Cara, Syarat dan Biaya Mengubah Data di e-KTP

CaraPedi.com| Cara, Syarat dan Biaya Mengubah Data di e-KTP – Akurasi data e KTP, baik itu nama, tempat tanggal lahir, status pernikahan dan alamat sangatlah penting karena KTP merupakan identitas wajib dalam mengurus segala keperluan administrasi. Jadi jika saat ini ada data di KTP Anda yang tidak benar sebaiknya segera lakukan perbaikan agar kelak di kemudian hari Anda tidak direpotkan jika ada urusan mendesak yang ada kaitannya dengan e-KTP.

Sebagai contoh, seseorang yang ingin mengajukan pinjaman di bank dan dia sudah bercerai dengan pasangan hidupnya, sedangkan dia belum mengganti status pernikahannya menjadi janda atau duda, maka tentu yang bersangkutan akan kesulitan karena pihak bank pasti akan meminta tanda tangan mantan suami/isterinya. Jadi mau tidak mau harus segera mengurus perubahan data di e-KTP.

A. Syarat Mengubah data di e-KTP

  1. Surat pengantar RT/RW;e-ktp
  2. Kartu Keluarga dan E-KTP;
  3. Foto kopi Akta Kelahiran atau Ijazah (untuk perubahan nama & tanggal lahir);
  4. Foto kopi Akta Cerai (untuk perubahan status pernikahan);
  5. Foto 3 x 4 warna merah untuk tahun kelahiran ganjil dan

B. Prosedur atau Cara Mengubah data di e-KTP

  1. Datanglah ke RT dan RW setempat untuk minta surat pengantar;
  2. Kemudian bawa surat pengantar tersebut ke loket pelayanan di Kelurahan;
  3. Kelurahan akan memberikan surat pengantar lagi yang harus Anda bawa di Kecamatan;
  4. Setelah dari kecamatan, barulah ke Disdukcapil dan carilah loket pengurusan KTP dan KK;
  5. Lalu setelah pengambilan foto, Anda akan diberikan KK yang baru yang telah dirubah datanya. Sedangkan untuk e-KTP, Anda tidak bisa langsung mendapatkannya karena biasanya perlu waktu paling tidak dua minggu (tergantung kebijakan masing-masing daerah juga). Sebagai gantinya, Anda akan diberikan selembar kertas berupa surat keterangan dengan pas foto 3 x 4 beserta nota pengambilan. Surat tersebut dapat Anda gunakan untuk mengurus keperluan administrasi.

C. Biaya Pengurusan Perubahan data e-KTP

  1. Biaya untuk sumbangan kas RT atau RW seikhlasnya antara 10rb atau 20rb (tergantung kebiasaan di daerah Anda masing-masing);
  2. Biaya perubahan KK Rp.10.000,- dan perubahan KTP Rp.25.000,- (tergantung perda juga);

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengubah data di e-KTP beserta dengan persyaratan dan biayanya. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan klik tombol like, twit atau G+ lalu berikan sedikit komentar pada kolom yang tersedia dan klik tombol add a comment/share. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

72
Komentar

avatar
39 Comment threads
33 Thread replies
4 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
42 Comment authors
butuh bantuanMellFatimah zahrah56379Khoirul Recent comment authors
  Subscribe  
terbaru terlama
Kabari saya jika
butuh bantuan
butuh bantuan

Gan mau nanya teman saya dlu ud pernah bikin e ktp tapi salah ambil data dari angota keluarga dan sekarang mau bikin ktp ngk bisa,apa ngak ada solusi untuk ubah nama dan tangal lahir saja apa tidak bisa sudah pergi ke dukcapil mereka blng gk bsa gmn tu gan..apa harus… Read more »

Mell
Mell

Mau tanya, kalo mau ganti data ektp diluar daerah domisili bisa ga? Saya asli medan, saat ini tinggal d bandung. Apa bisa ganti data e-ktpnya d bandung saja?

Fatimah zahrah
Fatimah zahrah

Sekarang aku mengurus kk baru krn baru nikah nah otomatis ktp berubah krn pindah domisili tapi yang mauku tanyakan apa foto di ktp ku bisa diubah?!

56379
56379

Mas klo mau ganti status dari kawin menjadi lajang apa bisa ya? Soalnya untuj keperluan kerja?

Khoirul
Khoirul

Betulin nama di e-ktp di kecamatan di suruh datang lagi satu bulan.
Lama amat