Cara Mengarahkan atau Menghubungkan Domain ke Hosting

CaraPedi.com| Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting – Biasanya untuk menghemat pengeluaran, para blogger membeli domain dan hosting di tempat berbeda. Misalnya, di penyedia hosting A, harga domain lebih murah tapi harga hosting mahal sedangkan di penyedia hosting B sebaliknya, harga domain mahal tapi hostingnya murah, sehingga agar lebih hemat, beli domain di penyedia hosting A dan hostingnya beli di penyedia hosting B.

Masalahnya adalah tidak seperti ketika kita membeli hosting dan domain di satu tempat yang domainnya sudah terarah ke hosting secara otomatis, membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda memerlukan setting lebih lanjut dengan mengarahkan domain ke nameserver hosting. Nameserver hosting biasanya kita dapatkan via email yang dikirim oleh penyedia hosting yang kita sewa sesaat setelah kita mendaftar. Nameserver biasanya diawali dengan prefix: ns atau dns. contoh: ns1.carapedi.com, ns2.carapedi.com dan seterusnya. Lalu bagaimana cara mengganti nameserver  domain agar mengarah ke nameserver di hosting yang kita sewa?

Tampilan dari setiap penyedia pembelian domain berbeda-beda tapi kurang lebih caranya sama. Sebagai contoh, saya akan menghubungkan salah satu domain yang saya beli di Domainesia ke hosting yang saya sewa di Hawkhost.

Cara Mengarahkan Domain ke Hosting

  1. Login ke akun tempat Anda membeli hosting. Lalu klik Manage Domain pada domain yang Anda maksud:cara menghubungkan domain ke hosting
  2. Sehingga terbuka halaman baru dengan tampilan menu yang salah satunya adalah “Nameservers“. Pilih Nameservers > lalu akan ada dua pilihan yaitu: Use default nameservers dan Use custom nameservers.
    cara menghubungkan domain dengan hosting
  3. Pilih yang custom dan isikan dengan nameserver yang diberikan oleh tempat hosting baru Anda yang terdapat di email yang mereka kirimkan pada kolom yang tersedia lalu klik “Change Nameserver“.

Proses pergantian nameserver yang lama ke yang baru membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam hingga 48 jam. Jadi ketika update nameserver tidak langsung mengarah ke hosting yang baru karena harus melalui proses propagation terlebih dahulu. Untuk mengetahui apakah proses pointing ke hosting sudah selesai atau belum, kita bisa mengeceknya dengan membuka domain kita di browser. Jika sudah muncul tampilan blog yang kita instal di penyedia hosting tempat kita menyewa, maka itu artinya proses pointing sudah berhasil.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara menghubungkan domain dengan hosting. Semoga bermanfaat. Jika para bloggers sekalian menyukai tutorial ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.