Cara Membuat Banner Spanduk Keren dengan Coreldraw

CaraPedi.com| Cara Membuat Banner Spanduk Keren dengan Coreldraw – Saat ini membuat banner atau spanduk keren dengan corel bukan hal yang sulit. Cukup dengan menguasai teknik dasar saja kita sudah bisa membuat desain banner atau spanduk terlihat profesional. Sehingga wajar jika banyak percetakan banner menawarkan desain banner gratis untuk menarik pelanggan karena dengan tehnik yang akan saya share ini membuat banner bisa kita lakukan hanya dalam hitungan menit saja.

Tidak seperti tutorial lainnya, tehnik yang akan saya share ini tidak perlu lagi mendesain background secara manual dari nol, melainkan kita download background banner atau spanduk secara gratis. Jadi tidak masalah apakah corel yang Anda gunakan adalah coreldraw x5, x6 ataupun x7. Lalu bagaimana cara download, mengolah hasil unduhan tersebut dan mendesainnya secara lebih lanjut? ikuti tips saya di bawah ini:

Cara Membuat Banner Spanduk Keren dengan Coreldraw

  1. Sebelum mulai mendesain, kita cari terlebih dahulu background banner atau spanduk menyesuaikan tema banner yang akan kita buat. Untuk membuat spanduk sebuah acara seperti acara pelantikan, acara seminar, perpisahan atau acara lainnya, biasanya kita menggunakan background abstract bergelombang, maka kita bisa mencarinya di situs penyedia background atau template gratis seperti freepik.com atau vecteezy.com lalu mengetikkan: “abstract background wavy” di kolom pencarian. Kita juga bisa menambahkan kata warna untuk bisa mendapatkan warna yang sesuai. Sebagai contoh saya menggunakan template wavy blue [klik untuk mendownload]. Pastikan ukuran filenya minimal 800 kb, karena kalau terlalu kecil biasanya vectornya hancur.
  2. Kemudian klik background sesuai selera Anda sehingga terbuka jendela baru > lalu download dengan klik tombol: Free download > maka file background yang Anda inginkan akan otomatis terdownload dalam bentuk .zip atau .rar.
  3. Setelah Anda unzip atau unrar file > kemudian buka Corel draw Anda dan buatlah dokumen baru dengan ukuran custom menyesuaikan lebar dan panjang spanduk yang akan Anda buat. Contoh background yang akan saya buat adalah ukuran 300 cm x 80 cm. Jika sudah terbuka, kemudian buatlah kotak dengan ukuran panjang dan lebar yang sama dengan cara seperti gambar di bawah ini:
    cara membuat spanduk dengan corel draw mudah
    Lalu tekan huruf P pada keywboard untuk meletakannya persis di tengah-tengah.
  4. Langkah selanjutnya adalah klik menu File > Import > lalu pilih file yang sudah Anda download tadi yang berekstensi .eps > klik tombol import > tunggu beberapa saat hingga kursor mouse Anda berubah menjadi siku > klik kiri untuk memunculkannya.
  5. Jika sudah terbuka lalu klik template/background tersebut, perbesar untuk menyesuaikan dengan ukuran banner yang akan dibuat > setelah itu tekan CRTL + U (un-group) secara bersamaan agar Anda bisa mengambil yang Anda inginkan dan membuang yang tidak diperlukan. Jika sudah kemudian group (CTRL+G) lagi template tersebut dan tekan huruf P.
    Jika tidak pas karena kelebihan, maka Anda bisa menggunakan cara klik kanan pada objek template/background lalu klik PowerClip Inside > maka kursor akan berubah jadi panah, arahkan ke kotak yang sudah Anda buat tadi agar template yang terlihat hanya yang masuk ke area kotak saja.cara membuat spanduk dengan corel draw mudah
  6. Nah, template spanduk Anda sudah jadi. Anda tinggal menambahkan tulisan ataupun gambar yang Anda inginkan. Beberapa font yang biasa digunakan yang sudah ada (bawaan) adalah Times New Roman dan Gill Sans MT. Berikut contoh sederhana spanduk yang siap untuk diprint:

Bagaimana, mudah bukan? Anda juga bisa membuat desain lainnya seperti daftar menu makanan, brosur, cover buku dan lain sebagainya dengan mencari templatenya di beberapa situs online secara gratis dan mengganti tulisannya sesuai kebutuhan Anda.

Demikian tutorial singkat bagaimana Cara Membuat Banner Spanduk Keren dengan Coreldraw. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga membantu. Jika Anda suka tulisan ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau dengan meninggalkan komentar di bawh ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika