Ternyata Begini Trik Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

CaraPedi.com| Trik Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah – Berpergian dengan menggunakan pesawat terbang saat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh orang-orang berkantong tebal saja. Pesatnya perkembangan industri maskapai di tanah air membuat para penyedia jasa penerbangan kini berlomba-lomba menurunkan harga tiket pesawat demi untuk mendapatkan penumpang. Bahkan jika seandainya dulu tidak ada aturan tentang harga dasar tiket pesawat dari kementerian perhubungan, mungkin kita sekarang masih bisa mendapatkan tiket promo dengan harga sangat murah. Bagi yang tidak terbiasa membeli tiket pesawat tidak jarang mereka akan membelinya di agen penjualan tiket pesawat secara langsung (off line). Padahal jika dicari lagi secara online dengan berbagai trik, tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah.

Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi tips dan trik cara mendapatkan tiket pesawat murah yang saya dapatkan dari berbagai sumber plus beberapa pengalaman pribadi saya dalam membeli tiket dan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Trik Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

  1. Hindari High Season
    Hal pertama yang sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat adalah tanggal atau jadwal penerbangannya. Pada hari-hari dimana masyarakat banyak yang keluar untuk berlibur, atau bepergian, seperti pada weekend (sabtu-minggu), apalagi long weekend, dan perayaan hari besar umat beragama, serta libur lainnya, maka pada saat itulah seluruh maskapai memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan sebanyak-banyaknya karena dari situlah mereka dapat menutup biaya operasional yang pada hari-hari sepi penumpang sehingga perusahaan mereka tetap dapat beroperasi. Jadi jika tidak mendesak, maka pilihlah hari di luar hari jumat hingga minggu.
  2. Jangan Booking Terlalu Dekat
    Meskipun duduk bersebelahan, belum tentu harga tiket yang didapatkan sama. Hal ini karena setiap penerbangan memiliki jatah beberapa kursi dengan harga dasar. Jika jatah tersebut sudah habis, maka mereka akan menaikkan harga tiket selebihnya. Bahkan jika permintaan pasar tinggi, dalam satu hari harga bisa naik hingga 2 sampai 3 kali. Jadi jika ingin harga murah, maka pastikan Anda memesan tiket minimal 1 minggu sebelum jadwal penerbangan. Tapi jika jadwal penerbangan Anda merupakan tanggal dimana dipastikan penumpang membludak seperti tanggal-tanggal menjelang hari raya atau tahun baru, pesanlah minimal 3 minggu sebelumnya.
  3. Pantau Harga Tiket
    Harga tiket pesawat sulit untuk diprediksi, jadi sering-seringlah memantau harga tiket secara online karena tidak menutup kemungkinan ada juga penumpang dengan harga dasar tiket me-rescedule (merubah tanggal penerbangan) atau membatalkan penerbangannya, sehingga tiket dengan harga dasar tersebut dibuka kembali. Jika Anda punya aplikasi Traveloka misalnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Notifikasi Harga yang dapat memberi tahu kita (memberi notifikasi) jika harga tiket sedang mengalami penurunan.
  4. Kombinasi Maskapai
    Jika Anda bepergian jauh dan harus transit di satu atau beberapa bandara, maka Anda bisa menggunakan kombinasi maskapai untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sebagai contoh, saya melakukan simulasi pemesanan tiket pada tanggal dan tujuan yang sama. Tiket dengan penerbangan menggunakan maskapai yang sama lebih mahal jika dibandingkan dengan kombinasi maskapai yang berbeda. Tapi pastikan jeda antara jam tiba pesawat pertama di bandara transit dengan penerbangan lanjutan minimal 2 jam agar Anda memiliki cukup waktu untuk melakukan pindah pesawat karena jika sampai terlalu mepet, Anda bisa ketinggalan pesawat lanjutan dan karena menggunakan maskapai yang berbeda yang berarti jika Anda ketinggalan, maka tidak ada tanggungjawab dari kedua belah pihak maskapai pertama maupun lanjutan. Tapi dari puluhan atau mungkin sudah ratusan kali saya membeli tiket kombinasi, mungkin hanya 1 kali saja saya ketinggalan pesawat.
    cara beli tiket pesawat murah
  5. Beli Tiket Rombongan Secara Terpisah
    Jika Anda berangakat dengan keluarga atau rombongan, cobalah melakukan booking dua kali dengan membeli sekaligus dan terpisah. Jika beruntung, maka Anda bisa mendapatkan tiket lebih murah dengan membeli secara terpisah karena menurut sumber terpercaya, tempat duduk dekat dengan baling-baling atau sayap biasanya lebih murah. Artinya jika Anda beli 5 sekaligus, dan yang tersisa hanya 2, maka rombongan Anda akan dialihkan ke kursi lain yang masih kosong yang memungkinkan untuk didudukkan dalam satu baris atau berdekatan.
  6. Hunting Promo
    Banyak agen penjual tiket dan bank-bank penyedia kartu kredit yang menawarkan promo harga tiket dengan menyediakan potongan dari mulai Rp.100.000,- hingga Rp.400.000,-. Jadi sebelum membeli tiket pesawat, sebaiknya hunting dulu promo tiket pesawat di mesin penelusur seperti google.com, dengan demikian Anda bisa mendapatkan harga tiket yang murah.

Demikianlah artikel singkat tentang trik bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share di jejaring sosial dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar teman Anda juga bisa mendapatkan informasi ini. Terima kasih.

Share yuk:
Bookmark the permalink.

Komentar

avatar
  Subscribe  
Kabari saya jika