Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop atau Komputer all Windows

CaraPedi.com| Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop atau Komputer all Windows – Saat ini hampir semua pekerjaan kantor dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer atau laptop. Sehingga sehari-hari bahkan bisa jadi seharian penuh, kita dihadapkan pada komputer yang sebenarnya tanpa kita sadari radiasi cahaya yang dipancarkan oleh komputer atau laptop dapat menimbulkan beberapa dampak negatif terhadap fungsi mata kita. Selain dapat berpengaruh pada fungsi mata, medan elektromagnet yang terpancar dari laptop atau komputer dalam jangka panjang juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh karena dapat membuat produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.

cara mengatur cahaya layar laptop atau komputer

Nah, bagi Anda yang memang tidak dapat mengurangi intensitas penggunaan laptop atau komputer, setidaknya Anda dapat mengurangi resiko yang ditimbulkannya dengan mengurangi cahaya layar laptop atau komputer Anda sehingga lebih bersahabat dengan mata Anda. Pada awalnya setelah Anda mengurangi tingkat kecerahan cahaya laptop atau komputer, memang terasa terlihat redup, tapi jika sudah lama, maka Anda akan terbiasa. Jika nanti Anda bekerja sampai malam dan cahaya lampu tidak dinilai kurang terang, maka Anda dapat mengubah pengaturannya agar lebih terang lagi.

Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop atau Komputer:

A. Dengan Shortcut.

Jika Anda menggunakan Laptop atau Notebook, biasanya sudah ada tombol pengaturan khusus untuk menaikkan dan menurunkan tingkat kecerahan cahaya pada layar. Jadi tidak masalah apakah menggunakan Windows 7 atau Windows 8 dan Windows 10 atau versi lainnya, cara mengatur cahaya layar laptop dengan shortcut ini sama, yaitu dengan menekan dan menahan tombol fn pada keyboard kemudian tekan salah satu dari dua tombol yang terdapat icon atau lambang cahaya atau lampu (salah satunya menambah tingkat kecerahan layar dan yang satu lagi menguranginya). Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:

cara mengurangi cahaya laptop komputer

Note: setiap keyboard yang sudah dilengkapi tombol fungsi untuk menaikkan dan menurunkan cahaya kadang tidak menggunakan simbol atau icon yang sama seperti pada gambar di atas, tetapi bentuk simbolnya tidak akan jauh berbeda, jadi silahkan Anda perhatikan sendiri yang mana. Selain itu, letaknya juga bisa berbeda-beda, seperti gambar di atas menggunakan F5 dan F6 tapi di laptop kantor saya menggunakan F1 dan F2. Kalau tidak ada, maka ikuti cara berikut ini:

B. Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop atau Komputer secara Manual

  1. Windows 7.
    • Pertama, klik tombol windows yang berada di ujung kiri bawah layar komputer atau laptop Anda > kemudian ketikkan kata: “bright” pada kolom pencarian yang muncul di atasnya > lalu klik opsi Adjust screen brightness seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
      cara mengurangi cahaya pada layar laptop
    • Lalu atur tingkat kecerahan sesuai yang Anda inginkan dengan menggeser tombol panah yang berada di dasar layar ke arah kiri (meredup) dan ke arah kanan (semakin terang).
      cara meningkatkan cahaya layar windows 7 ultimate
  2. Windows 8.
    • Tekan tombol Windows pada keyboard PC + huruf C secara bersamaan > kemudian klik Setting > lalu klik tombol Brightness > tarik atau drag tombol panah ke atas atau ke bawah untuk menaikkan dan menurunkan tingkat pencahayaan layar.
  3. Windows 10.
    • Tekan tombol windows pada keyboard laptop atau komputer Anda > lalu ketik: Power Option pada kolom yang tersedia > kemudian klik menu Power Option dengan simbol baterai > tarik atau drag panah pengaturan cahaya yang terletak pada dasar layar PC atau laptop Anda ke kanan atau ke kiri. Selesai.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengatur cahaya layar laptop atau komputer untuk semua versi Windows. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like atau twit atau berkomentar di bawah ini sehingga teman jejaring sosial Anda juga dapat membacanya. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar