Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis (Auto Reply)

Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis (Auto Reply)

Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis – Auto Reply

CaraPedi.com| Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis tanpa Root – Membuat pesan atau membalas pesan whatsapp secara otomatis atau yang biasa disebut dengan Auto Replay dapat digunakan untuk membantu merespon pesanan dari pelanggan secara cepat. Kecepatan dalam merespon pesan pelanggan itu sendiri merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis baik online maupun offline karena akan menumbuhkan kepercayaan dan kenyamanan pada pelanggan. Saya sendiri menggunakan autoreply untuk membalas pemesanan pembuatan surat gugatan dengan meminta calon pemesan menuliskan pesan menggunakan format tertentu. Ketika pemesan mengirimkan pemesanan sesuai format yang sudah saya tentukan, maka akun whatsapp saya akan mengirimkan pesan balasan secara otomatis yang berisi nomor rekening dan ketentuan pembuatannya.

Dahulu Auto Reply ini lebih sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk merespon pesan dari pelanggan melalui email. Anda bisa membaca caranya di artikel saya: Cara Membalas Pesan Email secara Otomatis. Cara balas pesan whatsapp secara otomatis atau auto reply yang akan saya share ini menggunakan aplikasi yang bisa Anda download secara gratis di Play store atau Apps store sehingga tidak perlu lagi meng-root sistem operasi Android Anda. Lalu bagaimana cara balas pesan whatsapp secara otomatis tanpa root? Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis (Auto Reply)

  1. Pertama-tama, silahkan download dan instal aplikasi AutoResponder for WA.
  2. Jika sudah terinstal silahkan buka dan langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan izin kepada aplikasi untuk membaca contact dan isi percakapan di WA untuk bisa mulai melakukan settingan. Caranya adalah seperti terlihat di bawah ini. Pilih aplikasi Autoresponder for WA dengan ketuk lingkaran seperti pada panah A > lalu klik tomboh OK pada popup yang muncul > Lalu kembali ke tampilan layar utama dengan klik panah seperti pada panah hurur C.
    cara auto reply whatsapp tanpa root
  3. Setelah melewati tahap perizinan, maka selanjutnya Anda bisa langsung melakukan setting sesuai yang Anda butuhkan. Gambar di bawah ini merupakan setting pada menu Exact match. Artinya, jika pemesan mengirimkan kata atau kalimat tertentu, maka aplikasi ini akan menjawabnya dengan pesan yang sudah kita simpan.

    Received message.
    Jika diisi tanda baca *, maka semua bentuk pesan yang masuk dengan segala bentuk format penulisannya akan dibalas dengan satu balasan yang sama. Pada contoh gambar di atas, setelah kita kembali membuka layanan, kita bisa menonaktifkannya untuk sementara dengan klik tombol bulat pada pesan yang kita inginkan sehingga berubah menjadi merah seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

    Anda juga bisa menambahkan format dan jawaban yang berbeda-beda seperti terlihat pada gambar di atas dengan menekan tombol plus dalam lingkaran berwarna hijau tua. Pada versi premium, Anda juga bisa mendapatkan fitur yang lebih canggih lagi. Saya sendiri menggunakannya untuk menerima pendaftaran permohonan bantuan pembuatan surat gugatan. Pada fitur Pattern matching misalnya, maka setiap ada orang yang mengirim pesan yang mengandung kata kunci SG misalnya, maka mesin penjawab akan menjawabnya secara otomatis dengan pesan yang sudah kita simpan, walaupun pesan yang dikirimkan berbeda-beda formatnya. Misalnya si A kirim pesan melalui WA denga format: Rahmatia#Bogor#Islam#[email protected]#SG, lalu si B kirim dengan format: Agus#Jogja#Katolik#[email protected]#SG, maka jawaban yang akan mereka dapatkan sama karena pesan keduanya mengandung kata SG.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara balas pesan whatsapp secara otomatis atau autoreply. Semoga membantu. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like, twit atau memberikan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

2 Komentar di "Cara Balas Pesan Whatsapp Secara Otomatis (Auto Reply)"

avatar
  Subscribe  
terbaru terlama
Kabari saya jika
mas hidayat

tipsnya sangat bermanfaat banget bgi orang banyak, terimakasih

Bachtiar

thanks infonya..