Cara Mengaktifkan dan Setting CloudFlare Paling Mudah

CaraPedi.com| Cara Mengaktifkan dan Setting CloudFlare Paling Mudah – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading page sebuah blog atau website, salah satunya adalah dengan menggunakan Cloudflare. Tapi bagi Anda yang baru mengenal dunia blogging, tentu masih asing dengan Cloudflare apalagi bagaimana cara mengaktifkan dan settingnya dengan benar dan aman terutama bagi Anda para publisher Adsense.

A. Apa itu Cloudflare?

Cloudflare merupakan layanan percepatan loading blog yang menggunakan sistem CDN (content delivery network). Sistem kerjanya adalah dengan menyimpan data situs yang terdaftar di berbagai data center di berbagai belahan dunia dan dikirimkan kepada pengunjung situs dari data center terdekat. Selain CDN, Cloudflare juga memiliki layanan keamanan untuk mengantisipasi serangan hacker. Kita bisa menggunakan layanan Cloudflare secara gratis. Namun bagi para pemilik blog atau situs dengan pengunjung yang banyak, sebaiknya upgrade ke paket bisnis atau yang lebih tinggi lagi Enterprise. Semakin tinggi paketnya, tentu akan semakin tinggi pula kecepatannya.

B. Bagaimana Cara Mengaktifkan Cloudflare?

Cloudflare, bagi Anda pengguna wordpress, joomla dan portal lain yang menggunakan self hosting, dapat diaktifkan melalui CPanel maupun tanpa CPanel. Namun, saya lebih suka mengaktifkan fasilitas Cloudflare untuk blog saya tanpa melalui CPanel karena jika Anda memiliki lebih dari satu blog, maka Anda akan dapat dengan mudah mengontrolnya dalam satu akun. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan kunjungi situs resminya di cloudflare.com
  2. Lalu buatlah akun dengan mendaftar melalui tombol sign up lalu aktivasi akun Anda dengan klik url yang dikirimkan ke email Anda.
  3. Setelah memiliki akun kemudian login dan klik tombol add site > masukkan domain blog atau situs Anda > dan klik tombl Begin Scan.
  4. Setelah terscan, maka Akan muncul informasi nama nameserver blog Anda seperti terlihat di bawah ini:
    cara mengaktifkan cloudflare
  5. Gantilah nama server tersebut dengan name server yang diberikan oleh Cloudflare pada akun dimana Anda membeli domain. Sebagai contoh, saya akan mengganti name server blog wisatapedi.com saya dari ns1.domainesia.net menjadi alina.ns.cloudflare.com dan ns2.domainesia.net menjadi jack.ns.cloudflare.com seperti terlihat pada gambar nomor 4.
    [klik foto untuk memperbesar gambar di bawah ini]
    cara setting cloudflare
  6. Setelah nameserver pada domain Anda sudah diganti menjadi seperti yang diminta oleh Cloudflare, lalu kembali lagi ke akun cloudflare Anda, dan klik tombol Continue (lihat langkah nomor 4) untuk memberitahu Cloudflare bahwa Anda telah mengganti nameserver seperti yang mereka minta.
  7. Pilih opsi Free jika Anda ingin menggunakannya secara gratis. Selesai. Namun meskipun sudah selesai, Cloudflare setidaknya masih perlu waktu kurang lebih 24 jam untuk menyelesaikan scan dan mengarahkan data-data blog yang Anda miliki ke data center mereka.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengaktifkan dan setting Cloudflare untuk mempercepat loading page blog Anda. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.