Cara Membatasi Youtube agar Aman di Akses Anak-anak

cara membatasi youtube

CaraPedi.com| Cara Membatasi Youtube agar Aman bagi di Akses Anak-anak – Terkadang kita sebagai orang tua tidak tega menolak permintaan buah hati untuk bermain game atau menonton video Youtube melalui handphone. Jika pada saat menonton kita dapat mendampingi, tentu kita bisa mengarahkan dan memilihkan video yang cocok untuk anak-anak kita. Hanya saja terkadang, ketika kita lengah, anak-anak tanpa seizin dan sepengetahuan kita, mengambil dan menggunakannya untuk bermain game dan menonton video, sehingga berpeluang untuk memberikan akses kepada anak kita untuk menonton video atau memainkan game yang tidak layak untuk dimainkan.

Terlebih jika kita sendiri sebagai orang tua juga menggunakan Youtube untuk keperluan atau kepentingan yang sifatnya hanya boleh dikonsumsi oleh orang-orang dewasa saja sehingga meninggalkan cache yang bisa muncul di daftar tampilan video yang dianjurkan pada layar utama Youtube. Oleh karena itulah, kita harus bijak dalam menggunakan aplikasi Youtube dengan salah satunya memberikan filter dengan cara membatasi Youtube sehingga aman untuk di akses oleh anak-anak.

Cara Membatasi Youtube agar Aman bagi di Akses Anak-anak

  1. Silahkan buka aplikasi Youtube pada smartphone Android Anda. Lalu pada halaman utama Youtube klik icon bulat di sebelah pojok kanan atas layar seperti terlihat di bawah ini:
    cara membatasi youtube untuk anak-anak
  2. Sehingga muncul halaman yang berisi beberapa menu seperti terlihat di bawah ini, lalu pilih opsi Pengaturan atau Setting.
    cara setting youtube agar aman untuk anak-anak
  3. Lalu akan terbuka halaman baru lagi yang berisi fitur-fitur untuk setting aplikasi Youtube Anda. Nah untuk memfilter konten video yang berpotensi menayangkan konten yang kurang atau tidak cocok untuk anak-anak, setting Mode Terbatas ke dalam posisi aktif seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Selesai. Settingan akan tersimpan otomatis tanpa harus klik tombol Save (karena memang tidak ada).
    cara filter youtube
    Yang perlu dijadikan catatan seperti yang tertulis dalam penjelasan, bahwa Mode Terbatas hanya berusaha menyembunyikan video yang berisi konten tidak pantas oleh pengguna atau tanda lainnya, jadi tidak 100% akurat. Akan tetapi setidaknya dapat mengurangi resiko munculnya video yang berisi konten tidak pantas sampai 80%. Tentu upaya ini lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika memang perlu, Anda bisa juga menyembunyikan aplikasi Youtube agar anak Anda tidak dapat menemukannya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Membatasi Youtube agar Aman bagi di Akses Anak-anak. Semoga bermanfaat dan anak-anak generasi muda bangsa kita dapat terselamatkan dari hal-hal yang tidak pantas. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like atau twit agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz