Panduan Cara Menggunakan Line Bagi Pemula

CaraPedi.com| Cara Menggunakan LINE bagi Pemula – Baru saja instal aplikasi chat LINE? Mungkin karena masih baru, Anda belum begitu familier tentang bagaimana cara menggunakan line, seperti bagaimana cara mencari dan menambahkan teman Line, Cara Video Call, mengganti foto profil, cara memblokir dan lainnya. Hal yang menurut saya menarik dari LINE dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya adalah selain bisa digunakan untuk video call dengan kualitas gambar yang jernih, Line juga dilengkapi dengan menu feed berita dari media online besar di Indonesia. Jadi kita tidak perlu lagi menginstal aplikasi feed berita untuk update berita terkini.

Oleh karena fiturnya yang banyak, pada artikel ini saya akan menjelaskan fungsi dasar dari masing-masing menu yang terdapat pada aplikasi line. Sedangkan untuk beberapa penggunaan fitur lainnya seperti cara melakukan panggilan video (video call) saya bahas dalam postingan tersendiri karena akan terlalu panjang jika saya tulis semua di sini.

Cara Menggunakan Line

  1. Cara Mendaftar atau Membuat akun LINE
    Setelah selesai menginstal aplikasi LINE, maka hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum dapat menggunakannya adalah melakukan pendaftaran untuk membuat akun LINE.
    Caranya, setelah terinstal, buka aplikasi LINE Anda, sehingga akan terbuka tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Daftar Baru.
    cara
    Kemudian pilih Indonesia (untuk menentukan kode negara) lalu masukkan nomor handphone Anda yang akan digunakan untuk verifikasi dan agar teman Anda juga bisa menambahkan Anda dengan memasukkan nomor handphone. Untuk memasukkan nomor handphone, mulai dengan angka 8 (tidak perlu menggunakan +62 atau 0 di awal). Kemudian klik tombol Berikutnya.
    cara daftar line di android
    Selanjutnya cek sms yang dikirimkan oleh LINE ke nomor handphone yang Anda masukkan, lalu masukkan 4 digit angka verifikasi di dalamnya dan masukkan pada kolom kode verifikasi > klik tombol Berikutnya.
    Langkah terakhir adalah dengan membuat password akun LINE Anda. Suatu saat ketika Anda menghapus aplikasi LINE kemudian ganti handphone misalnya, maka Anda cukup memasukkan nomor handphone dan password yang Anda buat untuk login kembali.
  2. Cara Memulai Obrolan dengan teman LINE
    Untuk bisa chatting, tentu kita harus sudah punya teman LINE terlebih dahulu. Tapi karena masih baru tentu kita belum memiliki teman di LINE, oleh karena itu kita harus menambahkan teman terlebih dahulu. Ada 4 cara untuk bisa menambahkan teman LINE, selengkapnya silahkan baca Cara Menambahkan Teman di LINE. Jika sudah memiliki teman, untuk memulainya silahkan klik menu teman atau obrolan, kemudian klik tombol plus yang berada di sudut kanan atas layar.
    cara menggunakan line untuk pemula - chatting
    Lalu pilih teman atau bisa menggunakan kolom pencarian dengan mengetikkan nama akunnya, lalu centang dan klik tombol Obrolan yang berada di dasar layar, maka akan terbuka jendela obrolan baru.
    cara menggunakan line untuk pemula
    Selain obrolan menggunakan pesan tulisan, kita juga bisa telpon atau melakukan panggilan video. Caranya silahkan baca panduannya di: Cara Melakukan Panggilan Video.
  3. Cara Membuat Status di LINE
    Nah, bagi Anda yang hobi update status dan foto atau sekedar sharing link berita yang menarik kepada teman LINE Anda, maka menu TIME LINE ini bisa Anda gunakan. Caranya cukup mudah dan simple, hampir sama dengan ketika kita update status di akun facebook kita.
    Pertama-tama, klik icon jam > lalu klik pada kolom status bertuliskan: “apa yang baru?” yang berada persis di bawah icon jam, maka akan terbuka jendela penulisan status seperti pada gambar di bawah ini:
    cara update status line
    Ket:
    1). Untuk memasukkan emoticon yang sedang mewakili perasaan Anda.
    2). Mengambil gambar di galeri atau foto langsung.
    3). Mengunggah video
    4). Memasukkan tautan atau link dari sebuah blog atau website.
    5). Memasukkan informasi lokasi Anda saat ini.
    Jika sudah selesai dan Anda ingin mensharenya, Anda bisa langsung klik tulisan Posting berada di sudut kanan atas layar. Untuk menandai teman LINE Anda agar ia mendapatkan notifikasi, maka Anda cukup menambahkan tanda baca “@” kemudian diikuti nama teman line Anda tanpa spasi. Selesai. Bagaimana? mudah bukan cara menggunakan aplikasi LINE.

Demikianlah penjelasan tentang panduan bagaimana cara menggunakan line untuk pemula, semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai postingan ini, mohon share dengan memberikan like, twit, atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.