Cara Aktivasi Opsi Pengembang Android Xiaomi, Samsung dan Asus

cara mengaktifkan opsi pengembang hp android debugging

CaraPedi.com| Cara aktivasi fitur Opsi Pengembang pada semua jenis HP Android baik itu Xiaomi, Samsung, Asus dan lainnya pada dasarnya sama saja. Hanya tiap merk smartphone memiliki penempatan menu yang berbeda-beda.  Namun sebelum mengaktifkan fitur Opsi Pengembang pada Android, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi Opsi Pengembang di smartphone android:

  • Menampilkan lokasi sentuhan dan lokasi pointer.
  • Menonaktifkan efek animasi agar loading HP menjadi lebih cepat.
  • Mengaktifkan USB Debugging untuk proses pengembangan aplikasi.
  • Menampilkan penggunaan CPU.
  • Dan lain sebagainya.

Pada artikel sebelumnya saya posting tutorial cara menampilkan layar Android di laptop atau pc komputer. Nah cara ini baru bisa dilakukan jika kita sudah mengaktifkan opsi pengembang dan USB Debugging di handphone Android kita. Itu salah satu contoh manfaat dari kita mengaktifkan opsi pengembang.

Cara Aktivasi Opsi Pengembang Android Xiaomi, Samsung dan Asus

  1. Buka menu “Setting” atau “Pengaturan” pada handphone Anda.
  2. Jika sudah ketemu cari menu: “Tentang Perangkat” pada hp Xiaomi dan Samsung atau “Tentang Ponsel” pada HP Asus. Jika belum ketemu juga, gunakan kolom pencarian dengan mengetikkan kata: “tentang” maka akan muncul menu Tentang Ponsel/Perangkat.
  3. Pada HP Xiaomi, ketuk menu Versi MIUI beberapa kali sampai muncul pesan: “Selamat, Anda sudah menjadi pengembang” atau “Tidak perlu, Anda sudah menjadi pengembang”. Selesai.
    cara mengaktifkan opsi pengembang hp xiaomi
  4. Pada HP Samsung, setelah klik menu Tentang Perangkat > lalu klik menu Info Prkt Lunak > kemudian klik beberapa kali pada menu: “Nomor Versi” hingga muncul pesan pop up yang bertuliskan “Mode Pengembang telah diaktifkan” seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara mengaktifkan opsi pengembang di hp samsung debugging
  5. Pada HP Asus, setelah masuk ke menu: “Tentang Ponsel” > pilih menu: Informasi Perangkat Lunak > Lalu ketuk beberapa kali pada menu: Nomor Bentukan sehingga muncul pesan bahwa Mode Pengembang telah aktif.
    cara mengaktifkan opsi pengembang pada hp asus debugging

Selesai, sekarang menu opsi atau pilihan pengembang telah muncul dan Anda bisa melakukan berbagai macam aktifasi seperti debugging dan lain sebagainya. Untuk mencari menu opsi pengembang, Anda bisa masukkan kembali kata: “Pengembang” di kolom pencarian search. Dan beginilah kurang lebih tampilan opsi atau pilihan pengembang pada hp Xiaomi saya:

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang pada HP Xiaomi, Samsung dan Asus. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka dengan tutorial ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau komentar untuk sekedar ganti kopi teman nulis artikel lainnya. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika