6 Tips Cara Menata Taman di Depan Rumah agar Terlihat Indah

CaraPedi.com| Tips Cara Menata Taman di Depan Rumah agar Terlihat Indah – Memiliki taman yang indah di halaman rumah atau kantor akan menjadi nilai tambah terhadap kesan orang yang melihatnya. Kondisi rumah atau kantor termasuk halamannya, dapat mencerminkan kepribadian penghuninya. Oleh karena itu, rumah atau kantor sebaik dan semegah apapun, jika taman di halamannya tidak tertata rapi dan terawat, tentu akan mengurangi kesan baik karena hal pertama yang terlihat oleh tamu yang datang adalah halaman muka rumah atau kantor.

Menata atau mempercantik taman di halaman rumah terlebih rumah minimalis memang gampang-gampang susah. Selain pengetahuan tentang perawatan tanaman, kita juga harus mampu menata dan memadukan beberapa jenis tanaman yang ada dengan aksesoris taman agar bisa lebih serasi dan terlihat indah. Berikut beberapa tips cara menata taman di halaman rumah yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Tips Cara Menata Taman di Halaman Rumah

  1. Persiapkan Media Tanam (Tanah).
    Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai membuat taman dan menanaminya dengan tanaman hias adalah meneliti kesiapan media tanamnya, yaitu tanah. Jadi kenali dulu jenis tanah yang ada di depan rumah yang akan Anda jadikan taman. Apakah itu tanah liat, tanah berpasir, tanah berkapur atau tanah yang bersifat asam. Untuk ciri-ciri dan cara penanganan masing-masing tanah tersebut, silahkan baca di sini.
  2. Pemilihan Jenis Tanaman.
    Usahakan memilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan kondisi alam Anda. Beberapa tanaman hias yang dapat bertahan dengan berbagai kondisi baik dingin maupun panas di antaranya adalah: bunga Kamboja, Kaktus, Bougenville atau bunga kertas, Lidah Mertua, Palem dan Beringin. Jadi usahakan ada beberapa jenis tanaman ini agar ketika sudah agak besar, dapat menaungi tanaman hias lain yang tidak tahan dengan cuaca panas dan mengurangi penguapan. Untuk tanaman hias lainnya, silahkan sesuaikan dengan selera Anda. Selain itu, dalam memilih tanaman, Anda juga harus memperhatikan luas lahan yang tersedia. Untuk type rumah minimalis, usahakan memilih jenis tanaman bonsai agar rumah Anda nantinya tidak tertutup oleh dahan dan dedaunan jika nanti sudah tumbuh besar.
  3. Tambahkan Bahan lain Selain Tanaman.
    Taman yang indah tidak harus melulu berisi tanaman hias saja. Tapi unsur penunjang lain kadang juga dibutuhkan seperti bebatuan, keramik dengan model atau motive alam, lampu hias, pot bunga dan air mancur yang artistik dapat memberikan nuansa yang lebih eksotis dari pada hanya dipenuhi dengan tanaman hias saja. Anda dapat melihat contoh-contoh gambar taman dengan kombinasi bebatuan alam dengan berbagai bentuknya di internet sebagai bahan rujukan.

    cara mempercantik taman halaman depan rumah

    Contoh kombinasi tanaman hias dengan batu dan kolam

  4. Lakukan Pemeliharaan secara Berkala.
    Tanaman merupakan mahluk hidup yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Jika kita tidak merawatnya dengan baik, bisa jadi tanaman hias di halaman rumah kita bisa mati atau tumbuh liar seperti hutan. Beberapa hal yang mungkin harus Anda perhatikan dalam merawat tanaman di antaranya:

    • Penyiraman.
      Menyirami tanaman terutama pada musim kemarau wajib Anda lakukan. Terutama jika Anda menanam rumput gajah yang harus disiram setiap hari pagi dan sore. Agar lebih mudah dalam melakukan penyiraman, buatlah kran khusus disambung selang seperlunya untuk keperluan penyiraman.
    • Pemotongan dahan.
      Jika sudah terlalu rindang, potonglah dahan yang berpotensi memperburuk pemandangan. Selain itu, beberapa tanaman rimbun seperti pohon American Holly atau yang biasa disebut pohon teh-tehan, usahakan dipotong daun bagian bawahnya agar lebih mudah dalam pemupukan dan penyiraman serta agar tidak dijadikan sarang oleh serangga atau ular.
    • Pemupukan.
      Gunakan pupuk kompos atau pupuk organik untuk memupuk tanaman hias Anda agar tidak membunuh organisme yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah seperti cacing.
  5. Berilah Ruang atau Space.
    Penataan tanaman juga harus diperhatikan. Tanamlah jenis tanaman yang dapat tumbuh besar di sudut yang tidak menghalangi mata untuk melihat taman secara keseluruhan sehingga dapat terlihat lebih luas. Jarak antar tanaman juga harus diberi ruang yang cukup agar ketika besar tidak saling bertubrukan antar satu dengan yang lain.
  6. Atur Ketinggian dan Kemiringan Tanah.
    Salah satu cara untuk memperindah dan mempercantik tampilan taman adalah dengan mengatur ketinggian dan kemiringan tanah untuk masing-masing jenis tanaman. Jika kita lihat gambar di atas, tanah yang ditanami rumput Jepang atau sejenisnya lebih tinggi dibanding dengan area bebatuan dan juga pinggirnya melandai. Selain untuk memperindah, hal ini juga berguna untuk menghindari masuknya batu yang terpental ke area rumput.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Menata Taman di Halaman atau Depan Rumah agar terlihat lebih cantik. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau G+ > beri komentar > lalu klik add a comment agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.