Cara Memposting atau Menulis Artikel di Blog untuk Pemula

CaraPedi.com| Cara Memposting atau Menulis Artikel di Blog untuk Pemula yang akan saya share ini adalah khusus untuk posting artikel di blog yang menggunakan Blogger atau Blogspot. Bagi Anda yang menggunakan wordpress, silahkan baca artikel selengkapnya Di sini. Pada artikel sebelumnya saya telah membuat artikel atau postingan tentang bagaimana cara membuat blog di blogger dilanjutkan dengan cara mengganti template atau tampilan dasar dengan template yang sesuai dengan selera atau tema tulisan Anda. Nah, berikutnya yang paling inti dan tentunya menjadi tujuan utama kita dalam membuat sebuah blog adalah membuat artikel agar bisa dibaca dan diambil manfaatnya oleh para netizen.

Membuat artikel atau tulisan yang menarik di blog tentu tidak hanya cukup dengan mengandalkan ketrampilan dalam menyusun kata dan kalimat agar dapat mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca, tapi lebih dari itu, kita juga harus menguasai teknik layout artikel dengan lebih baik seperti cara meletakkan gambar, numbering, membuat link dan lain sebagainya yang juga penting karena dinilai dan dipertimbangkan oleh mesin pencari seperti Google.

Cara Memposting atau Menulis Artikel di Blog untuk Pemula

  1. Pertama-tama silahkan masuk dulu ke akun blogger.com.
  2. Setelah terbuka dashboard blogger, klik tombol: Entri Baru yang berada di sebelah atas layar. Kemudian lihat gambar di bawah ini:
    cara menulis artikel di blog blogger
    1. Menebalkan tulisan;
    2. Membuat tulisan miring;
    3. Memberi garis bawah tulisan;
    4. Merubah warna tulisan
    5. Memberi link tulisan yang ketika diklik akan terbuka halaman artikel baru. Caranya, blog tulisan yang akan diberi link. Kemudian klik icon Link seperti yang saya beri tanda angka 5. Kemudian masukkan link atau alamat web yang dituju. Untuk menyimpan jangan lupa klik tombol OK.
    cara menulis artikel di blog blogspot
    6. Memasukkan gambar atau foto.
    7. Membuat artikel terlihat sebagian dan baru akan terbuka semua jika diklik tombol “selanjutnya”.
    8. Mengatur aligment seperti membuat tulisan atau gambar di posisi tengah tulisan atau di pinggir.
    9. Memberi nomor atau bullet:
    10. Membuat Quote (kutipan) atau memberi tanda bahwa kalimat yang diQuote adalah penting atau menarik. Bisa juga berupa kutipan teori atau ide dari tokoh terkenal;
    11. Label atau Tag adalah kata kunci dari artikel yang Anda tulis yang biasa dijadikan sebagai kategori artikel yang digunakan untuk membuat menu yang ketika diklik akan muncul daftar artikel yang masuk di dalam kategori tersebut. Untuk artikel ini misalnya, Labelnya adalah: blog, blogger, blogspot dan lain sebagainya. Jika lebih dari satu, maka pisahkan dengan tanda koma.

Jika belum selesai menulis dan akan melanjutkannya di lain waktu, maka Anda bisa simpan dulu dengan klik tombol Simpan yang berada di sebelah kanan atas layar. Jika ingin melihat bagaimana versi onlinenya (biasa disebut front end), bisa klik tombol Pratinjau. Dan jika merasa tulisan Anda siap untuk di posting, maka bisa klik tombol: Publikasikan.

Demikianlah tutorial bagaimana langkah-langkah cara memposting atau menulis artikel di blog yang menggunakan platform Blogger atau yang juga dikenal dengan Blogspot karena alamatnya artikelnya bukan blogger.com tapi blogspot.com. Jangan lupa untuk melihat tulisan lain untuk mengelola blog Anda secara lebih baik dengan melihat Daftar Isi Cara Mengelola Blog di Blogger.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like, twit atau jika ada pertanyaan lain yang belum sempat saya bahas di tulisan ini maupun tulisan lainnya, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz