau saya yakin suatu saat – mengalami kondisi dimana kita harus secepatnya mengirim file dari yang kita simpan di laptop ke HP sementara kita membawa kabel data.

Cara yang akan saya share ini adalah cara tercepat tanpa harus instal aplikasi tambahan karena menggunakan Whatsapp yang sudah bisa dipastikan Anda semua sudah memilikinya. Hanya saja karena cara ini menggunakan media Whastapp, maka tentu kita membutuhkan data atau jaringan internet di kedua gadget yang akan mengirim dan menerimnya. Jika ternyata file yang dikirimkan terlalu besar karena berupa video yang berukuran hingga ratusan megabyte atau bahkan gigabyte, maka sebaiknya jangan gunakan cara ini karena tentu akan menguras kuota internet Anda. Lalu menggunakan apa? Anda bisa menggunakan aplikasi shareit. Caranya bisa dibaca di artikel saya sebelumnya:

Cara Kirim File dari Laptop ke HP via Whatsapp

  1. Pastikan kedua gadget yaitu HP dan Laptop yang akan mengirim dan menerima file terhubung dengan jaringan internet. Jika tidak ada wifi, maka Anda bisa menggunakan hotspot hp Anda untuk sambungkan dengan jaringan Laptop.
  2. Jika laptop sudah tersambung dengan hotspot HP, selanjutnya kunjungi web.whatsapp.com dari Laptop Anda sehingga terbuka jendela seperti ini:
    cara kirim file dari laptop ke hp
  3. Kemudian buka aplikasi whatsapp di handphone Anda, lalu tap/sentuh menu setting (titik tiga vertikal) pada menu utama Whatsapp > lalu pilih  menu WhatsApp Web sehingga muncul menu Pindai. Arahkan kotak pindai ke kode barcode yang ada di laptop Anda seperti gambar di bawah ini:
    cara kirim foto dari laptop ke hp tanpa kabel data
  4. Jika sudah berhasil terpindai, maka Anda bisa mulai mengirimkan file berupa dokumen, foto, video atau lainnya dengan mengirimkan pesan melalui chatting dengan orang lain atau akun whatsapp Anda yang lainnya.
    cara kirim foto dari laptop ke hp
    Note: untuk kirim musik berekstensi .mp3 dan lainnya, gunakan pilihan “dokumen” karena pilihan yang pertama hanya bisa mendeteksi foto dan video saja.

Cara ini biasanya juga saya gunakan untuk mengirim hasil foto liburan yang saya ambil dari HP untuk saya upload ke blog wisatapedi.com saya atau sekedar untuk saya simpan di laptop agar saya bisa menghapus yang ada di hp sehingga bisa menghemat penyimpanan pada memori hp saya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengirim file dari laptop ke hp tanpa menggunakan kabel data dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share via:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika