8 Cara Menghemat Kuota Internet hingga 40%

cara menghemat kuota internet telkomsel xl

Data usage by https://www.cnet.com

CaraPedi.com | Cara Menghemat Kuota Internet – Kuota internet untuk bersosialita atau berselancar di dunia maya saat ini sudah seperti menjadi salah satu bahan kebutuhan pokok masyarakat dunia. Hampir tiap bulan setiap orang mengalokasikan budget khusus untuk pembelian paket internet dari mulai yang mingguan hingga bulanan, dari paket Megabyte hingga Gigabyte. Lalu, apakah paket internet yang Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika setiap menjelang akhir masa berlaku paket, kuota yang Anda miliki masih terlalu banyak, maka tentu sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli paket internet di bawahnya dengan harga lebih murah untuk menghemat pengeluaran Anda.

Hidup berkecukupan tidak melulu soal bagaimana cara menambah pendapatan, tetapi juga meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu.

Pengalaman saya sendiri menggunakan paket internet Telkomsel, sebelum menggunakan beberapa tips yang akan saya share di bawah ini, saya biasa menghabiskan hingga 200 ribu untuk pembelian paket internet. Namun sekarang paling banyak hanya 125 ribu saja. Itupun konsumsi penggunaan kuota saya terbilang bertambah karena saya sekarang jadi lebih sering buka Youtube dan nonton film secara online dibandingkan dengan sebelumnya. Penasaran bagaimana caranya ? simak tips-tips ampuh cara menghemat kuota internet hingga 40% berikut ini?

Cara Menghemat Kuota Internet

  1. Matikan Mode Download Otomatis Whatsapp
    Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Hanya terkadang, ada saja teman di grup kita – apalagi yang jumlah anggotanya ratusan bahkan ribuan – yang mengirimkan foto atau video yang kurang bermanfaat bagi diri kita pribadi. Jika sehari ada sampai puluhan video terupload di grup, dan semuanya terdownload otomatis, tentu akan menguras kuota internet atau paket data kita. Oleh karena itu sebaiknya ubah setting penggunaan datanya. Caranya buka aplikasi whatsapp > klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas > pilih Setelan > pilih Penggunaan Data > pilih opsi Saat menggunakan Data seluler > Hilangkan centang Video atau Audio jika perlu Foto. Jika tidak dipilih semua, maka setiap kali ada kiriman berupa file di whatsapp, Anda harus klik atau tap file tersebut untuk mengunduhnya. Jadi kita bisa memilah mana yang perlu untuk kita download atau tidak.
    cara menghemat kuota internet yang ampuh
  2. Kontrol Penggunaan Data dengan Datally
    Terkadang kita boros dalam penggunaan paket data karena kita sendiri tidak bisa mengontrolnya. Google merespon masalah ini dengan merilis aplikasi pengontrol penggunaan data bernama Datally. Cara kerja Datally adalah dengan mematikan kuota internet yang kerap dipakai sebuah aplikasi secara diam-diam (background). Setelah itu, pengguna dapat mengatur penggunaan kuota itu ke aplikasi lain yang lebih penting.
  3. Ubah Fitur Maps ke Mode Offline
    Setiap smartphone selalu dibekali dengan aplikasi Google Maps dari awal. Dan jika Anda tidak mau kebobolan data internet, maka sebaiknya ubah Google Maps Anda ke mode offline. Lalu jangan lupa juga untuk merubah opsi download setelan offlinenya dengan cara: buka aplikasi Google Maps > klik strip tiga vertikal di sebelah kiri atas > scroll ke bawah hingga ketemu Setelan peta offline > lalu ubah Download Preferensinya menjadi: Melalui Wifi saja.
  4. Gunakan Browser yang Hemat
    Tidak semua browser hemat kuota. Beberapa di antaranya justru mampu menyedot kuota internet Anda secara masif. Jika Anda ingin menghemat kuota sedangkan Anda juga sering berselancar dengan browser, maka sebaiknya gunakan browser yang hemat kuota seperti opera mini, UC Browser Mini dan Google Chrome. Ketiga browser tersebut dipercaya mampu melakukan kompresi foto dan video boost sehingga tetap menampilkan kualitas gambar dan video yang baik dan dengan data yang lebih kecil.
  5. Matikan Sinkronisasi Otomatis
    Terlalu banyak akun yang kita download di smartphone juga dapat berpotensi menghabiskan kuota yang besar. Hal ini karena akun-akun tersebut dapat secara otomatis melakukan sinkronisai (menyamakan data) di hp dengan data server di pusat. Jadi sebaiknya, matikan saja sinkronisasi otomatis dan baru hidupkan jika terhubung dengan Wifi. Caranya buka setting handphone Anda >lalu pilih menu Akun atau Semua Akun > Lalu matikan opsi sinkronisasi.
  6. Batasi Penggunaan Youtube dengan fitur Simpan
    Terkadang kita tidak tega jika anak kita merengek agar diperbolehkan untuk menonton film ipin upin atau film kartun lainnya di Youtube melalui handphone kita. Sehingga anggaran belanja untuk paket data jadi tambah besar. Jika anak Anda termasuk yang suka menonton film yang sama berulang-ulang, maka sebaiknya gunakan fitur Simpan yang tombolnya bisa Anda jumpai di bawah layar video yang Anda buka. Ketika nanti anak Anda ingin menonton video di Youtube lagi, maka Anda hanya cukup membuka folder di dasar layar utama aplikasi Youtube.
  7. Batasi Penggunaan Data di Belakang Layar
    Salah satu cara menghemat kuota internet atau data lainnya adalah dengan menghentikan penggunaan data di background. Cara membatasinya,  silahkan masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi Anda akan terlambat datang.
  8. Batasi Penggunaan Data Hanya Jika terhubung WIFI
    Semakin banyak aplikasi yang kita download dari Play store, maka semakin besar pula paket data yang dibutuhkan untuk update aplikasi ke versi terbaru. Agar lebih hemat, pastikan Anda sudah menyetting update aplikasi hanya jika terhubung dengan Wifi. Cara mengaktifkannya adalah dengan buka ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menghemat kuota internet baik di Telkomsel, XL maupun di kartu lainnya. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar