Panduan Cara Buka Toko di Tokopedia dari Awal

CaraPedia.com| Panduan Cara Buka Toko di Tokopedia dari Awal – Tutorial kali ini merupakan tutorial lanjutan dari artikel saya tentang cara bikin toko online di Tokopedia yang saya tulis beberapa waktu yang lalu. Saya terpaksa pecah menjadi dua artikel agar tidak terlihat terlalu panjang karena pada artikel pertama, saya lebih banyak membahas tentang keuntungan dan kemudahan dalam menjual produk di Tokopedia. Nah sekarang saya akan share tentang bagaimana cara buka toko di tokopedia dari awal dari mulai buat nama toko dan settingan awal lainnya. Jadi bagi yang belum membaca artikel tahap pertama, saya sarankan baca sebentar agar lebih mudah dalam memahami artikel ini.

Cara Buka Toko di Tokopedia dari Awal

  1. Jika Anda sudah membaca tutorial yang pertama, maka setelah Anda login di tokopedia, Anda kini bisa melihat Menu baru di pojok kanan atas tampilan yaitu Buka Toko. Untuk memulainya, silahkan klik tombol tersebut.
    cara buka toko di tokopedia
  2. Setelah itu akan muncul konfigurasi atau pengaturan pertama untuk menentukan nama toko dan domain toko Anda. Tentu saya tidak perlu menjelaskan apa yang dimaksud dengan nama toko, yang mungkin Anda bingungkan adalah apa domain toko. Domain toko adalah alamat toko Anda di tokopedia. Jadi jika Anda ingin memberi tahu atau share toko Anda kepada teman via Whatsapp atau di Facebook misalnya, maka alamat ini yang Anda bagikan. Sehingga ketika alamat atau tepatnya link tersebut diklik, maka toko Anda akan langsung terbuka di browser secara otomatis. Dalam kasus seperti yang saya contohkan pada gambar di bawah ini, maka alamat toko saya adalah: tokopedia.com/sepatu-sepakbola. Jika sudah yakin silahkan klik tombol Buka Toko Sekarang.
    cara buka toko di tokopedia dari awal
    Tips memilih nama dan domain toko:

    • Usahakan membuat nama toko yang sesuai dengan nama produk yang akan Anda jual agar lebih besar peluang terindek mesin pencari barang tokopedia.
    • Jika ketika mengetikkan nama toko muncul tanda merah (bukan centang hijau seperti pada gambar di atas), maka itu artinya nama toko tersebut sudah dipakai orang lain, Anda harus mencari alternative nama lainnya. Jika sudah demikian, maka Anda bisa gabungkan dengan nama Anda atau nama anak Anda.
    • Begitu juga dalam hal membuat domain toko. Yang perlu Anda perhatikan adalah domain toko tidak boleh lebih dari 16 huruf atau tepatnya karakter. Anda hanya boleh menggunakan gabungan: huruf, angka dan tanda strip (-). Silahkan diutak-atik kombinasi 3 unsur tersebut sampai dapat (sampai muncul centang hijau). Jika muncul tanda merah, maka Anda harus cari yang lain karena sudah digunakan oleh penjual lainnya. Pada contoh gambar di atas, maka saya bisa saja membuat domain toko menjadi: sepatu-bola-kita, sepatubolaroyhan dan lain sebagainya, yang penting belum digunakan oleh orang lain.
  3. Selanjutnya adalah dengan mengisi informasi toko Anda dengan mengisi kolom Slogan, Deskripsi, dan Logo Toko. Jika sudah, maka klik tombol Selanjutnya. Anda bisa merubah deskripsi dan slogan serta logo toko Anda sewaktu-waktu. Tapi tidak dengan domain toko.

  4. Berikutnya adalah adalah informasi alamat pengiriman Anda agar system tokopedia dapat langsung menentukan ongkos kirim dari tempat Anda ke alamat pembeli.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih jasa pengiriman barang (kurir), dari mulai JNE, Pos Indonesia, Tiki, J&T dan sebagainya. Saran saya jika Anda baru saja buka, maka sebaiknya gunakan semua pilihan jasa pengiriman yang ada agar pembeli lebih leluasa untuk memilih. Karena ada saja calon pembeli yang di daerahnya belum ada JNE atau TIKI dan baru ada kantor pos saja. Jika sudah selesai klik tombol Simpan.

    Nah toko saya pun sudah jadi. Tinggal menambahkan produk atau barang dagangan saya dengan mengupload foto dan memberikan sedikit deskripsi berikut dengan harganya. Simak juga cara menambahkan dan menghapus produk di tokopedia yang akan saya ulas pada tulisan berikutnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Buka Toko di Tokopedia dari Awal untuk pemula. Semoga bermanfaat dan jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, jangan lupa share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

  Subscribe  
Kabari saya jika