Cara Mengunci Aplikasi di Android – SMS, BBM, Folder, Video

CaraPedi.com| Cara Mengunci Aplikasi di Android – Anda bisa mempassword aplikasi di Android seperti SMS, BBM, Folder, Foto, Video dan file lainnya jika Anda tidak ingin privasi Anda diketahui oleh orang lain. Cara ini biasanya perlu dilakukan jika Anda menyimpan file rahasia atau dewasa di smartphone Android Anda sedangkan anak atau teman Anda sering meminjamnya untuk bermain game. Sebenarnya ada cara mengunci aplikasi di Android tanpa aplikasi pengaman, tapi resikonya jika Anda lupa passwordnya, maka Anda bisa saja kehilangan data yang Anda simpan karena tidak ada cara untuk merestorenya.

Jadi solusi tepatnya, Anda harus menggunakan apps atau aplikasi pengaman, yang dalam hal ini saya rekomendasikan menggunakan aplikasi bernama: Leo Privacy Guard. Selain gratis dan ringan karena hanya berukuran 4 mb, aplikasi ini juga terbukti banyak digunakan karena telah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Berikut adalah cara mengunci aplikasi di Android dengan menggunakan aplikasi Leo Privacy Guard.

Cara Mengunci Aplikasi di Android

  1. Pertama-tama, Anda harus mendownload dan instal aplikasi bermana Leo Privacy Guard di Play Store. Berikut tangkapan layar icon aplikasi tersebut:
    cara mengunci aplikasi di android tanpa aplikasi
  2. Setelah terdownload dan terinstal, lalu buka aplikasi tersebut. Langkah pertama ketika aplikasi LEO Privacy Guard terbuka adalah dengan membuat kombinasi password. Jika yang terbuka bukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, maka klik kata: skip.
    Buatlah password dengan menarik garis ke mana Anda suka yang penting harus melewati minimal 4 titik (lakukan sebanyak 2 kali untuk memastikan password yang Anda buat sudah benar). Jika sudah segera tutup saja aplikasi tersebut.
    cara mempassword aplikasi di android dengan aplikasi
  3. Selanjutnya, buka aplikasi kembali dan Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Tombol biru dengan angka nol (0) artinya belum ada 1 pun aplikasi yang Anda kunci. Untuk mulai mengunci, Anda harus memilih aplikasi apa saja yang akan Anda proteksi dengan password yang sudah Anda buat pada langkah kedua di atas. Caranya adalah klik pada area biru dengan angka nol di tengahnya.
    cara mempassword aplikasi pada android
  4. Lalu akan muncul tampilan seperti terlihat di bawah ini. Pada langkah ini, Anda hanya perlu memilih, aplikasi apa saja yang akan Anda kunci dengan mengklik/tap satu kali pada aplikasi yang dimaksud sehingga muncul icon centang berwarna biru. Jika aplikasi yang Anda maksud tidak ada, maka geser ke arah kiri hingga ketemu.
    cara password aplikasi android dengan aplikasi leo privacy guard
  5. Langkah terakhir setelah Anda mencentang semua aplikasi yang Anda maksud adalah dengan cara menekan tombol Lock. Anda bisa langsung menutup aplikasi Leo Privacy Guard tanpa perlu melakukan setting lebih lanjut. Ingat, bahwa setiap kali akan membuka aplikasi yang Anda centang tersebut, Anda harus memasukkan kombinasi password. Jadi harap diingat-ingat. Jika lupa, maka Anda bisa langsung uninstall Leo Privacy Guard tanpa perlu khawatir akan kehilangan data yang Anda proteksi.

Demikianlah tips singkat tentang bagaimana Cara Mengunci Aplikasi di Android seperti SMS, BBM, Folder, Video, foto dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.