Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak dan Konsentrasi

cara meningkatkan daya ingat otak

CaraPedi.com| Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak dan Konsentrasi – Memori yang tersimpan dalam otak kita sangat menentukan nasib kita karena semakin banyak memori yang tersimpan di dalam otak besar kita, maka semakin banyak ilmu yang kita miliki untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan kehidupan. Permasalahannya, kemampuan daya ingat setiap orang berbeda-beda tergantung dari gen bawaan dan juga asupan gizi ke otak. Sehingga ada orang yang memiliki kemampuan daya ingat yang luar biasa karena hanya dengan sekali melihat atau mendengar bisa langsung mengingatnya dalam jangka waktu yang lama, ada juga yang baru saja mendapatkan informasi sudah lupa.

Lalu apakah orang yang memiliki daya ingat kurang baik tidak bisa menjadi pintar? Ingat bagaimana Imam Syafi’i kesulitan untuk mengingat pelajaran yang dia dapatkan? dan akhirnya ia bisa menjadi salah satu ulama cendikiawan muslim yang terkenal dan sangat diperhitungkan pemikirannya hingga saat ini. Jadi sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin kalau kita punya tekad kuat dan menggunakan metode yang telah teruji keberhasilannya. Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi metode atau tips untuk memperkuat dan meningkatkan daya ingat otak serta konsentrasi agar lebih mudah dalam mengingat-ingat terutama bagi para hafidz yang ingin menghafalkan al-Qur’an secara lebih cepat.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak dan Konsentrasi

Cara meningkatkan daya ingat otak ini akan saya bagi ke dalam 2 jenis yaitu: Metode mengingat dan Faktor pendukung peningkatan kemampuan otak dari dalam:

A. Cara Mengingat-Ingat Informasi.

1. Mnemonic.
Menghafal dengan metode Mnemonic merupakan cara mengingat-ingat informasi atau ilmu baru dengan cara mengait-ngaitkan dengan sesuatu yang sudah kita kuasai. Jadi sesuatu yang sudah kita kuasai tersebut akan kita gunakan sebagai jembatan untuk memanggil kembali informasi yang sudah kita simpan dalam otak. Mnemonic dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Membuat akronim, singkatan, frasa atau kalimat yang menarik. Misal untuk membantu siswa menghafalkan kosa kata bahasa Inggris, saya biasa gunakan kalimat atau frasa yang menarik dan mudah diingat.
    Contoh: untuk menghafalkan daftar kata ganti orang ketiga dalam bahasa Inggris: They, We, I, You, She, It, He saya singkat dengan kata DEWI AYU SIH.
  • Memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan. Misal, untuk menghafalkan plat mobil saya yang kebetulan nomor cantik: 1331 saya mengingatnya dengan mengubahnya dengan huruf yang jika dibaca 13 = B, 3 = E dan 1 = i atau dibaca BEI. Jadi kalau saya ditanya nopol mobil saya, saya akan ingat dengan mudah karena saya asosiasikan dengan NDORO BEI (orang jawa pasti ingat dengan tokoh NDORO BEI).
  • Memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon. 0813 – 2691 – 8855 akan lebih mudah dihafalkan daripada 081326918855. Hal ini juga bermanfaat untuk menghafalkan definisi sebuah benda atau istilah.

2. Repetisi atau Mengulang-ulang Informasi.
Metode yang paling sering dan umum digunakan untuk mempertajam daya ingat otak adalah dengan cara mengulang-ulang informasi yang sudah tersimpan dalam memori otak. Makanya wajar jika para guru menganjurkan para muridnya untuk mengulang kembali atau membaca lagi pelajaran yang sudah diajarkan karena cara tersebut akan lebih memudahkan para siswa untuk mengingat-ingat. Selain itu cara ini juga sangat familiar di kalangan para hafidz al-Qur’an. Mereka biasa membaca 1 halaman berulang-ulang sebelum akhirnya mulai menghafalkan.

3. Memahami Pola atau Arti/Maknanya.
Metode ini juga paling sering digunakan untuk para penghafal Al-Qur’an karena dengan mengetahui arti ayat-ayat al-Qur’an, tentu akan lebih mudah untuk menghafalkan dan juga menemukan pola atau alur cerita ayat yang dapat membantu para hafidz dalam mengingat-ingat urutan ayat.

B. Cara Meningkatkan Daya Ingat otak

  1. Olah Raga secara Teratur dan Proporsional.
    Bersepeda atau berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi pengeluaran hormon stres cortisol yang dapat membunuh sel-sel otak dan dapat meningkatkan suplai darah ke otak sehingga memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk  meningkatkan fungsi otak. Selain itu, olahraga cukup juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik akan membantu mengoptimalkan fungsi otak.
  2. Relaksasi dan Sosialisasi.
    Sejalan dengan cara yang pertama di atas, untuk mengurangi pengeluaran hormon cortisol, maka relaksasi dengan traveling atau melakukan hobi dan bersosialisasi dengan keluarga atau teman dapat menekan tingkat stress yang dapat mempengaruhi kinerja otak. So, usahakan mengagendakan liburan atau main ke tempat teman. Selain untuk menekan stress, bersilaturahmi juga dapat meningkatkan pahala dan rizki.
  3. Tidur Cukup di Malam Hari.
    Tidur yang cukup terutama di malam hari sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh manusia tidak terkecuali otak. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur malam yang cukup memiliki daya ingat yang lebih baik. Oleh karena itulah balita sangat dianjurkan untuk diberi waktu tidur yang lebih banyak karena pada masa-masa tersebut adalah masa tumbuh kembang anak yang paling pesat termasuk juga otak.
  4. Perhatikan Asupan Gizi untuk Otak.
    Sebagaimana anggota tubuh lainnya, otak juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang dan daya ingat otak antara lain adalah omega-3, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin D yang banyak terkandung di beberapa makanan seperti susu, daging, telur, minyak ikan cod, ginko biloba, ginseng, rosemary, kacang almond, teh hijau dan lain sebagainya.
  5. Latihan Otak (Neurobik).
    Latihan otak juga sangat mempengaruhi daya ingat seseorang. Melakukan permainan-permainan yang membuat otak kita senantiasa bekerja akan sangat membantu otak agar terbiasa dalam melakukan aktivitas perekaman informasi yang baru diterima. Mengisi teka-teki silang, sudoku, dan games atau permainan berpikir lainnya di waktu senggang dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat otak dan Konsentrasi. Semoga membantu dan jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz