Cara Berhenti Merokok Total dalam 3 Hari – Pengalaman Pribadi

cara berhenti merokok pengalaman pribadi

CaraPedi.com| Cara Berhenti Merokok Total secara Alami – Alhamdulillah setelah menjadi perokok aktif selama 17 tahun, akhirnya saya bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok saya secara total. Memang tidak mudah ketika memutuskan untuk berhenti merokok, apalagi pada saat-saat tertentu seperti setelah makan atau ketika “buang makanan”. Namun dengan tekad kuat dan berbagai pertimbangan, saya tidak hanya bisa berhenti merokok, tapi bahkan sekarang saya tidak suka kalau ada orang merokok di dekat saya. Lalu apa saja kiat-kiat yang saya lakukan dan bagaimana cara saya melalui masa-masa kritis tersebut. Berikut ulasannya..!

Cara Berhenti Merokok Total dalam 3 Hari :

  1. Cari Dukungan dari Teman yang Sudah Berhenti
    Hal pertama yang saya lakukan untuk berhenti merokok adalah dengan mencari dukungan dari orang-orang yang sudah berhasil berhenti terlebih dahulu. Dari sekian banyak teman saya yang berhenti merokok, rata-rata mereka menjawab: “ingin berhenti saja” ketika saya tanya alasan mengapa mereka berhenti. Bukan karena sakit keras ataupun karena alasan desakan ekonomi. Bahkan mereka mengaku bahwa untuk berhenti mereka tidak dengan cara mengurangi jatah merokok sedikit demi sedikit, melainkan langsung berhenti total saat itu juga. Itu juga yang saya lakukan. Rokok terakhir saya masih tersisa 13 batang saya tinggal begitu saja di lemari hotel. Dan sejak saat itu, satu hisapan pun saya tidak pernah rasakan lagi.
  2. Deklarasikan Diri.
    Berhenti merokok tidak cukup hanya dengan niat saja. Usahakan juga dengan membulatkan tekad dengan mendeklarasikan diri kepada orang lain bahwa Anda sudah tidak lagi merokok. Salah satu caranya adalah dengan memberitahukan teman Anda di jejaring sosial bahwa Anda sudah berhenti merokok. Tujuannya selain agar mereka tidak lagi menawari Anda rokok atau merokok di depan Anda, jika Anda sudah kadung bilang kepada teman-teman bahwa Anda berhenti merokok, maka tentu Anda akan malu jika masih merokok juga. Jika tidak ingin terlihat vul9ar, Anda bisa share artikel ini dengan klik tombol like atau twit dan tambahkan sedikit komentar lalu klik tombol add a comment pada jendela pop up yang muncul. Dengan share artikel ini, maka orang lain akan tahu bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok dan mungkin akan membuat mereka juga ikut berhenti.
  3. Hindari Dulu Berkumpul dengan Para Perokok.
    Usahakan untuk tidak berkumpul dulu dengan para perokok untuk menghindari asap yang bisa membuat Anda tergoda untuk merokok lagi dalam beberapa hari ke depan. Lebih seringlah berkumpul dulu dengan orang yang anti merokok atau yang lebih bagus lagi adalah dengan orang yang sudah berhenti merokok karena secara psikologis akan memberikan semangat tersendiri melihat orang lain sudah bisa berhenti.
  4. Buatlah Anda semakin takut akan Bahaya Rokok.
    Banyak bahaya yang ditimbulkan rokok, dan saya yakin Anda belum mengetahui semuanya. Jadi perbanyaklah membaca artikel tentang bahaya merokok agar lebih tahu apa saja dampak buruk yang sudah dialami para perokok. Di samping itu juga, bacalah artikel yang mengharamkan rokok agar Anda bisa mendapatkan dorongan secara spiritual untuk berhenti merokok.
  5. Sibukkan Diri ketika “Sakaw”
    Hal terberat bagi perokok yang ingn berhenti adalah menahan keinginan merokok yang timbul terutama pada saat setelah makan. Jika keinginan merokok muncul dengan dahsat (sakaw), segeralah sibukkan diri aktivitas yang membuat Anda sulit untuk merokok. Beberapa contoh yang mungkin bisa Anda lakukan:

    • Mencuci baju secara manual tanpa menggunakan mesin cuci (karena rokok akan basah jika Anda pegang);
    • Mandi atau berenang selama mungkin (karena tidak mungkin mandi sambil merokok). Tapi jangan lakukan cara ini jika Anda baru selesai makan karena tidak baik untuk kesehatan.
    • Gendong buah hati Anda (karena Anda tidak akan tega jika anak Anda terkena asap rokok);
    • Berkumpulah dengan orang-orang yang tidak merokok dan tahu bahwa Anda sudah tidak merokok (karena Anda akan malu jika ketahuan merokok lagi);
  6. Hindari Kebiasaan yang Memicu Rokok
    Merokok sangat erat kaitannya dengan kebiasaan kita sehari-hari. Nongkrong di warung kopi, bermain PS, bergadang, stres berlebihan dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh faktor pemicu yang dapat menimbulkan keinginan untuk merokok. Jadi hindari kebiasaan yang biasa Anda lakukan yang dapat memicu Anda untuk merokok;
  7. Perbanyaklah Jam Tidur
    Tidur adalah cara termudah dan efektif untuk menekan keinginan merokok. Karena dengan tidur kita sudah meminimalisir kemungkinan keinginan merokok muncul. Jika Anda tidak pernah tidur siang, cobalah untuk tidur barang 2 jam sehari. Jika Anda biasa tidur jam 12 malam atau lebih, usahakan jam 9 atau maksimal jam 10 sudah tidur. Jika sulit untuk tidur, makanlah makanan yang bisa membuat Anda mengantuk seperti sayur kangkung dalam porsi banyak 2 jam sebelum tidur malam, yaitu kurang lebih pada jam 7 atau 8 malam.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara berhenti merokok selamanya. Jika Anda melakukannya dengan niat dan tekad bulat dan disertai dengan usaha-usaha di atas, insyaAllah tidak menutup kemungkinan dalam 3 hari ke depan Anda sudah tidak ingin lagi merokok untuk selamanya. Jika Anda suka artikel ini, mohon share dengan klik like atau twit atau berbagi pengalaman di kolom komentar. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7
Komentar

5 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
  Subscribe  
terbaru terlama
Kabari saya jika
adit

Kerenn..! Siap tuk putus zat

Dudung Darukutni

bisa jadi keren blognya

Edipartono Eksperimen

kalau niat berhenti pasti bisa berhenti.

RSI Cahaya Giri net

mendukunggg anti rokok ! 🙂

terutama untuk ibu hamil jauhi ya

Hengky Ung

Cra yg paling tepat tuk berhenti merokok.. Larutkan tembako rokok ke dalam gelas smpai kuning setelah itu minum, dan anda akan merasa mual setelah minum. Bahkan sampai muntah2 setelah beberapa jam anda akan Bebas dri polusi asap rokok buktikan klo pengen niat berhenti merokok.

Raymond ardy fernando halawa

Apakah itu yakin seperti begitu?
Dan apakah kita tdk mengalami keracunan pada tubuh kita?