Cara Menggagalkan Gugatan Cerai Suami atau Istri

cara menggagalkan gugatan cerai suami atau isteri

CaraPedi.com| Cara Menggagalkan Gugatan Cerai Suami atau Istri – Artikel ini saya tulis karena selama ini saya banyak menerima pertanyaan tentang bagaimana cara menolak gugatan cerai baik itu yang diajukan oleh pihak isteri maupun oleh pihak suami pada rubik konsultasi hukum saya. Dan setelah saya search di google ternyata memang belum ada juga yang menulisnya.

Proses perceraian memang tidak mudah, tidak seperti halnya ketika kita akan menikah karena kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Berbeda dengan menikah, perceraian harus melalui rangkaian prosedur persidangan terlebih dahulu, meskipun faktanya suami telah menjatuhkan talak berkali-kali. Hal ini karena akibat dari adanya perceraian ini bisa jadi merugikan salah satu pihak, oleh karena itulah mengapa harus diselesaikan di hadapan majelis hakim agar hak-hak yang sudah seharusnya dimiliki salah satu atau kedua belah pihak terjaga dengan perantaraan bantuan tangan hukum. Selain trik-trik cara menggagalkan gugatan cerai suami atau istri yang akan saya share di bawah ini, Anda juga harus mengetahui alur persidangan sehingga Anda tidak sampai gagal paham.

Trik Cara Menggagalkan Gugatan Cerai Suami atau Istri

  1. Merayu Pasangan Anda Agar Mencabut Gugatannya.
    Cara termudah untuk menggagalkan gugatan pasangan Anda adalah dengan merayunya agar mencabut gugatan yang telah diajukan. Tentang bagaimana cara merayunya, Anda pasti lebih tahu bagaimana sifat pasangan Anda, bisa dengan memberikan penjelasan bahwa yang dituduhkan dalam surat gugatan tidak benar. Jika memang sudah berbuat salah, jangan gengsi untuk minta maaf dan yakinkan dia bahwa Anda tidak akan mengulanginya lagi. Jika Anda adalah seorang suami, maka yang perlu Anda catat adalah bahwa sifat wanita akan selalu jual mahal. Jadi jangan pernah menyerah untuk mengambil hatinya kembali karena penolakannya itu bisa jadi adalah ujian yang sengaja ia lakukan untuk mengetahui keseriusan Anda.
  2. Selalu Hadir di Persidangan.
    Masih banyak orang yang beranggapan bahwa jika tidak datang di persidangan, maka gugatan cerai yang diajukan oleh pasangan tidak akan dikabulkan oleh Pengadilan karena menganggap bahwa jika tidak datang maka surat cerai tidak sah karena tidak ditandatangani oleh kedua belah pihak. Jika Anda memiliki asumsi yang sama, maka Anda keliru besar. Akta cerai tidak ditandatangani oleh suami dan istri, akan tetapi hanya ditanda tangani oleh pejabat pengadilan yang berwenang. Jadi jika Anda tidak hadir justru pengadilan akan beranggapan bahwa Anda tidak menggunakan haknya untuk membantah tuduhan pasangan Anda atau dengan kata lain dengan ketidakhadiran Anda di persidangan, maka sama saja membenarkan tuduhan yang diajukan oleh pasangan Anda. Sehingga dengan ketidak hadiran Anda di persidangan, maka akan semakin memuluskan gugatan cerai pasangan Anda.
  3. Membantah Gugatan Cerai.
    Kelanjutan dari tips kedua adalah bahwa selain selalu hadir di persidangan terutama pada proses mediasi, Anda juga harus bisa membantah dalil-dalil yang ada dalam surat gugatan cerai yang diajukan oleh pasangan Anda. Kapan Anda bisa membantah dalil-dalil gugatan tersebut? Anda bisa membantah dalil gugatan pada saat setelah pembacaan surat gugatan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah rangkaian proses persidangan yang perlu Anda ketahui:
    – Pemeriksaan biodata dan mediasi;
    – Jika mediasi gagal, dilanjutkan dengan pembacaan surat gugatan.
    Jawaban atas surat gugatan.
    – Replik, yaitu tanggapan terhadap Jawaban.
    Duplik, yaitu tanggapan terhadap Replik.
    – Pembuktian oleh pihak Penggugat.
    Pembuktian oleh pihak Tergugat.
    Kesimpulan.
    – Pembacaan Putusan.
    Jadi Anda dapat menyampaikan bantahan bahwa apa yang disampaikan atau dituduhkan oleh pasangan Anda dalam surat gugatannya adalah tidak benar. Yang paling menentukan dari sekian proses persidangan adalah pada saat pembuktian, pastikan Anda bisa menghadirkan minimal 2 orang saksi yang dapat mendukung dalil bantahan Anda. Jika Anda dapat membuktikan bahwa yang benar adalah Anda, maka besar kemungkinan gugatan cerai pasangan Anda akan ditolak.
  4. Merayu agar Mau Berhubungan Int!m.
    Meskipun trik ini terdengar aneh dan terkesan curang, tetapi jika memang ini adalah cara yang bisa dilakukan agar keluarga Anda bisa bersatu kembali, maka tidak ada salahnya Anda coba. Mengapa trik ini bisa menggagalkan gugatan cerai pasangan Anda? berikut penjelasannya..
    Berdasarkan pasal 1 Undang-undang nomor 1 tahun 1974 yang berbunyi:
    Perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
    Maksud dari kalimat “ikatan batin” dalam pasal tersebut adalah adanya hubungan badan suami isteri. Oleh karena itu, jika pasangan Anda masih mau melakukan hubungan badan dengan Anda maka majelis hakim akan berkesimpulan bahwa pasangan Anda masih mencintai Anda dan rumah tangga Anda masih bisa dipertahankan dan oleh karena itu juga, maka gugatan cerai pasangan Anda harus dinyatakan ditolak.
    Tapi yang perlu diingat adalah bahwa hubungan yang saya maksud harus dilakukan dengan suka rela dan tidak boleh dengan paksaan. Anda bisa merayu dan memintanya dengan mengatakan bahwa ini adalah yang terakhir kali sebagai salam perpisahan. Jika sudah berhasil, maka sampaikan kepada majelis hakim pada saat sidang bahwa pasangan Anda masih mencintai Anda karena buktinya ia masih mau diajak untuk berhubungan suami isteri. Insya Allah akan berhasil karena sudah pernah ada kejadian seperti itu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa saya share tentang bagaimana cara menggagalkan gugatan cerai suami atau isteri Anda. Semoga bermanfaat dan saya selalu berdoa agar rumah tangga Anda selalu sakinah mawadah wa rahmah hingga maut memisahkan. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz