Cara Membersihkan Kerak pada Mesin agar Mengkilap

CaraPedi.com| Cara Membersihkan Kerak pada Mesin agar Mengkilap – Baru-baru ini saya mencoba membersihkan kerak pada mesin mobil saya. Maklum beberapa waktu sebelumnya, terjadi kebocoran oli sehingga oli muncrat kemana-mana karena terkena putaran timing belt. Kondisi ini lebih diperparah lagi karena memang saya sudah lama sekali tidak pernah membersihkan blok mesin sehingga banyak kerak yang timbul akibat oli bercampur dengan debu.

Pada awalnya saya mencoba membersihkan beberapa bagian mesin dengan menggunakan sabun deterjen dan juga sabun colek dengan alat bantu berupa sikat gigi yang sudah tidak terpakai dan juga kain bekas. Gosok punya gosok dengan susah payah, endapan kerak di mesin mulai menghilang, tapi saya agak frustasi dan merasa sia-sia karena beberapa bagian mesin tidak bisa bersih mengkilap. Karena kurang puas, akhirnya saya pun pergi ke bengkel terdekat untuk mencari cairan khusus pembersih blok mesin. Dan setelah saya gunakan hasilnya, cukup memuaskan (lihat gambar di bawah ini).

cara membersihkan kerak pada mesin agar mengkilap dan kinclong

Awalnya saya coba semprotkan satu kali pada permukaan mesin. Walhasil, belum sempat saya gosok dengan kain lap karena masih panas, itu endapan oli sudah menyingkir dengan sendirinya (lihat yang saya lingkari dengan warna kuning). Mau tau produk apa yang saya gunakan dan bagaimana cara menggunakannya? baca ulasan berikut ini:

Cara Membersihkan Kerak pada Mesin agar Mengkilap

  1. Produk yang saya gunakan bernama Engine Degreaser dengan kalengnya yang berwarna kuning. Produk ini banyak dijual di bengkel sepeda motor maupun bengkel mobil. Jadi langkah pertamanya adalah beli produk ini 🙂
  2. Setelah itu, pastikan suhu permukaan mesin yang akan dibersihkan dalam kondisi hangat (tidak panas, tidak juga dingin). Artinya, jika hari ini mesin kendaraan Anda belum menyala, Anda harus nyalakan terlebih dahulu agar suhu pada mesin meningkat.
  3. Jika sudah hangat dan mulai agak memanas, matikan mesin. Lalu mulai semprotkan pada bagian mesin yang ingin Anda bersihkan.
  4. Biarkan selama kurang lebih 10 menit agar cairan bekerja dengan maksimal. Setelah itu mulai gosok dengan kain kering dan bersih untuk mengangkat kotoran yang melekat pada mesin.
  5. Jika masih kurang bersih karena kerak terlalu tebal, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Cara Membersihkan Kerak pada Mesin agar Mengkilap. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.