Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Flashdisk/Komputer

CaraPedi.com| Cara Mengembalikan Data yang Terhapus atau Hilang – Terkadang kita tidak sengaja menghapus file atau data penting di flashdisk atau komputer. Jika kita baru saja menghapus file di komputer, maka kita bisa saja langsung merestorenya kembali selama data atau file tersebut masih ada di Recycle bin. Namun lain halnya jika ternyata data yang kita hapus tidak ditemukan lagi di recyle bin karena sudah terlalu lama atau baru saja dihapus dengan menggunakan CCleaner.

Lalu bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di flashdisk atau komputer yang sudah tidak bisa ditemukan lagi datanya di recycle bin? Untuk mengembalikannya, kita bisa menggunakan software bernama Recuva yang merupakan salah satu produk unggulan Piriform, perusahaan yang terkenal dengan produk CCleanernya. Berikut cara mengembalikan data yang terhapus dengan mengunakan Recuva.

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Flashdisk atau Komputer

  1. Pertama-tama silahkan download software: Recuva (gratis).
  2. Kemudian install dan jalankan > klik Yes > Next > kemudian pilih type file yang ingin Anda kembalikan atau restore agar proses scan lebih cepat lalu klik Next.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menentukan drive yang akan discan, apakah di my document, recyle bin atau semua drive lalu klik Next. Jika Anda ingin mengembalikan data yang terhapus di Flaskdisk, pilih opsi: On my media card or iPad.
  4. Lalu akan muncul pop up baru untuk mengkonfirmasi apakah Anda ingin melakukan deep scan atau tidak. Deep scan artinya proses scan yang lebih mendalam tetapi tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika Anda menginginkan scan lebih dalam, maka centang Deep Scan lalu klik Start.
    cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk
  5. Tunggu Recuva melakukan scan data untuk beberapa saat hingga muncul daftar data atau file yang telah ditemukan seperti terlihat di bawah ini:
    cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk
    Note:
    1). Cari nama file yang Anda maksud, kemudian centang
    2). klik tombol restore untuk mengembalikan data atau file (restore).
    3). Pilih di drive atau folder mana Anda akan menyimpan data > lalu Klik OK.
    Jika warna bulatan yang berada di depan nama file hijau, maka kemungkinan sangat besar masih bisa dikembalikan, tapi jika sudah merah, maka akan sulit untuk direstore.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus baik di flashdisk ataupun komputer. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agpat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.