Cara Membuat Domain HTTP Menjadi HTTPS Paling Mudah

CaraPedi.com| Cara Membuat Domain HTTP Menjadi HTTPS – Sejak tanggal 6 Agustus 2014 yang lalu, Situs official Webmaster Google merilis berita pada halaman blognya yang pada intinya memberitakan bahwa keamanan sebuah blog sekarang menjadi salah satu prioritas dan sangat menentukan ranking SEO sebuah blog. Salah satu indikasi aman tidaknya sebuah blog untuk diakses adalah yang domainnya sudah memiliki Secure Socket Layer (SSL) yang ditandai dengan ditambahkannya huruf “S” pada HTTP. Saya sendiri dalam akun Adsense pernah diberitahu oleh pihak Google agar mengarahkan domain blog saya dari HTTP menjadi HTTPS karena hal tersebut bisa mengangkat peringkat blog saya di halaman mesin pencarian Google. Sehingga sekarang semua blog saya termasuk blog ini – seperti yang bisa dilihat di kolom url browser di atas – sudah saya ubah menjadi HTTPS semua dan berwarna hijau.

Baca juga: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website dengan Cepat

Selain untuk memperkuat SEO, SSL juga penting digunakan jika Anda memiliki toko online. Pelanggan tentu akan lebih percaya bertransaksi menggunakan alat pembayaran apapun yang disediakan website Anda terutama jika menggunakan alat pembayaran berupa kartu kredit atau Paypal. Dan dalam menjual sebuah produk, kepercayaan pelanggan adalah nomor satu. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi Anda yang memiliki toko online untuk tidak install SSL pada domain toko online Anda. Lalu bagaimana cara membuat Domain HTTP menjadi HTTPS? Berikut ini adalah langkah mudahnya tanpa perlu coding.

Cara Membuat Domain HTTP menjadi HTTPS

  1. Penyedia hosting tertentu seperti Hawkhost secara otomatis telah menginstalkan SSL gratis dari Lets Encrypt pada semua pengguna layanan hostingnya. Tapi beberapa di antaranya harus instal terlebih dahulu secara manual. Cara yang paling mudah dan tidak repot adalah menghubungi penyedia hosting Anda dengan membuka tiket bantuan dan minta bantuan untuk install SLL gratis dari Lets Encrypt yang sudah tersedia di Cpanel. Atau Anda juga bisa menginstalnya sendiri dengan masuk ke dashboard Cpanel dan install software Lets Encrypt seperti terlihat di bawah ini:
    cara membuat domain http menjadi https
  2. Jika sudah terinstal, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan atau redirect domain http yang sudah kadung terkenal di dunia maya ke domain https dengan menambahkan code berikut ini pada file .httaccess yang terdapat pada file manager yang bisa diakses melalui CPanel:
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTPS} off
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

    Namun, jika Anda tidak ingin repot dan kebetulan juga menggunakan platform WordPress, maka Anda cukup menginstal plugin yang bernama: Really Simple SSL pada blog WordPress Anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara mengarahkan http ke https
    Jika sudah terinstal, maka Anda cukup melakukan klik satu kali pada tombol berwarna biru yang bertuliskan: Go Ahead, Activate SSL. Silahkan Logout dan kemudian Log in lagi dan Anda sekarang bisa melihat http domain Anda sudah mengarah atau berubah menjadi https.

  3. Sampai di sini, sebenarnya kita sudah selesai menyetting SSL pada blog atau website kita. Namun, langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengubah http pada Google Webmaster Tool (Google Console) dan Google Analytic menjadi HTTPS untuk memberi tahu mesin pencari Google, bahwa domain kita ada perubahan. Caranya akan saya ulas pada tulisan yang akan saya rilis besok.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara membuat domain HTTP menjadi HTTPS. Semoga bermanfaat jika Anda suka artikel ini, mohon Share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan juga membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz