Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Email

CaraPedi.com| Cara Melacak HP Android yang Hilang atau Dicuri Melalui Email atau GPS – Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang Cara melacak handphone yang hilang melalui nomor HP. Akan tetapi cara tersebut hanya bisa digunakan jika menggunakan kartu XL saja atau jika Anda telah menginstal aplikasi tertentu untuk melacak keberadaan handphone jika hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Namun jika menginstal aplikasi yang ada di Google play store, kita hanya bisa melacak posisinya saja. Cara ini tentu akan sulit untuk mencari handphone kita jika misalnya kita lupa meletakkannya sedangkan posisi profilnya dalam keadaan silent (diam) sehingga meskipun kita miscall tetap tidak akan membantu karena kita tidak bisa mendengarkan suaranya. Nah, dengan cara yang akan saya share ini, selain kita bisa melacak posisi HP melalui GPS, kita juga bisa membuatnya berdering dengan volume yang paling keras walaupun dalam keadaan silent. Berikut ulasan selengkapnya tentang bagaimana cara melacak handphone Android yang hilang.

Cara Melacak HP Android yang Hilang atau Dicuri Melalui GPS

Sebelum mulai melacak HP dengan GPS atau nada dering, ada langkah awal yang harus dipersiapkan, Pertama, Anda harus memperbolehkan Google untuk meremote lokasi Android Anda. Jika belum disetting, maka Anda tidak bisa melacaknya ketika suatu saat hilang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cari menu Google Settings. Untuk mempercepat pencarian ketik “setting” di search atau pencarian aplikasi hp Anda:
    cara melacak hp android yang hilang
  2. Lalu cari menu Android Device Manager. Jika tidak ada, maka buka pada menu Security. Jika sudah ketemu, pastikan fitur Remotely locate this device dalam keadaan tercentang.
    cara melacak hp android yang hilang atau tertinggal

Selain itu, Android Anda juga harus dalam keadaan login di Google Play store dengan menggunakan Akun GMail, karena jika tidak, maka Google tentu tidak akan bisa melacaknya. Jika dua syarat tadi sudah terpenuhi, maka apabila suatu saat handphone Android Anda hilang atau tertinggal atau terselip, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan buka situs: google.com/android/devicemanager. Kemudian login dengan alamat email GMail dan password yang Anda gunakan untuk login di Google Play store.
  2. Setelah berhasil masuk, maka akan muncul pop up berisi ucapan selamat datang di pengelola perangkat Android. Langsung saja klik tombol biru bertulis: Terima.
    cara melacak hp android yang hilang atau tertinggal
  3. Setelah itu akan muncul pop up baru seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara melacak hp android yang hilang dengan gps
    Ket:

    • Icon shot (dikotak merah): Untuk melacak lokasi terakhir hp Android Anda.
    • Deringkan: Jika HP disilent dan tidak digetar kita bisa membuatnya berdering keras.
    • Siapkan Kunci & Hapus: Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengunci dan menghapus semua data yang tersimpan di Android jika Anda khawatir data penting yang terdapat didalamnya disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah tips sederhana tentang bagaimana cara melacak hp android yang hilang karena dicuri atau tertinggal di suatu tempat. Anda juga bisa langsung mempraktikkannya tanpa harus menunggu hp Anda hilang atau tertinggal dulu 🙂 Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.