Cara Memunculkan Widget pada Halaman Tertentu

CaraPedi.com| Cara memunculkan widget pada halaman tertentu terkadang kita butuhkan untuk menampilkan menu yang lebih relevan pada halaman tersebut. Sebagai contoh, pada blog wisatapedi.com, saya menampilkan peta atau map wisata kota tertentu yang akan muncul pada artikel dengan kota tertentu pula. Jadi jika kita membuka artikel dengan kategori Yogyakarta, maka di sidebar akan muncul peta wisata Yogyakarta.

Cara ini juga bermanfaat jika Anda memiliki akun Adsense. Biasanya kita tidak bisa memunculkan lebih dari dua unit iklan ketika membuka archive atau daftar artikel pada sebuah kategori di sidebar karena jika di sidebar kita pasang 3 unit iklan, maka ketika kita membuka sebuah artikel, unit iklan yang muncul menjadi 5 karena biasanya kita juga 2 unit iklan di dalam artikel sehingga melanggar ketentuan maksimal pemasangan unit iklan. Penjelasan paling mudahnya, adalah ketika Anda melihat halaman ini, hanya ada 1 unit iklan di sidebar, tapi jika Anda membuka salah satu menu kategori di atas, maka di sidebar akan muncul 3 unit iklan. Lalu bagaimana cara menampilkan widget pada halaman tertentu di blog wordpress? Berikut caranya:

Cara Memunculkan Widget pada Halaman Tertentu.

  1. Silahkan instal plugin baru bernama: Widget Logic. Caranya seperti biasa, pilih Plugins > Add New > ketik widget logic pada kolom yang tersedia > lalu instal dan aktifkan.
    cara membuat widget muncul pada halaman tertentu
  2. Setelah itu Anda bisa langsung menuju menu widget untuk menambahkan widget baru yang akan Anda tampilkan pada halaman tertentu.
  3. Untuk bisa menampilkan widget pada halaman tertentu, maka Anda harus memasukkan kode khusus agar dapat bekerja dengan baik. Berikut adalah beberapa kode dan juga fungsinya yang sering digunakan, jika ada yang belum tercakup, silahkan tanyakan pada kolom komentar.
    • is_home()
      Kode tersebut akan memunculkan widget hanya pada halaman utama
    • is_archive()
      Kode di atas hanya akan memunculkan widget archive atau semua kategori.
    • is_single() && in_category(‘ganti-dengan-nama-kategori’)
      Kode tersebut akan memunculkan widget hanya pada artikel dengan kategori tertentu.
    • is_user_logged_in()
      Memunculkan widget hanya pada user yang login saja. Ini biasa digunakan untuk widget profil user.
  4. Copy kode yang Anda maksud pada widget yang akan dimunculkan pada halaman tertentu pada kolom yang terletak pada dasar widget seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara memunculkan widget pada halaman tertentu
  5. Jika sudah, jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik tombol Save. Selesai.

Demikianlah penjelasan singkat dan insyaAllah mudah tentang bagaimana cara menampilkan widget pada halaman tertentu. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon donasi like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.