Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Android

CaraPedi.com| Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Android – Sering kali ketika kita ingin mengirimkan dokumen berupa artikel, KTP, Ijazah, sertifikat tanah dan dokumen penting lainnya, kita diminta untuk mengirimkan dalam format PDF. Masalahnya, jika kita tidak memiliki alat scanner, tentu kita akan kesulitan karena harus ke rental komputer terlebih jika dokumen tersebut harus dikirim secepat mungkin.

Namun kecanggihan apk Android, kini tidak perlu lagi scan dokumen dengan menggunakan alat scanner karena kita cukup menggunakan hp Android yang kita miliki. Beberapa kelebihan yang patut untuk Anda pertimbangan:

  • Kita bisa scan dokumen berupa buku yang terkadang sulit dilakukan oleh alat scanner pada umumnya karena akan meninggalkan warna hitam pada bagian tengah buku.
  • Kita bisa langsung menyettingnya apakah akan dijadikan PDF atau gambar (image). Ini yang tidak bisa dilakukan secara otomatis jika kita hanya menggunakan kamera saja.
  • Aplikasi ini mampu memperbaiki rasio lebar dokumen menjadi lebih proporsional. Artinya, jika ketika mengambil gambar dokumen dengan menggunakan kamera hasilnya miring, aplikasi ini bisa secara otomatis memperbaikinya menjadi lurus.
  • Aplikasi ini juga mempermudah kita untuk merubah warna dokumen menjadi grayscale (seperti warna fotocopy). Sebenarnya kita bisa saja menggunakan foto kemudian set printer ke grayscale, tapi hasilnya akan tetap lebih bagus jika menggunakan aplikasi ini. Setidaknya itu yang sudah saya alami sendiri.

Lalu bagaimana cara scan dokumen dengan menggunakan Android? berikut ulasannya.

Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Android

  1. Download aplikasi Android bernama: CamScanner (19 MB) dari Google Play.
  2. Setelah terinstal, bukalah aplikasi tersebut sehingga terbuka layar utama berupa tulisan: “Welcome to CamScanner”. Agar tidak berputar-putar, langsung tap tulisan Use Now di dasar layar.
  3. Tap icon kamera untuk memulai menscan dan arahkan kamera handphone Android Anda ke dokumen yang akan discan lalu klik tombol kamera untuk mengambil gambarnya. Namun agar hasilnya maksimal, gunakan flash yang bisa Anda aktifkan dengan tap tombol Gir > tap icon Petir > lalu pilih Flash on. Atau jika ternyata setelah menggunakan flash malah terlihat ada pantulan karena dokumennya sudah dilaminating, maka usahakan agar mengambil fotonya di luar ruangan.

    cara scan dokumen dengan menggunakan android

  4. Pastikan Anda mengambil gambar pada posisi yang benar agar hasilnya jauh lebih baik tanpa harus mengatur margin pinggir halamannya. Jika sudah terfoto, maka Anda dapat langsung klik tombol centang dua kali. Yang pertama adalah centang cropping, dan centang kedua untuk pengaturan kecerahan halaman. Selesai, Anda bisa langsung kembali ke halaman utama aplikasi untuk melihat filenya.cara scan file dengan android
  5. Jika ingin scan dokumen lainnya, maka silahkan langsung tap tombol kamera yang ada di halaman utama, namun jika Anda ingin agar dokumen baru yang akan Anda scan menjadi bagian atau halaman berikutnya pada dokumen yang sudah ada, maka klik terlebih dahulu dokumen yang Anda maksud baru klik tombol kamera yang ada di dalamnya.

    aplikasi android untuk scan dokumen menjadi pdf

  6. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah file yang sudah Anda buat tersebut masih belum dalam bentuk PDF. Cara untuk membuat dokumen tersebut menjadi PDF adalah dengan klik pada dokumen yang Anda maksud, kemudian klik tombol share yang berada di atas tampilan > lalu pilih PDF dan simpan di salah satu tempat penyimpanan yang Anda inginkan. Bisa disimpan di GMail atau akun Google Drive Anda. Atau jika Anda ingin mengirimkannya ke PC atau Laptop agar bisa langsung diprint, gunakan aplikasi Shareit untuk mentransfer file dari HP ke PC atau Laptop tanpa perlu menggunakan kabel data. Caranya silahkan baca: Cara Kirim File dari Android ke PC atau Laptop.
    cara mengubah file menjadi pdf dengan android

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara dokumen tanpa scanner cara scan dokumen dengan menggunakan Android. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan klik tombol like, twit atau G+ di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar