Cara Menterjemahkan Plugin WordPress Sendiri secara Manual

CaraPedi.com| Cara Menterjemahkan Plugin WordPress Sendiri secara Manual – Hi bloggers Indonesia, sudah lama tidak menulis ulasan tentang blogging. Kali ini saya akan berbagi info tentang bagaimana cara menerjemahkan atau translate plugin wordpress sendiri secara manual. Beberapa plugin wordpress seperti tombol share dan komentar dengan facebook (seperti terlihat di bawah), bahasa pengantarnya akan dengan sendirinya berubah menjadi bahasa Indonesia jika kita ubah bahasa situs di menu “Setting/Pengaturan” menjadi bahasa Indonesia. Namun ada juga plugin yang sekalipun sudah kita rubah bahasa situsnya, bahasa pengantarnya tetap tidak berubah. Nah, plugin seperti ini yang harus diterjemahkan secara manual.

Selain itu, terkadang kita juga ingin menerjemahkan plugin wordpress secara manual dengan bahasa kita sendiri. Seperti misalnya, di blog inggrisonline.com, saya menggunakan plugin untuk membuat test Toefl online. Untuk memulai test, pengunjung harus menekan tombol “start quiz” terlebih dahulu. Setelah saya ganti bahasa situs menjadi bahasa Indonesia, tombol tersebut berubah menjadi “mulai kuis”, padahal yang lebih tepat seharusnya adalah “mulai test”. Kalau sudah begini, maka mau tidak mau harus edit secara manual. Sebenarnya ada cara menterjemahkannya dengan plugin yang bernama loco translation, tetapi sejak wordpress versi 3.5 ke atas, tidak semua plugin bisa diterjemahkan. Jadi saya cenderung untuk menggunakan cara manual di bawah ini.

Cara Menterjemahkan Plugin WordPress Sendiri secara Manual

  1. Pertama-tama, silahkan download software penerjemah gratis di http://www.poedit.net/download.php
  2. Sembari menunggu download selesai. Silahkan buka CPanel blog > File Manager > Public_html > Wp-content > Plugins > buka folder plugin yang akan ditranslate > cari file dengan extensi .pot (biasanya di dalam folder language) yang depannya terdapat icon berupa kertas bertuliskan huruf P seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Lalu klik kanan > dan pilih download.
    cara translate plugin wordpress
  3. Setelah software PoEdit terdownload, instal lalu jalankan sehingga akan terbuka halaman utama. Lalu klik Open di sebelah kiri pojok atas > pilih file berextensi .pot yang sudah didownload tadi.
  4. Kemudian, klik tombol “create new translation” > pilih Indonesian (Indonesia) pada box pop up yang muncul.
  5. Selanjutnya adalah proses translate. Anda bisa mengganti semua kalimat satu persatu atau hanya kalimat yang diinginkan saja. Untuk mempermudah pencarian, tekan CTRL+F > ketik kalimat yang akan dirubah.
  6. Jika sudah ketemu, kemudian masukkan terjemahan yang Anda inginkan pada kolom translation. Jika proses translasi sudah selesai, simpan dengan klik tombol Save. Lihat gambar di bawah ini [klik foto untuk memperbesar]
    cara menterjemahkan plugin wordpress sendiri
  7. Buka folder tempat anda menyimpan sebagaimana dimaksud pada langkah kedua di atas. Anda akan mendapatkan dua file baru: id_ID.po dan id_ID.mo. Ganti nama file tersebut menyesuaikan nama file yang didownload pada langkah kedua di atas. Misal nama filenya adalah wp-pro.pot, maka ganti dua file baru tersebut menjadi wp-pro-id_ID.po dan wp-pro-id_ID.mo.
  8. Setelah itu, upload kedua file baru tersebut ke folder dimana Anda mendownload file berextensi .pot seperti pada langkah nomor dua. Selesai. Bahasa pada plugin yang Anda terjemahkan akan berubah secara otomatis.

Demikianlah share kali tentang bagaimana cara menterjemahkan plugin WordPress sendiri secara manual. Semoga bermanfaat dan blog Anda semakin menarik untuk dikunjungi. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan menekan tombol like, tweet atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.