Cara Restore Backup WordPress di Cpanel Paling Mudah

CaraPedi.com| Cara Restore Backup WordPress di Cpanel Paling Mudah – Mengelola sebuah blog wordpress dengan self hosted tidak hanya membutuhkan ketekunan dalam menulis artikel dan optimasi SEO, namun harus mengerti dan memahami juga cara kerja CPanel agar pengelolaannya bisa lebih praktis dan efisien. Salah satu penanganan yang perlu diketahui bagi blogger dengan self hosted, apakah itu menggunakan wordpress, joomla, drupal atau yang lainnya adalah bagaimana cara restore dan back up data sehingga ketika terjadi error karena dihack, atau tampilan frontend jadi kacau karena setelah upgrade versi wordpress ternyata ada plugin yang tidak kompatibel atau cocok dengan versi wordpress terbaru.

Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk merestore dan membackup data wordpress melalui CPanel. Tapi dari sekian banyak cara, saya paling suka menggunakan R1Soft Restore Backup karena caranya yang paling mudah dan efisien. Saya bilang mudah karena tidak diperlukan penguasaan canggih dan efisien karena setiap hari R1Soft akan secara otomatis membackup file dan database 7 hari terakhir. Jadi jika kita lupa belum backup secara manual, kemudian blog kita error karena salah instal plugin atau karena dihack, maka cara termudahnya adalah dengan merestore database terakhir sebelum error yang sudah disimpan oleh R1Soft. Saat ini, hampir semua penyedia jasa hosting sudah dilengkapi dengan R1Soft.

Cara Restore Backup Database WordPress

  1. Pertama-tama, loginlah ke akun CPanel blog wordpress Anda. Lalu cari dan buka R1soft Restore Backup di bagian file atau bisa juga langsung ketik “R1” pada bagian kolom pencarian sehingga muncul software tersebut.
  2. Setelah terbuka, maka Anda akan dapat melihat daftar file dan database yang sudah disimpan oleh R1Soft secara berkala seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Untuk mulai membackup data blog, maka klik tombol Browse database (lihat icon yang diberi tanda panah di bawah ini).
  3. Kemudian akan muncul halaman konfirmasi mengenai pembackup-an yang akan Anda lakukan. Centang pilihan Databases lalu klik Restore Selected untuk memulainya. Tunggu dan jangan tutup jendela browser hingga proses restoring selesai.
    cara restore database melalui cpanel
  4. Setelah proses restore selesai, Anda bisa melihat apakah ada perubahan atau tidak dengan membuka kembali blog Anda. Bagaimana? sangat mudah bukan?

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Restore Backup WordPress di Cpanel. Semoga membantu. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika