Tips Menjaga Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis

tips membangun rumah tangga harmonis dan bahagia

CaraPedi.com| Tips Menjaga Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia – Membangun sebuah rumah tangga memang bukan perkara yang mudah karena kedua pasangan harus pintar-pintar menyatukan dua hati dan pikiran yang sering kali berbeda untuk bisa membuat rumah tangga tetap langgeng. Tidak sedikit yang pada akhirnya harus berakhir dengan perceraian tapi banyak juga yang tetap langgeng sampai akhir hayat. Lalu kira-kira apa sajakah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga rumah agar tetap harmonis dan bahagia? Berikut ini saya coba rangkum beberapa tips dari berbagai sumber dan juga hasil wawancara dari beberapa responden yang menurut saya rumah tangganya terlihat selalu rukun dan harmonis.

Tips Menjaga Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia

  1. Lebih Banyak Memberi daripada Menuntut.
    Statistik berbicara bahwa dari sekian banyak penyebab perceraian pada dasarnya disebabkan oleh adanya sifat egoisme atau lebih mementingkan diri sendiri. Padahal terkadang kita secara tidak sadar ternyata juga lebih sering meminta atau menuntut daripada melakukan kewajiban yang sudah menjadi hak pasangan kita. Jadi usahakanlah untuk lebih banyak memberi daripada menuntut, dengan begitu maka pasangan kita pun akan dengan sendirinya memberikan hak kita tanpa kita minta sekalipun. Atau setidaknya jika kita meminta, ia akan sulit untuk menolak karena kewajiban-kewajiban yang menjadi haknya sudah kita penuhi. Jadi yang perlu diingat ketika kita ingin menuntut: sudahkah kita melakukan kewajiban kita sebagai suami atau istri? Terakhir, jika kita sudah berusaha melakukan kewajiban kita sebagai suami atau istri namun pasangan tidak membalasnya, niatkanlah bahwa apa yang kita lakukan untuk pasangan kita semata-mata untuk mencari ridho Tuhan yang Maha Esa, Allah swt.
  2. Selalu Memaafkan.
    Sifat dasar manusia adalah tidak mau disalahkan meskipun nyata-nyata dia bersalah. Oleh karena itu, ketika pasangan kita melakukan kesalahan, maka jangan terburu-buru menyalahkan atau bahkan memarahinya. Selalu ingatkan diri Anda sendiri bahwa pasangan Anda bukan malaikat yang tidak pernah melakukan kesalahan terlebih jika kesalahan itu memang tidak sengaja ia lakukan, begitu juga dengan Anda yang pasti sadar atau tidak pernah atau bahkan sering melakukan kesalahan terhadap pasangan Anda. Cobalah untuk menenangkan diri Anda dengan selalu berfikir positif bahwa sebenarnya pasangan Anda berniat untuk melakukan hal yang baik, hanya karena memang niat baik tidak selalu sejalan dengan kenyataan. Jadi jika pasangan Anda melakukan kesalahan, cobalah untuk berfikir “ya sudahlah, semua yang terjadi di dunia ini, tidak terlepas dari campur tangan Tuhan, semua itu terjadi atas kehendakNya”, tinggal bagaimana ke depannya supaya tidak terulang kembali.
  3. Jangan Merasa Benar Sendiri.
    Saya banyak mendengar curhatan dari pasangan yang akan bercerai. Setelah saya pahami, ternyata kebanyakan perselisihan dan pertengkaran yang terjadi di antara pasangan suami istri karena masing-masing selalu mengganggap dirinya yang paling benar. Padahal, mau tidak mau harus diakui bahwa suami istri adalah pasangan atau satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan saling melengkapi. Artinya, jika salah satu pihak melakukan kesalahan, sekecil apapun itu pasti ada andil dari pasangannya. Jadi jika terjadi pertengkaran, cobalah untuk instropeksi diri dan mau mengakui kesalahan kita sendiri.
  4. Perbanyak Mendengar daripada Bercerita.
    Terkadang ketika ada seseorang yang bercerita kepada kita (curhat) tentang masalah yang sedang ia hadapi bukan berarti ia ingin minta bantuan atau minta solusi kepada kita. Bahkan mungkin ia sadar betul bahwa kita tidak dapat membantu untuk memecahkannya. Lalu apa maksudnya ia bercerita? kemungkinan besar ia hanya minta dukungan bahwa sebenarnya ia ada diposisi yang benar sehingga ia lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalahnya. Oleh karena itu, berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik untuk pasangan Anda.
  5. Luangkan Waktu untuk Berdua Saja.
    Seperti namanya, hati manusia selalu berbolak-balik (qolbun dalam bahasa arab juga berarti bolak-balik). Artinya pada saatnya hati kita tergoda oleh laki-laki atau wanita lain, atau karena ada hal yang tidak kita sukai, kemudian perasaan cinta kita terhadap pasangan semakin lama semakin tergerus oleh waktu. Oleh karena itu, agendakan waktu secara rutin untuk bepergian berdua saja dengan pasangan Anda seperti menginap di hotel atau menonton film romantis. Film secara emosional dapat mempengaruhi psikologis penontonnya, sehingga bisa menggerakkannya untuk mengikuti pesan atau adegan-adengan yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, jika Anda menonton film berdua maka pastikan Anda memilih film yang bergenre romantis seperti Habibie dan Ainun dan lain-lain yang mengajarkan bagaimana memperlakukan pasangan dengan baik.
  6. Membangkitkan Kenangan Indah.
    Di saat-saat berdua, cobalah untuk membangkitkan kembali kenangan-kenangan manis pada saat dulu masih ta’arufan. Bagaimana dulu mula-mula Anda dan pasangan bertemu, kemudian janjian lalu berkirim pesan setiap saat untuk sekedar mengingatkan sudah makan atau belum, lagi ngapain dan lain sebagainya. Saat-saat indah itulah yang akan membangunkan kembali ingatan Anda dan pasangan akan janji-janji untuk saling setia dan membahagiakan satu dengan yang lainnya. Dari situlah kita bisa berharap bahwa pasangan kita akan kembali mencoba memulai lagi sikap-sikap yang baik dan perhatian yang dulu pernah diberikannya.
  7. Beribadah Bersama.
    Bagi umat Islam, selain untuk mendekatkan diri kepada Allah swt, shalat berjamaah kemudian diikuti berdoa bersama dengan pasangan bisa menjadi media untuk memperkuat ikatan batin di antara keduanya. Oleh karena itu, usahakanlah selalu mengajak pasangan Anda untuk shalat berjamaah di rumah, tentu akan semakin terasa harmonis juga jika anak-anak Anda juga ikut berjamaah bersama-sama.
  8. Buatlah Kebiasaan yang Romantis.
    Kebiasaan-kebiasaan baik yang romantis seperti cium tangan suami atau bahkan cium pipi sebelum salah satunya pergi dapat semakin merekatkan perasaan sayang dan cinta antara kedua pasangan. Atau jika Anda adalah seorang istri, maka cobalah untuk bersifat manja kepada suami untuk mencuri perhatiannya di saat-saat senggang.

Demikianlah sedikit tips menjaga rumah tangga agar selalu bahagia dan harmonis. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial lainnya dengan memberikan like, twit atau jika Anda mempunyai tips lainnya, ayo berbagi dengan yang lain dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

avatar
  Subscribe  
Kabari saya jika