Cara Membuat Unit Iklan Google Adsense yang Responsif

CaraPedi.com| Cara Membuat Unit Iklan Google Adsense yang Responsif– Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan Adsense sebuah blog. Salah satunya adalah dengan menempatkan unit iklan yang responsif yang dapat menyesuaikan lebar dari gadget yang digunakan oleh pengunjung.

Cara ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan untuk meningkatkan keterlihatan iklan secara lebih proporsional. Artinya, tidak terlalu kecil jika dibuka dengan menggunakan perangkat seperti desktop atau tablet, tapi tidak terlalu besar hingga terpotong jika dilihat dengan menggunakan smartphone yang tentunya akan mengurangi pesan banner dan mengurangi keindahan tampilan blog Anda.

Sebenarnya cara membuat unit iklan Google Adsense yang responsif sangatlah mudah karena hanya membuat seperti unit iklan yang biasanya. Namun, kendalanya, terkadang unit iklan yang muncul di desktop menjadi terlalu besar. Oleh karena itu, ada baiknya kita tentukan sendiri berapa ukuran unit iklan yang akan dimunculkan pada setiap gadget yang digunakan. Lalu apakah tidak melanggar TOS Google? tentu tidak karena cara ini juga saya dapatkan dari situs resmi Google Adsense yang akan saya tunjukkan linknya di bawah.

Cara Membuat Unit Iklan Google Adsense yang Responsif 

A. Membuat Iklan Adsense Responsif tanpa Custom

  1. Pertama silahkan login ke akun Google Adsense Anda.
  2. Kemudian pilih menu: “Iklan Saya/My Ads”.
  3. Klik tombol: “+ Unit Iklan Baru” yang berada di sebelah atas tampilan.
  4. Lalu beri nama unit iklan dan biarkan ukuran iklan tetap pada pilihan defaultnya (responsif).
    cara membuat unit iklan responsif google adsense
  5. Agar lebih optimal, sesuaikan warna link dan warna font iklan dengan blog Anda agar terlihat lebih natural dengan mengaturnya pada menu gaya iklan. Kemudian Save dan Anda tinggal mengcopy kode script yang ada ke blog Anda.

B. Membuat Unit Iklan Responsif Google Adsense (Custom)

  1. Pertama-tama, silahkan buat unit iklan yang responsif seperti yang sudah dijelaskan seperti pada langkah di atas sehingga Anda mendapatkan kode script iklannya. Lalu catat: data-ad-client dan data-ad-slot yang terdapat di dalamnya.
    cara membuat unit iklan google adsense yang responsif custom
  2. Kemudian copy format script code iklan responsif custom dari laman Google langsung untuk lebih meyakinkan Anda. Tampilannya adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara membuat banner iklan adsense yang responsif
    Ket:

    • Ganti semua kalimat: example_responsive_1 (ada 5) dengan nama lain sesuka Anda. Contoh: carapedi_responsive_head.
    • Lalu ganti juga data-ad-client dan data-ad-slot dengan data yang sudah Anda catat yang didapatkan dari unit iklan responsif yang baru Anda buat atau yang sudah ada sebelumny.
    • Kemudian tentukan ukuran lebar dan tinggi unit iklan di masing-masing gadget. Ukuran yang paling atas (320×100) untuk ukuran lebar layar di bawah 500px seperti handphone. Sedangkan kedua (468×60) untuk ukuran layar dengan lebar minimal 500px seperti tablet. Dan yang ketiga (728×90) untuk ukuran layar dengan lebar min 800px seperti laptop.
  3. Jika sudah, maka Anda cukup mengcopy dan pastekan script tersebut ke dalam blog Anda. Sebagai contoh unit iklan responsif yang sudah saya buat, silahkan lihat gambar di bawah. Khusus untuk smartphone, saya menggunakan ukuran iklan 300×250. Sedangkan tablet dan desktop, saya menggunakan ukuran 336×280. Ingat! ganti ukuran iklan sesuka Anda tapi pastikan menggunakan ukuran yang digunakan oleh Google Adsense yang bisa Anda lihat daftarnya di menu Iklan Saya. Untuk melihat perbedaannya, Anda bisa melihat iklan saya dengan menggunakan perangkat yang berbeda.
    how to make adsense ads unit responsive

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Membuat Unit Iklan Google Adsense yang Responsif. Semoga bermanfaat dan perolehan Anda meningkat. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.